Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Modus SMS Dapat Hadiah & Kirim Link, Awas Jangan Langsung di-Klik Gan!

chaisaja2007Avatar border
TS
chaisaja2007
Modus SMS Dapat Hadiah & Kirim Link, Awas Jangan Langsung di-Klik Gan!
Modus SMS Dapat Hadiah & Kirim Link, Awas Jangan Langsung di-Klik Gan!sumber

Semakin canggih teknologi, semakin banyak juga pilihan kita untuk berkomunikasi. Makanya komunikasi dengan cara lama seperti SMS udah jarang banget ane gunain.
Jadi ngga heran, kalau ane buka inbox sms biasanya didominasi sama pesan-pesan kode OTP aplikasi, pesan singkat dari provider, atau pun pesan promosi dari toko yang pernah ane kunjungin. Cuma ngga jarang juga nih Gan, pesan-pesan spam penipuan juga ane dapetin yang cara nipunya klasik banget dan udah banyak juga yang kena kaya temen-temen kaskuser ceritain di forum hansip hoax.


Nah, beberapa kali ane dapet sms yang ngasih tau kalau ane dapet hadiah lah, nomor ane beruntung lah, dan segala alasan menggiurkan lainnya yang buat ane kadang greget. Contohnya kaya sms ini, Gan.

Modus SMS Dapat Hadiah & Kirim Link, Awas Jangan Langsung di-Klik Gan!

Modus SMS Dapat Hadiah & Kirim Link, Awas Jangan Langsung di-Klik Gan!


Dengan embel-embel hadiah ratusan juta rupiah, biasanya mereka juga nyantumin link buat calon korbannya. Tapi awas Gan, jangan langsung kegiur buat klik linknya ya, soalnya link ini yang bakal ngelancarin aksi para penipu untuk ngedapetin data diri kita. Terlebih dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, banyak banget aplikasi penting di handphone, seperti m-banking, fintech apps, e-commerce dan aplikasi lainnya yang menggunakan data pribadi kita. Nah, cara paling ampuh ya anggurin aja smsnya, atau hapus sekalian nomornya.

Terus gimana kalo misalnya udah terlanjur klik linknya? Data ane udah kecuri dong, Gan?
emoticon-Bingungemoticon-Bingung


Tenang dulu Gan, jangan langsung panik. Kalau Agan udah sempet klik linknya, langsung aja download apps antivirus di hp Agan. Kalau udah ter-install, langsung deh scan hp Agan secara menyeluruh. Cek apa ada program berbahaya yang berjalan di perangkat hp Agan. Biasanya, antivirus bakal secara otomatis menghapus program yang berbahaya di handphone. Tapi pilih antivirusnya jangan abal-abal ya! Sama aja boong ntar.

Buat Agan yang ngga mau install antivirus, bisa juga nih ngelakuin reset ulang secara keseluruhan (factory reset). Setelah di-reset, seluruh data dan pengaturan yang tersimpan di handphone Agan bakal terhapus dan perangkat bakal kembali ke kondisi awal sebelum ponsel digunain.


Setelah usaha dilakuin, kita tinggal pasrah, semoga data kita tertolong ya, Gan. Ya cuma cara ini sih yang biasa ane lakuin ya. Do it with your own risk! Hehe


Tapi, kalau sms penipuan masih berlanjut, ane saranin sih untuk Agan segera ganti nomor hp Agan untuk memutus jalan penipu tersebut.


Kejahatan kaya gini juga bukan cuma lewat sms aja, Gan. Dengan segala bentuk komunikasi yang tersedia, para pencuri/penjahat bisa aja manfaatin bermacam media untuk mengelabuhi korbannya. Nah, karena itu kita juga perlu update informasi modus-modus penipuan dengan banyak baca berita, ataupun baca thread-thread pengalaman penipuan lewat forum hansip hoax.


Penipuan bisa kita hindari  dengan cari tau lewat banyak cerita ataupun pengalaman kan?

emoticon-Hansip emoticon-Hansip emoticon-Hansip

Okutet
darkwilliam00gg
zharki
zharki dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.