Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 3 Topik Sensitif Yang Bisa Membubarkan Tongkrongan, Hati-hati Gan!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
3 Topik Sensitif Yang Bisa Membubarkan Tongkrongan, Hati-hati Gan!


Sumber Gambar

Ketika sedang berkumpul dengan teman atau keluarga, tentunya kita ingin mencairkan suasana dengan topik yang menarik untuk dibicarakan. Mulai dari pengalaman atau cerita sehari-hari yang ringan.

Berbincang ketika sedang kumpul memang perlu, kalau perlu kita yang membuka topik terlebih dahulu. Namun hati-hati, tidak semua topik aman dibicarakan. Ada beberapa topik yang dianggap tabu dan sensitif di Indonesia. Tak perlu di se-Indonesia, dalam skala kecil seperti pertemanan pun topik ini bisa jadi sensitif.

Jadi kita perlu hati-hati ya, jangan sampai tongkrongan bubar karena kita membawa topik yang mengundang perdebatan. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!emoticon-Ngacir



1. Politik

Di Indonesia, politik menjadi salah satu topik tabu dan sensitif untuk dibicarakan. Pasalnya semua orang memiliki pendapat atau sudut pandang politik yang berbeda. Dan juga tidak semua orang bisa menerima perbedaan tersebut. Dikhawatirkan ada orang yang merasa tak terima jika kita membicarakan politik.

TS sendiri pernah kejadian. Waktu pilpres 2018, terjadi sedikit perdebatan kecil karena perbedaan pilihan dalam pemilu tahun itu. Tapi karena TS segera mengalihkan topik, perdebatan pun terhindarkan.

2. SARA

SARA atau Suku, Agama, Ras dan Antargolongan. Topik ini sebenarnya bisa saja dibicarakan, asal tidak dengan komentar apa-apa dari pendengarnya. SARA bisa menyebabkan konflik bila salah sedikit saja salah ucap. Mungkin kadang, seseorang biasa saja ketika mendengar ucapan tak enak mengenai agama atau rasnya. Tapi bisa jadi, di dalam hatinya ia kesal.

Pernah kejadian juga di pertemanan TS, ketika salah satu teman muslim menanyakan mengenai agama teman yang non-muslim. Tapi ketika teman non-muslim TS menjelaskan mengenai agamanya, teman TS yang muslim malah membanding-bandingkannya dengan ajaran yang ia anut.

Jujur, gara-gara itu suasana jadi canggung banget! emoticon-Frown


Sumber Gambar

3. Seks

Seks sebenarnya tidak terlalu sensitif, asal tahu tempat dan situasi. Biasanya seks menarik dibahas jika dalam satu tongkrongan hanya ada satu gender misal laki-laki saja atau perempuan saja.

Tapi jika ada perempuan, entah kenapa rasanya agak canggung. Lagi-lagi ini pengalaman TS, ketika ada salah satu teman yang terlalu over membicarakan seks. Beberapa perempuan yang ada di sekitar menatapnya dengan tatapan aneh.

So, menurut TS topik mengenai seks juga perlu dibicarakan dengan bijak. Jangan asal-asalan. emoticon-Blue Guy Peace


Sumber Gambar

Ya itulah dia yang bisa TS bagikan mengenai topik yang dianggap tabu atau sensitif di Indonesia. Memang daftar ini sendiri diambil dari pengalaman TS sendiri, TS tahu gimana awkwardnya suasana saat membicarakan hal-hal semacam ini.

Pilih-pilih topik dahulu sebelum membuka obrolan deh. Salah-salah nanti yang ada tongkrongan bubar. Lebih baik membicarakan bola atau apapun itu, yang kira-kira tidak mempecah belah.

Bagaimana menurutmu? Topik apa lagi yang dianggap tabu? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
zaekun69
shinwjy
fathroni
fathroni dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.8K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.