Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khubzun.hulwunAvatar border
TS
khubzun.hulwun
Gawat! Harga Minyak Dipaksa Tinggi, BBM di RI Bisa Naik Lagi
Gawat! Harga Minyak Dipaksa Tinggi, BBM di RI Bisa Naik Lagi


Jakarta, CNBC Indonesia - Kelompok produsen minyak mentah dunia, OPEC+, sepakat untuk melakukan pengurangan produksi minyak menth hingga 2 juta barel per hari (bph). Pemangkasan produksi terbesar sejak pandemi Covid-19 ini untuk memacu harga minyak mentah yang saat ini sedang dalam tren menurun.

Pemangkasan produksi minyak mentah itu dinilai akan berdampak pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri. Karena maklum, baru diputuskan untuk memangkas produksi, harga minyak mentah yang tadinya berada dalam level US$ 80-an per barel kini sudah melejit hingga US$ 93,52 untuk minyak mentah jenis Brent.

Pengamat Energi dan Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM), Fahmy Radhi menyebutkan pemangkasan produksi OPEC+ untuk mengurangi suplai di pasar. Sehingga harga minyak dunia akan kembali naik.

"Kalau harga minyak kembali naik, APBN akan kembali membengkak untuk menambah subsidi BBM. Dalam kondisi tersebut, ada kemungkinan Pemerintah akan kembali menaikkan harga BBM," ungkap Fahmy kepada CNBC Indonesia, Kamis (6/10/2022).

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara net importir minyak mentah untuk kebutuhan BBM di dalam negeri mencapai 1,3-an juta barel per hari (bph), sementara produksi di dalam negeri hanya bisa mampu mencapai sekitar 650 ribu bph.

Sehingga, Indonesia harus membeli sisa kebutuhan BBM tersebut dengan harga yang cenderung akan mengalami kenaikan pasca kebijakan OPEC+ memangkas produksi 2 juta barel minyak per hari itu.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro memperkirakan bahwa pemangkasan produksi berpotensi menyeimbangkan harga minyak menjadi lebih tinggi. Maklum, tujuan utama OPEC+ adalah mengoptimalkan penerimaan negara dari sekotr minyak yang selama ini menjadi andalan.

"Bagi Indonesia akan relatif sulit," tandas Komaidi.


https://www.google.com/amp/s/www.cnb...-naik-lagi/amp

pertalite Bakal naik lagi engga nih emoticon-Bingung
pilot2isekai078
pilot2isekai078 memberi reputasi
1
1.1K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.