asli.alamatAvatar border
TS
asli.alamat
Polisi Kaya Raya Yang Ditangkap Karena Mengendalikan Penjualan Narkoba
Ditangkap Karena Narkoba, Kekayaan Teddy Minahasa Disorot (Foto : Dok. Polri)

BELUM usai kasus yang menjerat mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan Brigadir Yosua yang merupakan anak buahnya sendiri, wajah Polri kembali tercoreng. Kali ini seorang perwira tinggi Polri ditangkap karena mengendalikan penjualan narkoba.

Irjen Teddy Minahasa Putra mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) merupakan polisi kaya raya yang tengah dimutasi jabatan sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) pada 10 Oktober lalu, menggantikan Irjen Nico Afinta yang dicopot atas tragedi Kanjuruhan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap dugaan keterlibatan Irjen Teddy Minahasa dalam peredaran gelap narkoba. Teddy diduga menjual narkoba terkait kasus di Polres Bukittinggi.

Terkait kasus ini, Kapolri menyatakan akan segera menerbitkan surat telegram untuk pembatalan pengangkatan Irjen Pol Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim yang baru.

“Terkait dengan posisi Irjen Pol TM yang kemarin baru saja kita keluarkan TR untuk Polda Jatim. Hari ini akan segera keluarkan TR pembatalan untuk diganti pejabat yang baru,” ujar Sigit dalam konferensi pers, Jumat (14/10/2022).

Kasus dugaan penyalahgunaan narkotika ini merupakan pengembangan dari perkara yang ditangani Polda Metro Jaya.

Dirnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa menyebut Irjen Teddy Minahasa menjadi pengendali penjualan narkoba seberat lima kilogram. Hal tersebut terungkap dari hasil pengembangan kasus yang menyeret sejumlah anggota polisi aktif lainnya selain Teddy.

“Keterlibatan Irjen TM Kapolda Sumbar sebagai pengendali barang bukti seberat lima kilo sabu dari Sumbar,” kata Mukti di Polres Jakarta Pusat, Jumat (14/10). Mukti menjelaskan barang bukti yang didapat dalam pengembangan kasus tersebut seberat 3,3 kilogram, sementara 1,7 kilo sudah berhasil dijual. “1,7 kilogram juga sudah dijual dan diedarkan di Kampung Bahari,” jelasnya.

Lalu berapa harta kekayaan Teddy Minahasa yang bahkan disebut menjadi polisi terkaya di Indonesia?

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Jakarta, Jumat (14/10/2022), harta kekayaan Teddy mencapai Rp29.974.417.203 atau Rp29,97 miliar. Harta kekayaan Teddy dilaporkan terakhir pada Maret 2022.

Menilik laporan kekayaan tersebut, harta Teddy paling banyak berupa tanah dan bangunan. Terdapat 53 bidang di berbagai daerah yakni Pandeglang, Pasuruan, Pesawaran, dan Malang. Totalnya mencapai Rp25.813.200.000.

Untuk harta bergerak, Teddy tercatat memiliki empat kendaraan, yakni mobil Jeep Wrangler tahun 2016 senilai Rp750 juta, Toyota FJ 55 tahun 1970 senilai Rp 75 juta, Toyota Land Cruiser HDJ 80R tahun 1996 senilai Rp600 juta, dan Motor Harley Davidson Solo 2014 senilai Rp650 juta. Ada juga harta bergerak lainnya yang dimiliki Teddy senilai Rp500 juta.

Selanjutnya surat berharga sebesar Rp62.500.000. Kas dan setara kas lainnya Rp1.523.717.203. Sementara itu, tak ada laporan soal utang piutang.

Teddy Minahasa Putra merupakan perwira tinggi Polri yang lahir di Minahasa, Sulawesi Utara pada 23 November 1971.

Sumber:
joss.co.id
gmc.yukon
nomorelies
daratmpv
daratmpv dan 2 lainnya memberi reputasi
1
2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.