ahokpresidenAvatar border
TS
ahokpresiden
Seberapa Dekat Pj Gubernur DKI Heru Budi dan Jkw? Ahok pernah Menggadangnya Cawagub


Seberapa Dekat Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan Jokowi? Ahok pun Pernah Menggadangnya sebagai Cawagub

TEMPO.COJakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Heru Budi Hartono sebagai Penjabat atau Pj Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan. Penunjukan ini disebut-sebut karena adanya hubungan dekat antara keduanya. Benarkah isu kedekatan ini yang menjadi alasan Jokowi memilih Heru?


Heru Budi Hartono merupakan Kepala Sekretariat Presiden, yang memang sehari-hari bertugas di Istana. Kedekatan Heru dan Jokowi telah terjalin lama. Saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Heru menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Kemudian pada 2015, Heru diangkat Jokowi menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) DKI. Setelah tak lagi menjadi Gubernur DKI karena jadi Presiden, Jokowi memboyong Heru ke Istana Negara.


Heru Budi Hartono ditetapkan sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta dalam Rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, pada Jumat, 7 Oktober 2022. Kedekatan keduanya diamini sendiri oleh Jokowi. Dia mengatakan salah satu alasannya memilih Heru adalah karena sudah kenal betul dengan anak buahnya itu. Yakni sejak ia masih menjabat Gubernur DKI.


“Kemudian waktu memegang badan keuangan saya tahu betul rekam jejak (Heru) secara bekerja, kapasitas, kemampuan, saya tahu semuanya,” kata Jokowi.


Kedekatan Jokowi dan Heru Budi Hartono
Kedekatan Jokowi dam Heru juga diakui oleh Anggota DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik. Sebelum Heru terpilih sebagai Pj Gubernur DKI, Taufik sudah menduga Heru memiliki kans besar didapuk Jokowi menggantikan Anies Baswedan. 


Pasalnya, kata Taufik, Heru memang memiliki kedekatan dengan orang nomor satu RI ini. “Heru punya kedekatan yang lebih dengan presiden. Kalau kasih bobot kedekatan, Heru menurut saya lebih dekat,” kata politikus Gerindra itu kepada Tempo, Jumat, 9 September 2022 lalu.
Senada dengan Taufik, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andriano juga menilai masuknya nama Heru sebagai calon Pj Gubernur lantaran adanya kedekatan dengan Jokowi. “Ya mungkin yang merasa dekat dengan Jokowi. 

Dari NasDem yang sinkron antara pemerintah pusat dan daerah supaya ini jalannya lebih cepat karena kita lihat Pak Presiden ini concern betul dengan Jakarta,” kata dia kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 13 September 2022.

Isu kedekatan Heru dengan Jokowi juga dihembuskan menjelang Pilgub Jakarta 2017. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku telah mempercayai Heru yang saat itu menjabat sebagai Kepala BPKAD DKI Jakarta. Ahok berencana menggandeng Heru sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta 2017. “Kalau Pak Heru kan saya sudah percaya sama beliau. Sama Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) juga kenal baik,” kata Ahok, Jumat, 4 Mei 2016 silam.

Kendati begitu, Ahok menampik memilih Heru karena faktor dekat dengan Jokowi. Alasan Ahok memilih Heru sebagai wakilnya, lantaran saat Jokowi masih menjadi Gubernur DKI, Heru pernah menjabat sebagai Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH KLN) DKI. Heru berpengalaman mengurus seluruh keperluan Jokowi. “Enggak (karena kedekatan Heru dengan Jokowi). Karena Pak Heru yang kemungkinan tidak ada masalah yang lain,” kata dia, saat itu.

Heru Budi Hartono memang dipilih Ahok sebagai calon wakil gubernur untuk maju dalam Pilkada melalui jalur perseorangan. Nama keduanya pun telah tercantum dalam formulir dukungan perseorangan yang dikumpulkan relawan Teman Ahok dan telah meraih satu juta dukungan KTP. Namun, Ahok memutuskan menggunakan partai politik, sehingga nama Heru dapat dipastikan tidak menjadi calon wakil gubernur. Pada Pilkada DKI 2017, Ahok akhirnya memilih Djarot sebagai calon wakil gubernur.


https://metro.tempo.co/read/1644176/...ebagai-cawagub

Pak Heru ini adalah wakil dari Pak Ahok.
Dengan Pak Heru memimpin Jakarta akan kembali menjadi Kota Kelas Dunia seperti waktu Pak Ahok memimpin dulu emoticon-I Love Indonesia
#herugubernur #ahokpresiden
odjay05
muhamad.hanif.2
nomorelies
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.