Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Gangguan Mental atau Gangguan Jiwa, Ini Manfaat dari Bicara dengan Diri Sendiri

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bukan Gangguan Mental atau Gangguan Jiwa, Ini Manfaat dari Bicara dengan Diri Sendiri
Bukan Gangguan Mental atau Gangguan Jiwa, Ini Manfaat dari Bicara dengan Diri Sendiri
Punya kebiasaan atau kegemaran berbicara pada diri sendiri?
Tak perlu khawatir itu gangguan mental, ini dia manfaatnya


Berbicara pada diri sendiri, pasti Agan dan Sista pernah melakukannya entah itu sesekali atau sering.

Disadari atau tidak seseorang pernah menggerutu, menyemangati, memotivasi, atau bahkan bertanya tentang sesuatu dalam bentuk ucapan atau perkataan langsung yang ditujukan pada diri sendiri.

Mungkin Agan dan Sista pun bertanya-tanya apakah aktivitas tersebut normal atau bentuk dari gangguan mental yang perlu untuk diwaspadai.

Berawal dari rasa penasaran TS yang beberapakali ternyata juga melakukan hal serupa, ternyata menurut beberapa sumber yang TS baca, berbicara pada diri sendiri itu aman dan bukan merupakan bentuk dari gangguan mental GanSis. Asalkan memang masih dalam tahap normal dan bukan halusinasi sampai memunculkan sosok tertentu atau mendengar dan menjawab suara yang tidak ada wujudnya.

Berbicara pada diri sendiri ini biasa disebut atau didefinisikan oleh para ahli sebagai self-talk, yaitu ekspresi verbal dari sebuah intuisi, keyakinan atau posisi internal yang disampaikan dalam bentuk ucapan atau pembicaraan yang ditujukan kepada diri sendiri.

Kondisi gemar berbicara pada diri sendiri ini masih dapat dikatakan normal dan bukan bentuk dari gangguan mental GanSis, selagi memang tidak ada gejala halusinasi seperti mendengar suara tanpa sumber, melihat bentuk sesuatu yang sebenarnya tidak ada, dll.


Bukan Gangguan Mental atau Gangguan Jiwa, Ini Manfaat dari Bicara dengan Diri Sendiri


Meskipun sering dianggap unik dan aneh, ternyata berbicara pada diri sendiri memiliki cukup banyak manfaat GanSis, dan berikut ini beberapa diantaranya.


1. Mempertajam Ingatan

Apakah Agan Sista pernah mengalami kondisi kehilangan barang tertentu kemudian mencari sambil berbicara sendiri seperti mempertanyakan dimana letak barang yang dicari?

Ternyata berbicara sendiri saat mencari sesuatu tersebut juga memiliki manfaat yang besar GanSis. Menurut Quarterly Journal of Experimental Psychology berbicara sendiri saat mencari sesuatu dapat mempertajam ingatan sehingga barang atau sesuatu yang dicari cepat ditemukan.

2. Memacu Semangat dan Motivasi

Saat Agan Sista merasa terpuruk atau mungkin lelah dengan keadaan kemudian berbicara sendiri, ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk memacu semangat dan memotivasi diri untuk menjalani hidup lebih baik.

Pasti GanSis sering bertanya kepada diri sendiri tentang kenapa sebuah masalah bisa datang, bagaimana agar masalah lekas selesai, atau apa yang akan dilakukan untuk masa depan, dan semua itu disampaikan dalam ucapan lirih pada diri sendiri. Cara ini selain dipercaya bisa melepaskan sedikit beban hidup juga memacu semangat dan memotivasi hidup sendiri.

3. Introspeksi Diri

Berbicara pada diri sendiri juga dapat menjadi salah satu bentuk dari introspeksi diri sendiri GanSis.
Seseorang yang ingin introspeksi diri agar menjadi lebih baik biasanya mereka akan bertanya kepada diri sendiri apa dari diri mereka yang masih salah dan perlu diperbaiki. Dari sinilah kemudian seseorang tersebut menemukan kekurangannya dan memutuskan untuk memperbaiki diri.

Bukan Gangguan Mental atau Gangguan Jiwa, Ini Manfaat dari Bicara dengan Diri Sendiri


Itulah GanSis beberapa manfaat dari berbicara pada diri sendiri yang sering dianggap aneh dan gangguan mental.

Selagi Agan Sista masih berbicara sendiri dalam konteks tidak terlalu sering dan tidak mengalami gejala-gejala lain, maka masih bisa dianggap normal dan aman. Namun, saat GanSis berbicara sendiri karena merasa ada suara tanpa sumber maka itu sudah berbeda konteks karena kemungkinan gejala halusinasi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan dari Agan Sista semua.


Bukan Gangguan Mental atau Gangguan Jiwa, Ini Manfaat dari Bicara dengan Diri Sendiri


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
pakisal212
Seno312
darkwilliam00gg
darkwilliam00gg dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.