harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Cosplay, Hobi Unik Yang Bukan Sekedar Memakai Kostum! Yuk Cari Tahu!

Sumber Gambar

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam satu dekade ke belakang pop-culture Jepang tengah menjamur di kalangan anak-anak muda. Mulai dari Anime, Manga, Idol dan banyak lagi. Meskipun euforia-nya tidak sebesar K-Pop, tapi pop-culture Jepang tak pernah sepi peminat.

Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya pengunjung di event-event bertema pop-culture Jepang yang banyak diselenggarakan di berbagai tempat. Biasanya acara diisi dengan pertunjukan musik, bazaar, pameran dan banyak lagi.

Tapi yang jadi salah satu kekuatan di event-event semacam ini adalah kehadiran para cosplayer. Tanpa mereka tentunya event akan terasa kurang lengkap. Tentu semua pengunjung senang melihat orang dengan kostum-kostum unik dan nyentrik. emoticon-Big Grin


Sumber Gambar

Cosplay merupakan hobi unik yang cukup banyak digemari, namun kurang dilirik banyak orang. Cosplay sendiri merupakan singkatan dari Costume Play, yang artinya kita akan bermain peran dengan menggunakan kostum kita. Kostum bisa terinsipirasi dari tokoh anime, film, game, atau bahkan karakter ciptaan sendiri.

Jadi, sebenarnya hobi ini cukup kompleks. Selain harus mempunyai kostum, seorang cosplayer harus paham betul dengan karakter yang ia perankan. Dan ia harus memiliki kepercayaan diri untuk berakting layaknya karakter tersebut.

Kostum yang mereka pakai pun tidak main-main, para cosplayer bisa menghabiskan uang ratusan sampai jutaan rupiah untuk kostum yang mereka pakai. Apalagi jika mereka memiliki properti lain seperti pedang, senjata api dan masih banyak lagi. Tentu budgetnya akan semakin membengkak.


Sumber Gambar

Tapi yang namanya hobi, pasti semua akan diusahakan selagi masih bisa. Sekarang ada banyak pembuat kostum yang bisa dicari di internet dan kita pesan sesuai karakter yang kita inginkan. Atau jika baru mau mencoba cosplay, bisa menyewa kepada penyewa kostum atau ke cosplayer lain.

TS sendiri memiliki pengalaman melihat para cosplayer ketika beraksi di panggung. Dari mimik wajah, gaya bicara dan gestur mereka terlihat benar-benar terlatih untuk menampilkan semua itu di depan banyak orang. Apalagi pernah ada yang sampai melakukan gerakan akrobatik yang jelas perlu latihan lama.

Hobi ini juga bisa menghasilkan uang, cosplayer dengan kualitas terbaik bisa saja memenangkan lomba di event tertentu. Bahkan bisa saja dipanggil untuk meramaikan suatu acara tertentu dengan bayaran yang sudah disepakati.

Bila sudah berpengalaman, seorang cosplayer bisa menjadi juri bagi lomba cosplay. Bisa juga dikontrak menjadi brand ambassador untuk produk pop-culture lainnya seperti game, anime dan masih banyak lagi.


Sumber Gambar

Di dunia internasional sendiri, sudah banyak cosplayer yang berprestasi. Seperti di World Cosplay Summit dan Tokyo Game Show.

Jadi, cosplay ini merupakan hobi yang tak boleh dipandang sebelah mata. Banyak usaha dan kerja keras untuk menampilkan penampilan terbaik para cosplayer ketika di panggung. Dan kita perlu menghormati segala usaha yang telah mereka lakukan demi hobinya.

Bagaimana menurut kalian? Pernahkah kalian berfoto dengan cosplayer?emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MemoryExpress
jiresh
sukmanj
sukmanj dan 21 lainnya memberi reputasi
22
7.1K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.