Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Suka Pedas? Inilah 7 Macam Sambal Yang Populer Di Indonesia! Yuk Coba!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Suka Pedas? Inilah 7 Macam Sambal Yang Populer Di Indonesia! Yuk Coba!

Sumber Gambar

Sambal menjadi salah satu menu pelengkap makan yang tak boleh dilewatkan. Bahkan beberapa orang ada yang harus sampai mencari-cari sambal ketika ingin makan supaya lebih nikmat.

Sebagai menu yang terbuat dari cabai, bukan berarti cabai tidak memiliki banyak jenis. Banyak juga lho jenis-jenis sambal yang ada di sekitar kita. Cocok nih untuk jadi referensi teman makan!

Berikut daftarnya!emoticon-Ngacir



1. Sambal Matah


Sumber Gambar

Di daftar pertama ad sambal matah yang berasal dari Bali. Sambal matah berarti sambal mentah. Bahan-bahannya sendiri seperti cabai dan bawang diiris-iris dan tidak digerus, diulek atau ditumbuk. Jadi bisa dibilang ini adalah sambal yang secara fisik masih sangat kasar.

2. Sambal Terasi


Sumber Gambar

Sambal ini adalah sambal yang paling sering ditemukan di rumah makan dan restoran. Sambal terasi memiliki campuran cabai dan juga terasi, yaitu sejenis bumbu padat yang berbahan dasar dari udang rebon. Aroma terasi ini cocok untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.

3. Sambal Petis


Sumber Gambar

Sambal petis adalah sambal yang berasal dari Jawa Timur. Sambal ini memiliki kandungan petis di dalamnya. Petis adalah bumbu yang mirip dengan terasi, bedanya petis terbuat dari kaldu kepala udang dan ikan. Selain itu, petis bertekstur lembek dan tidak keras seperti terasi.

4. Sambal Ijo


Sumber Gambar

Sambal ijo adalah sambal yang biasa ditemui di rumah makan Padang. Sambal ini sendiri biasanya tidak terlalu pedas, bertekstur kasar dan sedikit berminyak. Aroma khas cabai ijo lumayan membuat candu dan membuat ingin nambah terus menerus.

5. Sambal Rumahan


Sumber Gambar

Sambal rumahan bisa dibilang sambal basic yang simpel. Rasanya pun tidak terlalu pedas dan ramah untuk yang tak suka pedas. Ada sedikit rasa manis dan asam dari tomat yang menjadi salah satu bahannya. Selain itu sambal ini juga memakai bawang putih untuk menambah cita rasa.

6. Sambal Dadak


Sumber Gambar

Sambal dadak adalah sambal mentah yang dibuat dadakan. Sambal ini terkenal berasal dari tanah Sunda. Sambal dadak sendiri memiliki rasa yang khas dan terkadang lebih pedas dari sambal biasanya. Sayangnya, sambal ini tidak bertahan lama karena berbahan mentah.

7. Sambal Roa


Sumber Gambar

Sambal roa adalah sambal yang terbuat dari cabai dan ikan roa. Ikan roa ini bisa disuwir dan bisa juga digiling. Sambal yang berasal dari Manado ini memiliki rasa pedas bercampur gurihnya ikan roa yang membuat selera makan langsung naik.

Nah itulah dia beberapa sambal yang ada di Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi sambal yang ada di Indonesia. Namun TS hanya mengambil beberapa yang masih familiar dan tidak terlalu asing.

Kalau di daerah kalian ada sambal apa nih? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
edilokonga503
davianjustice
shinwjy
shinwjy dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.