Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Pelabelan Hoaks pada Berita tak Bisa Sembarangan
Pelabelan Hoaks pada Berita tak Bisa Sembarangan

Jakarta: Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Anita Wahid menyebut mudahnya pelabelan sebuah berita sebagai hoaks kontra produktif dengan semangat memerangi hoaks. Justru, menurut dia, setiap berita dan informasi yang ada perlu diverifikasi ulang. 


Anita mengatakan penggunaan hoaks yang sangat masif di Pilpres 2014 dan dikombinasikan pertarungan politik akhirnya malah membuat kata hoaks itu menjadi senjata. Orang dengan mudah bisa melabeli berita yang menyudutkan atau merugikannya dengan menyebut berita itu hoaks atau fitnah, meski berita itu benar.


'Justru penggunaan seperti ini jadi kontra produktif dari apa yang sebenarnya kita sedang perangi,' kata Anita di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Oktober 2018.


Masyarakat sangat mudah melontarkan kata hoaks tanpa memahami banyaknya akibat yang menyertai ucapan itu. Menurut dia, Mafindo juga telah mendefinisikan hoaks sebagai segala sesuatu informasi atau berita bohong yang sengaja dibuat seolah-olah benar.


Namun, dengan kontestasi politik yang meruncing sejak 2014, kata hoaks dan berita bohong menjadi senjata menyerang lawan politik. Padahal, menurut dia, apapun berita dan informasi tidak bisa dengan mudah dilabeli dengan kata hoaks. 


'Apapun beritanya, informasinya, tidak bisa kita sesimpel bicara atau kasih label itu hoax. Selalu harus ada verifikasi dan hasil fact checking,' ungkapnya.


Ia mencontohkan, laman IndonesiaLeaks yang menyebut ada dugaan uang yang mengalir ke Kapolri Jendral Tito Karnavian dari pengusaha Basuki Hariman pun tak bisa langsung dikatakan sebagai hoaks. Sayangnya, banyak pihak yang langsung menyebut hasil laporan IndonesiaLeaks sebagai hoaks tanpa verifikasi terlebih dahulu. 


Padahal, kata dia, untuk menyebut itu sebagai berita hoaks maka perlu ada data yang mendukung. 'Jadi misal ada yang bilang data-data IndonesiaLeaks itu hoaks itu harus ada datanya yang menyertai itu. Harus ada hasil verifikasi dan fact checking itu,' tegas Anita.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...sa-sembarangan

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pelabelan Hoaks pada Berita tak Bisa Sembarangan Hoaks Sangat Kuat Mencuci Otak Manusia

- Pelabelan Hoaks pada Berita tak Bisa Sembarangan Hoaks, Antara Misinformasi dan Disinformasi

- Pelabelan Hoaks pada Berita tak Bisa Sembarangan TKN-KIK Minta Kubu Prabowo-Sandiaga Setop Hoaks

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.