Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buncitbubarAvatar border
TS
buncitbubar
Tilang Manual Enggak Zaman, Polda Jateng Pakai Drone untuk Tilang dari Udara
Tilang Manual Enggak Zaman, Polda Jateng Pakai Drone untuk Tilang dari Udara

Jakarta - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah mulai menggunakan electronic traffic law enforcement (ETLE) lewat drone. Gerak-gerik pelanggar semakin terbatas, pasalnya drone tidak hanya terpasang kamera biasa tapi terintegrasi dengan sistem ETLE nasional.
Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan sudah melakukan uji coba ETLE drone bersamaan dengan Operasi Zebra 2022.

"Hari ini Direktorat Polda Jawa Tengah dengan Kasatlantas Polrestabes dengan staff melakukan kegiatan operasi zebra, tentunya operasi zebra ini di samping preemtif, preventif juga melakukan penegakan hukum, penegakan hukum yang dilakukan adalah menggunakan ETLE, baik itu ETLE statis, ETLE mobile," ujar Agus kepada detikcom, awal pekan ini.

Baca juga:
Banyak Pemilik Kendaraan Pakai Nama Orang, Pajak Progresif Diusulkan Dihapus
"Dan yang paling istimewa hari ini Polda Jawa Tengah sudah melakukan uji coba ETLE mobile yang terkoneksi dengan drone," tambah Agus.

Untuk mekanisme dan standar operasional prosedur dari penindakan ETLE mobile dengan drone ini, sama halnya dengan ETLE statis yakni gambar pelanggaran yang telah diambil petugas nantinya akan dikirim ke back office yang ada di tingkat polres maupun polda, langsung diproses untuk kemudian diterbitkan surat konfirmasi tilang.

Baca juga:
Banyak yang Ngeyel! Kelakuan Pengendara Ini Jadi Incaran Tilang
Penggunaan ETLE lewat kamera drone. Ini merupakan terobosan baru. Penggunaan alat itu diharapkan bisa menjangkau penindakan pelanggaran yang tidak bisa dijangkau oleh kamera ETLE statis.

Agus mengatakan polisi yang bertugas mengoperasikan ETLE drone juga sudah dilatih oleh Asosiasi Pilot Drone Indonesia. Saat ini ETLE mobile dengan drone baru dioperasikan di kota Semarang.

"Jadi kami sudah kerja sama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia, jadi peng-capturean, pelanggaran menggunakan drone, semoga dengan menggunakan teknologi ini, kami mengharapkan masyarakat Jawa Tengah tanpa harus ditindak, tanpa harus ada polisi, tertib dan patuh berlalu lintas," jelas dia.

Tilang Manual Enggak Zaman, Polda Jateng Pakai Drone untuk Tilang dari Udara

Baca artikel detikoto, "Tilang Manual Enggak Zaman, Polda Jateng Pakai Drone untuk Tilang dari Udara" selengkapnya https://oto.detik.com/berita/d-6342714/tilang-manual-enggak-zaman-polda-jateng-pakai-drone-untuk-tilang-dari-udara.

areszzjay
darkwilliam00gg
nomorelies
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.2K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.