Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cristal308Avatar border
TS
cristal308
Negara yang pernah menjadi bagian wilayah indonesia di masa lalu



Indonesia ada di urutan ke-15 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.Dengan luas negara 1.905 juta kilometer persegi.Dibawah ini adalah Negara-negara besar yang pernah menjadi bagian wilayah indonesia di masa lalu.

1. Timor Leste (Timor Timur)

Timor Leste adalah nama baru dari Timor Timur. Timor Leste dulunya adalah salah satu bagian dari indonesia.Pada tahun 1999, pada masa Presiden BJ Habibie.Timor Timur melepaskan diri dari Indonesia kemudian mengubah nama menjadi Timor Leste setelah menjadi negara merdeka. 

2. Filipina

Filipina pada masa Kerajaan Majapahit.Menurut ahli sejarah Filipina pernah ditaklukan pada masa Raja Hayam Wuruk,dengan patihnya Gadjah Mada. Raja Hayam Wuruk pada waktu itu
ingin menjadikan Majapahit sebagai kerajaan besar. Wilayah kekuasaan Majapahit meliputi Nusantara, Semenanjung Malaya, hingga Filipina.

3. Singapura

Singapura di masa lampau pernah dikuasai beberapa kerajaan yag ada di indonesia.kerajaan yang sempat menguasainya adalah Sriwijaya sampai akhir abad ke-13 M, Majapahit sampai abad ke-14 M, Ayutthaya-Thailand pada abad ke-15 M dan Kesultanan Malaka hingga pendudukan Portugis 1511 M.

4. Malaysia

Malaysia sempat dikuasai kerajaan Sriwijaya. Penaklukan wilayah Malaysia terjadi pada masa kekuasaan Raja Balaputradewa.

5. Kamboja

Kamboja sempat dikuasai kerajaan Sriwjaya. Catatan diperoleh dari seorang pendeta bernama I Tzing yang sempat singgah di kerajaan tersebut.

6. Brunei Darussalam

wilayah Brunei Darussalam sempat dikuasai kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.bukti Majapahit pernah menguasai Brunei Darussalam.
Tercantum Brunei Darussalam dalam kitab Negarakretagama yang ditulis kerajaan Majapahit pada 1365.
rizkyarif23
3140411
titstutsntots
titstutsntots dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.