• Beranda
  • ...
  • Hansip Hoax
  • Hati-hati! Masih Marak Jual Beli Google Drive Unlimited, Jangan Sampai Tergiur

duniabintangAvatar border
TS
duniabintang 
Hati-hati! Masih Marak Jual Beli Google Drive Unlimited, Jangan Sampai Tergiur


Di tahun 2020, kasus penjualan Google Drive Unlimited sempat membuat heboh. Sebagian orang memandang hal tersebut tidak masuk akal sehingga memilih untuk waspada dan tidak tergiur sama sekali. Akan tetapi, banyak pula yang justru membelinya.

(*Bagi yang belum paham soal kasus Google Drive Unlimited ini, silakan baca thread ini sampai habis karena akan ane jelaskan jelang akhir thread

Ane kira, setelah sekian lama berlalu dan banyaknya tulisan-tulisan yang membahas bahwa penjualan Google Drive Unlimited adalah penipuan dan berisiko kehilangan data akan membuat penjual dan pembelinya benar-benar berhenti.

Namun, ane salah, Gan! Hari ini, ane iseng ngutak-ngatik akun Facebook dan Google, ternyata, masih banyak sekali orang-orang yang menjual Google Drive unlimited di e-commerce dan juga Facebook.

Spoiler for Tangkapan layar Google Drive yang masih dijual di berbagai e-commerce dan Facebook:


Dari tangkapan layar di atas dapat dilihat bahwa harga yang ditawarkan beragam, mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah

Spoiler for Tangkapan layar dari Facebook, sedang mencari Google Drive Unlimited:


Bahkan Google Drive Unlimited masih ada saja peminatnya. Tangkapan layar di atas jadi salah satu buktinya.

Mungkin, yang mampir ke thread ane ini masih ada yang awam soal jual beli Google Drive Unlimited. Daripada bingung, ada baiknya TS jelaskan sedikit ya tentang perdagangan Google Drive unlimited dan apa resiko membelinya.

Perdagangan Google Drive Unlimited

Pada November 2020, jagat dihebohkan dengan maraknya penjualan Google Drive seumur hidup atau lifetime dengan kapasitas penyimpanan tidak terbatas atau unlimited. Harga yang ditawarkan pun sangat murah
karena menggunakan Google Team Drive.

Nah, perlu digarisbawahi bahwasanya Google Drive berbeda dengan Google Team Drive. Google Team Drive bisa digunakan bersama-sama untuk menyimpan file. Namun, penggunanya terbatas hanya untuk suatu organisasi, seperti lembaga pendidikan misalnya di sekolah dan universitas.

Akan tetapi, para penjual 'mengemas produk' ini dengan menjualnya sebagai 'Google Drive' lengkap dengan embel-embel 'unlimited lifetime' yang merupakan modus mereka untuk menggaet pembeli sebanyak-banyaknya.


Apakah Penjualannya Ilegal?

Mengacu pada ketentuan Google Team Drive yang disebut Term of Services (TOS), dijelaskan bahwa Google Team Drive hanya digunakan di lingkungan pendidikan tersebut. Dengan demikian, tidak boleh diberikan kepada pihak di luar lembaga pendidikan, apalagi dijual di sosmed dan berbagai e-commerce.


Risiko Nekat Membeli Google Drive Unlimited

Risikonya data berharga milik semua anggota bisa hilang selamanya ketika akun si penjual/administrator Google Drive unlimited dinonaktifkan atau dihapus sebab ia telah melanggar TOS. Fatalnya, data tidak dapat di-recovery.

Sekalipun akun Team Drive berumur panjang dan tidak dihapus, keamanan data yang disimpan di Team Drive ini perlu dipertanyakan karena tidak ada jaminan kerahasiaan dan keamanan data.

Dalam kasus tertentu, si pemegang alias administrator Team Drive bisa saja mengganti password akun Agan dan mengambil alih akun kapanpun dia inginkan.


Alasan Pembeli Tergiur

Google Drive memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB gratis seumur hidup untuk semua pelanggannya. Tetapi, kuota 15 GB tersebut tidak cukup bagi sebagian besar pelanggan. Google pun menawarkan opsi upgrade dengan harga variatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan /bulan, tergantung kuota bandwidth yang di inginkan.

Namun, tidak semua orang mampu atau mau membayar biaya bulananan yang ditetapkan tersebut. Oleh karena itu, kemunculan Google Drive unlimited ini dianggap sebagai jawaban karena selain unlimited alias kuota tidak terbatas, dapat dinikmati pula seumur hidup, menarik bukan?! Terlebih, harga yang ditawarkan begitu murah.


Oke, Gan! Sekian thread ane, semoga bermanfaat dan bisa membuat Agan lebih waspada pada berbagai penawaran yang tak masuk akal.


Sumber: Keresahan Pribadi
Referensi: TKP
Foto: Tangkapan layar dari aplikasi milik pribadi, Tangkapan layar dari pencarian Google, TKP, ini
CommunityManager
gaul12
vasilizaitsev
vasilizaitsev dan 42 lainnya memberi reputasi
43
21.4K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
503Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.