• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Rudal Balistik Korea Utara Terbang Melintasi Jepang, Membuat Suasana Jadi Tegang

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Rudal Balistik Korea Utara Terbang Melintasi Jepang, Membuat Suasana Jadi Tegang
Quote:


Korea Utara kembali berulah, negara yang jadi sekutu Rusia dan China ini telah menembakkan rudal balistik yang melintasi wilayah Jepang, insiden itu terjadi hari Selasa (04/10/2022) pagi waktu setempat. Menurut artikel The War Zone, serangan ini merupakan yang pertama kali sejak lima tahun terakhir. Rudal balistik yang ditembakkan hari ini dilaporkan jatuh di Samudra Pasifik.

Sebelum rudal itu mendarat, pemerintah Jepang telah mengeluarkan peringatan kepada penduduk bahwa sasarannya adalah Hokkaido, dan mendesak orang-orang untuk segera mencari perlindungan. Seperti mengungsi ke ruang bawah tanah. Peluncuran ini menandai yang kelima dalam 10 hari terakhir, rudal tersebut diperkirakan punya jangkauan 4.600 km menurut laporan Reuters.

Banjir tembakan rudal itu terjadi di tengah latihan militer oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan, yang menggelar latihan trilateral anti-kapal selam minggu lalu yang juga melibatkan pasukan angkatan laut Jepang. Di sisi lain kunjungan kapal induk AS USS Ronald Reagan di Busan pada 23 September 2022 lalu dianggap rezim KJU sebagai tindakan mengganggu keamanan.

Quote:


Sementara itu, Korea Utara sering menembakkan rudal ketika pemimpinnya Kim Jong Un gelisah atau ingin perhatian, ini tampaknya menjadi yang pertama kalinya sejak 2017; banyak rudal balistik membanjiri wilayah Jepang. Sebelumnya pada 14 September 2017, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik jarak jauh dengan  peluncuran provokatif di atas Jepang, yang menunjukkan bahwa rudal memiliki jangkauan untuk menghantam wilayah Guam di Samudra Pasifik.

Insiden itu terjadi setelah Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menghantam negara yang semakin terisolasi itu dengan sanksi terberat hingga saat ini. Pada tanggal yang sama, Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak menengah Hwasong-12 yang bisa mencapai ketinggian 800 km dan menempuh jarak total sekitar 2.200 km melintasi pulau Hokkaido, sebelum jatuh ke Samudra Pasifik sekitar 17 menit kemudian.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan pihaknya mendeteksi peluncuran dari Mupyong-ri di provinsi utara Jagang pada pukul 07:23 pagi dan rudal itu terbang melewati Jepang. Tidak ada rincian lebih lanjut dari laporan ini. Korea Utara sendiri meluncurkan satu rudal balistik jarak pendek (SRBM) pada 25 September, lalu dua pada Rabu lalu, dua lagi pada hari berikutnya dan dua pada Sabtu.

Quote:


South Korea’s Ministry of Unification (MOU) sampai saat ini masih mencoba menghubungi Korea Utara terkait peluncuran rudal balistik mereka, tetapi sampai saat ini upaya itu belum berhasil. MOU sendiri dibentuk pada 1969, sebagai badan pemerintah yang bertanggung jawab atas semua masalah yang berkaitan dengan hubungan dan penyatuan dua Korea. Duo Korea mengadakan panggilan telepon dua kali sehari melalui saluran kantor penghubung bersama mereka.

Sementara itu Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) telah mengutuk penembakan rudal balistik oleh Korut, mereka meminta negara itu untuk menahan diri. Mereka kini sedang berdiskusi dengan negara sekutu dan mitra untuk menangkal ancaman rudal balistik tersebut. INDOPACOM membuat pernyataan sebagai berikut: "Meskipun kami telah menilai bahwa peristiwa ini tidak menimbulkan ancaman bagi personel AS, atau wilayah, atau sekutu kami, kami akan terus memantau situasinya. Komitmen AS untuk pertahanan Jepang dan Korea Selatan tetap kuat."

Sementara itu, hari ini AS dan Korea Selatan melakukan latihan pengeboman bersama tak lama setelah rudal balistik Korut melintasi Jepang. AS mengirim 4 F-16 dan Korea Selatan mengirim 4 F-15K. Selama latihan bersama itu, F-15 Korea Selatan meluncurkan dua bom joint direct attack munition (JDAM) terhadap target virtual di Jikdo shooting fielddi Laut Kuning.


----------------




Referensi Tulisan:
Sumber Foto dan Ilustrasi: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 05-10-2022 10:02
salvation101jagotorpedomynameisant
mynameisant dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.9K
66
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.