• Beranda
  • ...
  • Health
  • Asam Oksalat — Zat Pemicu Terbentuknya Batu Pada Ginjal, Kurangi Mulai Saat Ini!

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Asam Oksalat — Zat Pemicu Terbentuknya Batu Pada Ginjal, Kurangi Mulai Saat Ini!



Penyakit batu ginjal merupakan penyakit terakumulasinya batu pada ginjal yang menimbulkan rasa sakit luar biasa. Jika batu berukuran <5 mm maka baru bisa keluar dengan sendirinya melalui ureter kemudan uretra. Namun jika ukuran batu melebihi 5 mm maka dampak yang dihasilkan cukup serius dan berbahaya. Penyakit batu ginjal tak mengenal usia walaupun umumnya ditemui pada usia 30 tahun ke atas.

Pemicu terjadinya penyakit batu ginjal yaitu konsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan asam oksalat kemudian disertai kurangnya konsumsi air putih. Akibatnya akumulasi oksalat dalam ginjal tidak segera di ekskresi kan dan akhirnya membentuk kristal oksalat berupa batu. Kristal oksalat ini dapat terbentuk dari apa saja misalnya kalsium oksalat, natrium oksalat dan ferum oksalat.

Lalu bagaimana cara mencegah penumpukan zat oksalat pada ginjal, yuk cermati thread berikut!




Tak bisa dipungkiri semua makanan yang kita konsumsi dapat mengandung asam oksalat. Sebagai contoh kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian dan coklat. Jadi keberadaan asam oksalat merupakan zat alami yang tak dapat kita hindari. Asam oksalat akan sangat berbahaya bila kita mengkonsumsi terlalu banyak garam ataupun kalsium sebab asam oksalat nantinya akan bereaksi membentuk kristal batu ginjal seperti natrium oksalat maupun kalsium oksalat

Satu-satunya pencegahan yang dapat kita lakukan yaitu mengurangi kadar oksalat yang masuk kedalam tubuh. Sebagai contoh ketika kita hendak mengkonsimsi sesuatu pastikan seluruh total makanan atau minuman yang kita konsumsi memiliki kadar oksalat di bawah 50 mg perhari. Kita harus rajin-rajin mengecek berapa kadar oksalat yang terdapat pada makanan via internet. Sebagai contoh teh hitam mengandung 10 mg asam oksalat dalam setiap 100 mg teh.

Jadi adapun tips-tips yang bisa gansis lakukan mulai saat ini untuk menghindari akumulasi zat oksalat tersebut yaitu sebagai berikut


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Itu dia tips yang dapat gansis lakukan mulai sekarang untuk menghindari terbentuknya batu (Kristal Oksalat) pada ginjal. Intinya konsumsi air putih jangan kurang dari 2.5 L perhari jika ingin kadar oksalat dalam ginjal senantiasa berkurang. Selain itu kurangi konsumsi makanan mengandung oksalat dalam jumlah besar. Memakan makanan tinggi oksalat dalam jangka wakti lama dapat menyebabkan akumulasi oksalat pada ginjal yang sulit dihindari. Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat untuk gansis!


Sumber : Disini, Disini dan Disini
awan.kegelapan
provocator3301
red23rd
red23rd dan 37 lainnya memberi reputasi
38
13.3K
233
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.