• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal “Sedulur Papat Limo Pancer”, Filosofi Jawa yang Ada di Film Jagat Arwah

KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Mengenal “Sedulur Papat Limo Pancer”, Filosofi Jawa yang Ada di Film Jagat Arwah
“Manusia tidak pernah lahir sendiri. Selalu ada empat roh lain yang ikut lahir dan menyerupainya wujud manusianya. Mereka yang namanya sedulur papat limo pancer.”

Bagi orang jawa mungkin sudah tidak asing dengan kalimat di atas. Yap, sedulur papat limo pancer merupakan istilah jawa yang dipercayai, bahwa setiap orang lahir didampingi unsur-unsur yang sudah ada sejak dalam kandungan. Semua unsur ini, konon, saling mempengaruhi dalam diri manusia dan menjadikannya satu kesatuan. Singkatnya, masyarakat juga mengenal konsep ini dalam sebutan khodam leluhur, atau pendamping yang berkaitan dengan pelindung gaib.

Deretan kalimat yang terungkap dalam official trailer Jagat Arwah ini, menunjukkan kentalnya nuansa Kejawen dalam film genre horor fantasi keluaran rumah produksi Visinema Pictures ini.



Tapi, sebelum membahas filmnya, Agan Sista ada yang udah tau belum nih apa aja unsur yang membersamai filosofi tersebut? Nah, karena itu yuk kita bahas Agan Sista. Dalam Primbon Jawa, Sedulur Papat Limo Pancer dipercaya sebagai berikut:

Quote:


Konon, sedulur papat limo pancer menjadi teman gaib yang mendampingi dan melindungi ke mana pun kita pergi.

Nah, akan seperti apa filosofi tersebut diceritakan di dalam film jagat arwah? Penasaran siapa pendamping Raga di Jagat Arwah?


Jagat Arwah, film genre horor fantasi pertama besutan Visinema Pictures yang dibintangi deretan aktor dan aktris ternama, seperti Ari Irham, Oka Antara, Sheila Dara, Cinta Laura dan Ganindra Bimo sudah tayang serentak mulai 29 September 2022 di seluruh bioskop di Indonesia.
mamahku13
goeltom25338186
akuntest26
akuntest26 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
7.5K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.