Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bendera.hitamAvatar border
TS
bendera.hitam
DAFTAR Lengkap 41 Jenis Obat Tradisional yg Dilarang BPOM, Mengandung Zat Kimia . . .




SRIPOKU.COM, JAKARTA--Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 41 obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat (BKO). Temuan tersebut berdasarkan sampling dan pengujian selama Oktober 2021 sampai Agustus 2022.
Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Reri Indriani menyampaikan, penambahan BKO masih didominasi Sildenafil Sitrat pada produk obat tradisional dengan klaim penambah stamina pria. Kemudian, BKO Deksametason, Fenilbutazon, dan Parasetamol pada produk obat tradisional untuk mengatasi pegal linu.

"Disusul obat tradisional mengandung BKO Efedrin dan Pseudoefedrin HCl dengan klaim yang digunakan secara tidak tepat untuk penyembuhan dan pencegahan pada masa pandemi Covid-19," tutur Reri kepada Kompas.com, Sabtu (15/10/2022).

Berisiko bagi kesehatan Reri mengatakan, kandungan BKO pada obat tradisional sangat berisiko bagi kesehatan. Misalnya, penambahan Sildenafil Sitrat bisa menimbulkan efek samping seperti kehilangan penglihatan dan pendengaran, nyeri dada, pusing, pembengkakan (mulut, bibir, dan wajah), stroke, serangan jantung, bahkan kematian.

Penggunaan Deksametason, Fenilbutazon, dan Parasetamol bisa memicu gangguan pertumbuhan, osteoporosis, gangguan hormon, hepatitis, gagal ginjal, dan kerusakan hati.

Sementara Efedrin dan Pseudoefedrin berisiko menimbulkan efek pusing, sakit kepala, mual, gugup, tremor, kehilangan nafsu makan, iritasi lambung, reaksi alergi (ruam, gatal), sulit napas, sesak di dada, pembengkakan (mulut, bibir, dan wajah), atau kesulitan buang air kecil.

Terhadap temuan ini, BPOM menarik semua produk dan menindaklanjuti dengan mencabut izin edar untuk produk terdaftar, penarikan dari edaran, dan pemusnahan produk tanpa izin.
Daftar obat tradisional yang mengandung BKO

Quote:


emoticon-armyemoticon-armyemoticon-armyemoticon-armyemoticon-army

Rerata herbal ini di jual di toko kelontong & daerah "lampu merah" satu etalase ama kondom emoticon-Malu

Lekas Cari daptar obat (kuat) herbal demenan kalean gaes,kali aja masuk list emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


tiwer
galuhsuda
jiresh
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.