cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Culture Shock Saat Tinggal di Tanah Pasundan


Cangkeman.net -Setiap orang pasti mengalami proses penyesuaian diri dengan lingkungan yang baru ketika ia pertama kali merantau. Lengkap dengan kisah uniknya masing-masing, dari hal yang dramatis sampai yang kocak, semua itu bisa jadi topik obrolan untuk bernostalgia atau sekadar adu nasib bersama kawan pas lagi kumpul-kumpul.
Jujur, sebelumnya saya tidak pernah membayangkan bakal punya pengalaman tinggal di tanah Pasundan. Nah, buat kamu yang sedang merantau di Jawa Barat mungkin bisa relate dengan cerita saya ketika tinggal di Cianjur ini, yuk saya mulai aja Nyangkem-nya!

1. The Heaven of Lalapan
Berdasarkan sinetron di tv-tv katanya orang Sunda itu suka banget sama lalapan.

Ternyata bener loh! Jadi waktu itu saya ditraktir makan bebek goreng sama temen yang baek banget, dia lagi ulang tahun. Rasa bebek dan sambalnya muantep (mungkin karena gratis kali ya? xixixi) dan yang bikin kaget adalah lalapannya yang super banyak variannya.

Culture shock kok sama lalapan? Ya gapapa lah daripada gak ada bahan buat nulis ya gak? Pasalnya saya yang cuman ngerti daun kemangi, timun, sama kubis hanya bisa menerka-nerka "Ini dan itu tuh daun apaan sih? Kok ada juga yang rasanya kayak daun jambu biji?"

Sampai sekarang masih menjadi misteri apakah saya benar-benar makan daun jambu waktu itu? Buat yang ngerti plis kasih tau ya itu apaan hmm.. 


2. Thermal Shock
Eits, saya tau kok kalau suhu udara bukan termasuk budaya.

Tapi kan, suhu udara pasti mempengaruhi perilaku masyarakat di suatu tempat dong? Jadi boleh lah ya saya bahas di sini, boleh kan? Gimana, jago gak saya ngerayu dan ngeles-nya?

Intinya, saya kesulitan berdamai dengan suhu yang dinginnya bisa mencapai sekitar 17 derajat Celcius karena di kampung saya tuh udah biasa Pajero, panas njobo njero alias panas luar dalam wkw..

Lah di Cianjur kemana-mana saya harus pakai jaket dan pas mau tidur permukaan selimut kerasa jadi dingin banget karena pengaruh udara. Hadeh..ini selimut bukannya bikin anget malah bersikap dingin ke saya, gimana sih?

Apalagi pas bangun subuh terus nginjek ubin yang super dingin jadi kayak pengen jinjit-jinjit jalannya. Padahal kebanyakan ruangan di sini ga ber-AC loh. Tapi tenang saya bukan tipe orang yang suka skip mandi pagi kok, palingan mandi sore nya aja.

3. Petani Bunga
Saking mindblowing-nya saya sampai curhat ke orang rumah kalau orang-orang di sini tuh banyak yang nanem bunga di kebun. Bukan sekadar nanem kayak di depan rumah, tapi kebunnya lumayan luas, dan banyak juga anak-anak yang bantu ortu mereka ngerawat bunga-bunga di kebun mereka.

Kalau kebun sayuran okelah saya biasa aja lihatnya. Kalau bunga emang pemasarannya ke mana? Apakah tiap kali panen selalu ada orderan? Kira-kira begitulah waktu itu saya bengong. 

 

Mereka gak setengah-setengah loh, mulai dari pembibitannya, proses pemupukan, penyiraman yang pakai sejenis sprinkle di tengah kebun yang di kampung saya sendiri belum ada teknologi kayak gitu. Keren banget lah pokoknya, bunganya kelihatan indah dan menarik seperti orang Sunda pada umumnya, eh

4. Pinus, Cemara, dan Monyet
Kalau ini sebenernya termasuk ke dalam hal yang telat buat saya sadari. Jadi dulu kamar kami sering mendapatkan agresi militer dari kawanan monyet. Yap, se-asri itu Cianjur, masih banyak monyet, tupai, bahkan temen saya pernah dikencingin sama rakun pas dia lagi praktek di workshop. Entah lewat mana si rakun bisa masuk ke workshop, yang jelas itu pertama kalinya saya lihat rakun secara live.

