polkarAvatar border
TS
polkar
Waspada Gan! Modus Penipuan OL Shop yang Sering Banget Kejadian!
Gilaaa! Banyak banget seliweran di timeline Ane tipu-tipu bank. Modusnya juga afgan dan alus gitu! Bikin GanSis gak berasa lagi mau ditipu, deh. Yang sering kejadian itu tipu-tipu atas nama online shop di marketplace. ASLI NGERI! Tau-tau, saldo GanSis lenyap gak jelas ke mana.




Ane mau share aja nih salah satu cara tipu-tipu yang sering banget kejadian biar GanSis lebih waspada!


Kira-kira gini alurnya:


Quote:




Nah, di sini nih mereka mulai beraksi. Misalnya, tipu-tipu rekening tujuan transfer. Atau kalo GanSis pake BCA, bisa juga mereka bakal bilang “hadiah harus dicairkan lewat BCA Mobile atau OneKlik BCA ya”. Jadi mereka akan berusaha akses BCA mobile atau OneKlik milik GanSis. Kalo mereka udah punya aksesnya, mereka bisa pake BCA mobile atau OneKlik GanSis buat transaksi apa pun di marketplace tadi!

Alurnya gini nih:


Quote:



Pokoknya Kalo udah masukin PIN dan OTP, akun rekening GanSis bisa langsung dikuras oleh si penipu.

Jadi kalo ada orang yang minta nomor kartu ATM, sms OTP, password mobile banking, pokoknya kalo udah minta info yang sensitif mah, auto-tutup telpon aja, Gan!

Yang begini-begini GanSis udah mesti banget CURIGA!! Karena pihak bank aja ati-ati banget kalo nanya info data agan-agan.


Tips & Trick
Tapi, ya jaman makin canggih, modus kriminal juga makin licin, GanSis. Makanya, biar tetep aman jaya, ada tips and tricknih biar gak kemakan modus penipuan online shop.

Pertama, yang udah disebut juga di atas. JANGAN PERNAH KASIH DATA PRIBADI BANK YA, GANSIS! Mau itu nomor kartu ATM, kartu kredit, OTP, PIN mobile banking. Sekalipun ditelpon orang resmi dari ol shop. Pokoknya, #DatamuRahasiamu! 

Kedua, kalo GanSis pake BCA dan tiba-tiba di HP dapet notifikasi pendaftaran OneKlik, beuh GanSis wajib banget CU-RI-GA!!!

Terus, semisal GanSis emang udah daftar OneKlik di salah satu marketplace nih, atur total limit transaksi hariannya aja. Bisa lewat BCA mobile. Gampang kok. Itung-itung biar gak belanja khilaf juga kan. Ahay.

Yang terakhir, misalkan terjadi sesuatu yang mboten-mboten nih, GanSis bisa blokir sementara atau bahkan hapus akun aktif OneKlik lewat BCA mobile.

Inget ya, GanSis: SELALU JAGA DATA PRIBADI GanSis! Jangan pernah kena bujuk rayu yang gak masuk di akal. GanSis juga wajib pasang benteng pake info yang akurat dan aktif #CariTahuBiarAman pakai internet banking!

#DatamuRahasiamu #CariTahuBiarAman
laks505
lembur.kolot
khususfilm
khususfilm dan 42 lainnya memberi reputasi
43
23.6K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
503Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.