• Beranda
  • ...
  • Health
  • Jangan Sepelekan Stres! Bisa Mendatangkan Berbagai Penyakit Hingga Kematian Dini!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Jangan Sepelekan Stres! Bisa Mendatangkan Berbagai Penyakit Hingga Kematian Dini!

Sumber Gambar

Stres merupakan reaksi psikis manusia secara emosional yang disebabkan oleh ancaman, tekanan atau keadaan berbahaya yang bisa terjadi pada saat itu juga atau di masa depan. Stres merupakan hal wajar yang pasti pernah dialami semua orang, tapi stress yang berlebih juga tidak baik bagi tubuh.

Ada banyak hal yang menjadi sumber datangnya stres, namun paling banyak adalah karena faktor finansial dan juga ekonomi yang buruk. Tentu dalam keadaan pelik itu, tekanan datang dari mana-mana.

Mungkin masih ada sebagian orang yang masih meremehkan stres ini. Tapi sebetulnya, stres bisa sangat mematikan apabila terus dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan dan tindak lanjut.

Orang yang stres akan menyebabkan detak jantung berdetak lebih cepat. Hal ini akan membuat tubuh bekerja keras lebih dari biasanya yang salah satu dampaknya adalah meningkatnya pembakaran kalori yang berujung pada turunnya berat badan dan badan yang menjadi kurus.


Sumber Gambar

Selain itu juga, karena jantung berdetak lebih cepat layaknya sedang terpacu adrenalin, muncul juga berbagai resiko penyakit seperti serangan jantung, asma, hipertensi dan juga stroke. Saat stres imun juga akan menurun, sehingga penyakit-penyakit dari luar juga bisa dengan mudah menyerang kita.

Stres juga bisa mengakibatkan gangguan kejiwaan dan kerusakan otak. Bahkan apabila sudah parah, penderitanya bisa tidak ingat apa-apa bahkan kehilangan kontrol pada dirinya sendiri. Atau kemungkinan yang lebih buruk lagi, penderita yang sudah sampai depresi bisa saja mengakhiri hidupnya.

TS sendiri pernah stres yang berkelanjutan, dan efek yang paling terasa adalah sembelit. Ya, setiap kali TS stres, pasti TS selalu kesulitan buang air besar. Bahkan bisa tidak BAB selama seminggu, sekalinya BAB maka itu akan sulit sekali keluarnya. Hehe, sekedar sharing.


Sumber Gambar

Bagaimana supaya tidak stres?emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Tentu stres disebabkan oleh hal-hal negatif dia sekitar kita. Hal seperti itu tak bisa kita hindari dan akan selalu datang di kehidupan ini. Supaya tidak stres dalam menghadapi hal seperti itu, maka jalan satu-satunya adalah tetap berpikir positif.

Tenangkan pikiran dan menerima kenyataan apa adanya. Persiapkan diri dan optimis bahwa masalah bisa segera berlalu. Cari tempat untuk mencurahkan keluh kesah dan perasaan entah itu kepada keluarga atau sahabat.

Orang terdekat pun mesti peka terhadap orang yang sedang stres itu sendiri. Harus berhati-hati menjawab atau memberi komentar supaya tidak malah membebani pikirannya. Atau tidak berkomentar sama sekali.


Sumber Gambar

Selain itu kalian bisa coba bermeditasi dan berdoa untuk meredakan stres yang kalian alami.

Stres yang sudah parah akan mematikan bagi manusia dan juga hewan. Untuk itu, perlunya lingkungan dan pola pikir positif yang ditanamkan dia setiap orang. Saling mendengar dan memberikan dukungan satu sama lain akan berdampak pada kesehatan mental.

Itu saja dari TS, maaf bila ada salah kata mohon dikoreksi. Sekian.

Kalau kalian, separah apakah stres kalian? emoticon-Bingung (S)

Sumber:
Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MUF0REVER
fathroni
screamo37
screamo37 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
11.3K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.