Saya sih gak masalah buat berbagi makanan sama monyet-monyet tersebut, itung-itung sedekah dan praktek mengasihi sesama ciptaan Tuhan. Cuman tupperware saya gausah dibawa juga dong nyet! wkw

Takut banget mau ngejar, apalagi di antara mereka ada satu yang badannya kekar berotot, mungkin dia ketua gengnya. Jadi ya saya nunggu aja tuh tupperware jatuh pas mereka lompat-lompat dan manjat pohon.

Nah, disitulah saya baru sadar kenapa vibes di Cianjur beda sama di rumah. Dari hutan aja udah beda, di kampung halaman terkenal dengan hutan kayu Jati, di Cianjur pohonnya kebanyakan Cemara dan Pinus. Begitu juga dengan satwa langka yang masih bisa banyak ditemui, di tempat saya kayaknya udah gak ada deh. Sedih banget.

 
5. The Purpose of 'Pawang Hujan'
Jauh sebelum mbak Rara viral, saya pernah diajak deep talk sama bapak-bapak petugas laundry. Pembahasan kami ngalor-ngidul sampai akhirnya ngebahas pawang hujan.

Gak tau ini udah mindblowing yang ke berapa. Tapi beneran tujuan pawang hujan di sini tuh beda banget sama apa yang saya ketahui selama ini.

Kalau biasanya pawang hujan dipakai untuk mensukseskan acara pernikahan sampai kampanye partai politik. Di daerah sekitar puncak ini pawang hujan banyak bekerja di hari Minggu. Kok gitu?

Jadi kan banyak orang liburan pas hari Minggu dan tahu sendiri lah kalau Bogor itu kota hujan. Dan kemungkinan si hujannya masih nular ke Cianjur wkw..

Nah, demi para pedagang dan penyedia jasa fasilitas liburan bisa beroperasi dengan maksimal maka di situlah para pawang hujan beraksi.

Anak ekonomi semisal mau bikin skripsi yang anti-maenstream bisa banget ini dijadikan ide.

Bayangin judul skripsimu : "PENGARUH PAWANG HUJAN DALAM MENGGERAKKAN USAHA UMKM MASYARAKAT DI DAERAH PUNCAK DAN SEKITARNYA"

Aneh sih jadinya tapi unik banget. Siapa tau dosenmu kasihan lihat gejala yang kamu alami terus kamu auto lulus deh wkw.. 

 
6. Bahasa
Gak tau kenapa bahasa Sunda itu terdengar halus dan kalem di telinga saya. Padahal sebagai orang Jawa saya sudah merasa kalem loh tapi ini ada yang lebih lagi. Apa karena saya ketemunya sama orang-orang yang sopan aja? Apakah saya belum ketemu sama orang Sunda yang hobi misuh? Saya juga tidak tau.

Tapi bukan itu concern-nya. D isini saya mensyukuri keanekaragaman bahasa Indonesia. Jadi kami bisa gibahin para pengajar yang mayoritas adalah orang Jawa Barat.

Misalkan para pengajar tersebut nerobos jam istirahat ketika di kelas. Gibahan itu menjadi penting buat nyusun strategi gimana ngingetin pengajarnya dengan sopan.

Pernah sekali kejadian, belum selesai nyusun strategi, orangnya malah ngomong, "Hayo ono opo iki kok rasan-rasan? " artinya : hayo ada apa ini kok bisik-bisik?

Si bapak kok bisa bahasa Jawa? Padahal selama ini gak ada pengajar yang sadar kalau lagi kita omongin. Ternyata istri beliau itu orang Jawa. Haduh..untung saya gak aneh-aneh ngomongnya. Atau pengajar lain pura-pura gak ngerti aja? Tidaaaakkkk!

Kalau kamu pernah nggak ngalamin awakward moment kayak gitu? Atau pernah juga ngalamin culture shock di suatu daerah? Coba ceritain deh terus kirim ke Cangkeman! Siapa tau tulisanmu lolos hehe..



Tulisan ini ditulis oleh Galih Agus Santoso di Cangkeman pada tanggal 21 Juli 2022.
cahlenong
TheBandrosRaos
variolikes
variolikes dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.6K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.