harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
4 Manfaat Kecubung Untuk Kesehatan, Jangan Disalahgunakan Gan!

Sumber Gambar

Kecubung adalah tumbuhan yang memiliki efek memabukkan, halusinasi hingga keracunan apabila di makan terutama buahnha. Tumbuhan ini bisa tumbuh di mana saja, dan orang bisa dengan bebas mengambilnya.

Sudah banyak contoh kasus orang memakan kecubung di internet, baik yang disengaja maupun tidak. Biasanya dengan tujuan konten, kecubung pun digunakan untuk membuat mabuk dan halusinasi. Kemudian itulah yang dijadikan konten.

Sebenarnya, apa sih fungsi kecubung itu? Apa iya cuma sekedar jadi bahan mabuk-mabukan? Ada kok, kecubung sendiri memiliki manfaat bila diolah dan berada di tangan yang benar.

Berikut manfaat kecubung yang TS rangkum dalam daftar tersebut!emoticon-Ngacir



1. Meredakan Bengkak

Biasanya kecubung akan dibakar atau dipanggang terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan minyak kelapa yang nantinya akan dioleskan ke lokasi bengkak. Dengan cara ini, dipercaya kecubung bisa meredakan Bengkak atau setidaknya membuat penderitanya menjadi lebih baik.

2. Mengatasi Asma

Kecubung memiliki zat hiposiamin dan skopolamin. Kedua zat itulah yang berguna untuk mengatasi Asma. Kedua zat itu memiliki efek antikolinergik yang bisa mengendurkan saluran udara serta mencegah penyempitan. Sehingga penderita asma bisa lebih lega bernapas.

Ada baiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memakai kecubung untuk asma. Biasanya yang dipakai adalah dengan dibakar, pertama-tama bunga dan daun dilinting seperti rokok dan dibakar, kemudian dihisap asapnya. Perlu diperhatikan bahwa untuk pengobatan pun tidak boleh berlebihan pemakaiannya. Jadi tetap ikuti instruksi dokter!

3. Mengatasi Penyakit Kulit

Daun kecubung juga dipercaya bisa untuk mengatasi penyakit kulit seperti eksim, bisul dan lainnya. Sama seperti menggunakan daun binahong, daun kecubung bisa ditumbuk terlebih dahulu sebelum di aplikasikan ke daerah eksim. Atau sekedar ditempel pun tak apa.

4. Penguat Daya Seksual

Di India, biji kecubung digunakan untuk meningkatkan gairah seksual serta menyembuhkan impotensi. Konon masyarakat India sudah berabad-abad menggunakan daun ini untuk daya seksual. Walau begitu, di luar India masih jarang yang menggunakan kecubung untuk keperluan seksual.


Sumber Gambar

Ya itulah tadi 4 manfaat kecubung yang bisa TS bagikan. Sekedar pengingat, meski sudah tahu fungsinya, ada baiknya kita tak sembarangan dengan tumbuhan ini. Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah bertanya dan merekomendasikan tumbuhan ini ke dokter. Kemudian tunggu instruksi selanjutnya.

Sebenarnya ada saja manfaatnya, tapi karena orang sudah terlanjur menilai negatifnya, tumbuhan ini pun jadi dipandang sebelah mata.

Kalau menurutmu gimana? Adakah tumbuhan ini di daerah kalian? emoticon-Bingung (S)

Link Referensi: 1, 2
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MUF0REVER
shinwjy
10mountainflat
10mountainflat dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.8K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.