• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Review Service Motor dan Ganti Oli Ester di Bengkel Planet Ban

ferfer2323Avatar border
TS
ferfer2323
Review Service Motor dan Ganti Oli Ester di Bengkel Planet Ban
Akhir bulan September 2022, ane mencoba service motor Nmax ane. Terakhir ane service sekitar setahun yang lalu dan kebetulan emang udah jadwalnya ganti oli juga, jadi sekalian aja. Sebelumnya, ane mencari-cari review bengkel service motor yang recommended di media sosial seperti twitter dan instagram. Dari pencarian tersebut, ane menyimpulkan Planet Ban layak dicoba.



Apa aja yang di-service?

Ini daftar service motor ane saat ke Planet Ban kemarin:
1. Service CVT
2. Service Van Belt
3. Service Mesin dan Injeksi
4. Ganti Roller
5. Ganti Oli Mesin, Oli Gardan

Total menghabiskan 284.500 rupiah, termasuk PPN

Gimana kualitas kinerja mekanik saat service?




Mekanik cukup cekatan. Saat ane request untuk cek dan service, segera dikerjakan dengan gesit. Gak banyak nanya atau nawarin yang gak ane perlukan. Meskipun gesit, pekerjaannya cukup rapi dan teliti. Baut utuh semua, gak ada yang hilang satu atau beberapa biji emoticon-Big GrinMereka juga cukup hafal dengan spesifikasi produk dan pilihan pelayanan yang ada di Planet Ban. Jadi, ketika ane tanya-tanya, bisa menjawab dan membantu memberikan rekomendasi yang sesuai.

Saat ane datang, antrian tidak banyak (mungkin karena sedang weekday dan jam kerja) jadi ane gak perlu nunggu lama-lama.

Before-after service gimana bedanya?



Before service, kondisi motor ane emang udah sedikit kurang baik emoticon-Big Grin Dalam beberapa kondisi, motor ane kerasa ada getaran abnormal pas diajak ngegas. Semacam ada gempa kecil, bunyi gruduk-gruduk gitu di dalam mesin, hehe. Ini masalah dari CVT yang udah kelamaan gak di-service aja sih.

After service, mesin motor kerasa lebih halus. Getaran gempa udah sirna, sama sekali gak kerasa lagi. Jadi lebih enak dan nyaman bawa motor. Ane sempat pakai motor untuk jarak jauh juga (sekitar 100 kilometer) dan motor Nmax ane baik-baik aja.

Selain ganti oli dan service ringan, di Planet Ban juga bisa ganti ban motor (ya iyalah, namanya aja ‘Planet Ban’ emoticon-Ngakak (S)).

Harga/tarifnya gimana?



Secara umum gak beda jauh dengan bengkel lain, cukup terjangkau. Bahkan, service tertentu itu malah bisa lebih murah dibanding bengkel lain. Contohnya, ane service CVT di bengkel resmi itu sekitar 90-100 ribuan. Di Planet Ban cuma 39.500 aja.



Untuk oli, di Planet Ban hanya ada oli X-Ten, oli khusus di jaringan bengkel Planet Ban. Olinya bukan mineral atau sintesis, melainkan jenis oli ester. Katanya oli ester itu bisa lebih awet dan tahan lama hingga 2 kali lipat ketimbang oli biasa. Ada banyak varian oli X-Ten di Planet Ban, jadi konsumen bisa pilih sesuai tipe motor. Untuk motor matic sendiri ada beberapa jenis. Tapi, mumpung masih akhir bulan, ane milih oli ester yang lebih mahal, hehe emoticon-Big Grin Ini ane menggunakan oli X-Ten Double Ester Matic 10W 40, harganya 130k sebelum didiskon. Ane gak tahu diskonnya berapa, pokoknya setelah ditotal, ane dapet diskon 35k. Kalo mau oli ester yang lebih murah, juga ada kok. Harga oli X-Ten start dari 40 ribuan. Biaya ganti oli gratis.



Kesimpulan

Service dan ganti oli motor di Planet Ban ini cukup cepat, tarif terjangkau (sebagian malah lebih murah), hasil oke, dan mekaniknya gak rese. Buat yang lagi krisis kepercayaan sama bengkel resmi, boleh coba di sini. Kalo masih ragu, takut budget gak cukup atau ada hal lain yang mau ditanyakan, mungkin bisa tanya-tanya dulu aja ke bengkelnya.

Demikian review ane setelah nyoba service dan ganti oli di Planet Ban. Mohon maaf kalo ada yang kurang lengkap atau ada istilah yang kurang sesuai karena ane sendiri bukan orang yang ahli soal motor emoticon-Big Grin Semoga bisa membantu agan atau sista yang penasaran dengan Planet Ban. Kalo ada yang mau ditanyakan, silakan reply di komentar aja. Ane usahakan jawab sebisanya emoticon-Big Grin

Makasih udah mampir di thread review ane
emoticon-Toast

Diubah oleh ferfer2323 17-10-2022 16:56
JohnlaroN
azhuramasda
Reizeger
Reizeger dan 11 lainnya memberi reputasi
12
7.9K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.