cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Kenapa Manga Dibaca dari Kanan ke Kiri?

Cangkeman.net - Pertanyaan ini pernah aku lontarkan pada sepupuku sekitar 4 tahun yang lalu, tepatnya ketika kami masih duduk di bangku SMA. Dulu, ada sebuah tempat rental atau penyewaan buku -lebih tepatnya penyewaan komik dan novel- yang menjadi tempat langganan kita berdua. Aku memang pecinta novel dan sepupuku itu penyuka komik Jepang alias manga, jadi kita sering mampir ke tempat rental tersebut sepulang sekolah. Yah, namanya juga murid SMA, tentu aja uang sakunya nggak seberapa. Jadi untuk bisa membaca komik atau novel, kita lebih memilih menyewa daripada membelinya di toko buku.

Aku yang notabene adalah penggemar novel, sudah pasti selalu menuju rak bagian novel. Tapi nggak seperti sebelum-sebelumnya yang cuma fokus ke novel, hari itu aku tertarik dengan manga dan meminta sepupuku untuk memilihkan 1 manga yang menurutnya bagus. Tentu saja dia dengan senang hati memberikan rekomendasinya. Bahkan, dia malah dengan semangat ‘meracuni’ aku supaya suka baca manga.

Ketika pertama kali memegang manga, aku merasa heran dan agak terkejut karena ternyata manga dibaca dari kanan.

“Wah, kok bacanya dari kanan? Macam Al-Qur’an aja,” begitu kira-kira komentarku waktu itu.

Saat aku bertanya pada sepupuku tentang hal itu, dengan enteng dia menjawab, “Ya mana ku tau.. Aku bukan orang Jepang, bukan yang bikin komiknya”. Dan bukan cuma itu, buatku yang terbiasa membaca novel, tentu saja bingung dengan isi manga yang hanya gambar dan dialog. Lebih tepatnya sih, bingung mengurutkan dialog mana yang harus dibaca lebih dulu. Untung aja, sepupuku itu memberikan tutorial mengenai cara membaca manga yang benar, mulai dari panel mana yang harus didahulukan, hingga urutan membaca balon dialog, yang tentu aja semuanya harus dari kanan ke kiri. Akan tetapi, misteri tentang ‘kenapa bacanya dari kanan?’ belum juga terjawab, bahkan sampai aku menjadi penggemar manga dan punya banyak koleksi manga di rumah.

Pertanyaan tersebut baru terjawab beberapa hari yang lalu. Itupun hasil ketemu nggak sengaja di mesin pencari google. Duh, kenapa aku dulu nggak kepikiran buat cari di google ya? Jadi, ternyata penyebab manga dibaca dari kanan ke kiri karena hal ini sesuai dengan cara penulisan huruf Kanji yang pada dasarnya memang dibaca dari kanan. Cara penulisan ini dinamakan ‘tategaki’, yaitu model penulisan secara vertikal (dari atas ke bawah) yang dimulai dari sisi kanan. Sebenarnya, tategaki merupakan cara penulisan Bahasa Jepang yang asli, dan sering disebut sebagai bentuk tulisan tradisional. Meskipun saat ini udah ada model penulisan Bahasa Jepang secara horizontal dari kiri ke kanan yang disebut ‘yokogaki’, namun cara menulis tategaki masih tetap dipertahankan terutama untuk menulis hal-hal yang berkaitan dengan karya sastra, seperti novel, buku cerita, dan tentu aja komik atau manga. Selain itu, tategaki juga dipakai untuk tulisan yang bersifat tradisional dan Jepang banget, misalnya buku pelajaran Bahasa Jepang, kaligrafi tradisional, notasi musik dan instrumen tradisional Jepang.

Ketika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, bentuk buku manga tetap dipertahankan seperti aslinya yaitu dari kanan ke kiri karena beberapa alasan, salah satunya adalah mengenai perubahan gambar. Jika manga diubah menjadi dari kiri ke kanan seperti buku di Indonesia pada umumnya, maka akan ada gambar yang kidal dan jadinya tampak aneh. Oleh sebab itulah, panel-panel komik, dialog, dan seluruh isi buku manga dibaca dari kanan ke kiri.


Tulisan ini ditulis oleh Nurul Fatin Sazanah di Cangkeman pada tanggal 20 Juli 2022
salvation101
fathroni
yasyah81
yasyah81 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.