Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFaries4.0Avatar border
TS
LordFaries4.0
Bonek Gelar Doa Bersama, "Malang Tanah Kejayaan" Terdengar di Surabaya

Judul Asil Kepanjangan: Bonek Mania Gelar Doa Bersama, Anthem "Malang Tanah Kejayaan" Terdengar di Surabaya

Pendukung Persebaya Surabaya, Bonek Mania menggelar doa bersama di Tugu Pahlawan Surabaya, Senin (3/10/2022) malam.

Aksi simpatik ini untuk mendoakan para korban tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang.

Ribuan Bonek dari berbagai komunitas mengikuti kegiatan ini dengan mengenakan baju hitam. Masing-masing tampak menggenggam lilin di tangan mereka.

Selain Bonek, juga terlihat Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, hingga Manajer Persebaya Surabaya, Yahya Alkatiri. Hadir juga salah satu punggawa Bajul Ijo, Muhammad Alwi Slamat.

Sama halnya dengan Bonek, mereka juga menggenggam lilin. Suasana haru pun menyelimuti acara ini.

Selain lilin, beberapa suporter juga membawa poster berisi sejumlah pesan perdamaian. "Tidak Ada Sepakbola Seharga Nyawa", "Kemanusiaan di Atas Segalanya", "Tetap Kuat Arek Malang", dan beberapa pesan lain tertulis pada poster yang mereka bawa.

"Kita di sini untuk mendoakan korban yang ada di Malang. Semoga segala amal kebaikannya diterima Allah SWT," ujar perwakilan Bonek, Husin Ghozali dalam sambutannya yang disambut pekik "Amin" para Bonek.

Koordinator Green Nord ini juga menyampaikan pesan perdamaian. Menurutnya, sudah saatnya seluruh elemen suporter untuk bersatu menjunjung tinggi kemanusiaan.



"Singkirkan rivalitas! Kita di sini (mendoakan Aremania) karena kita satu bangsa, satu NKRI! Salam Satu Nyali!," pekik pria yang akrab disapa Cak Cong ini dengan kembali disambut pekik Wani para Bonek lainnya.

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono pun mendukung semangat arek-arek Surabaya ini. Senada dengan para Bonek, Awi juga menyampaikan doa terbaik bagi para korban.

"Mari kita berdoa, semoga yang meninggal dunia mendapatkan tempat yang paling mulia di sisi Tuhan yang Maha Kuasa. Keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran dan keikhlasan. Serta korban luka-luka juga segera mendapatkan kesembuhan," katanya.

Tidak lama, pembacaan doa lantas dilakukan. Masing-masing khusu' memanjatkan doa.

Acara juga sempat diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Padamu Negeri, hingga Anthem Persebaya Surabaya, Song For Pride. Semakin khidmat saat lilin mulai dinyalakan.

Suasana haru pun menyelimuti acara saat para Bonek menyanyikan lagu Sampai Jumpa. Tak sedikit dari Bonek yang menitikkan air mata saat lagu karya Endang Soekamti ini dinyanyikan.

Menariknya, di momen tersebut juga diperdengarkan anthem yang biasa dinyanyikan Aremania, Malang Tanah Kejayaan. Sekalipun mereka tak hafal lagu, namun Bonek terlihat khidmat saat mendengar kan lagu tersebut.

"Ini sebagai penghormatan kepada para suporter (Aremania). Sebagai suporter (Persebaya), kami kesampingkan rivalitas. Rivalitas hanya 90 menit di lapangan," kata Cak Cong di konfirmasi seusai acara.


"Kepada seluruh suporter di Indonesia, mari kita panjatkan doa bersama. Ini tragedi yang tak boleh terulang kembali," katanya kembali.

Ini merupakan aksi simpatik kesekian yang digelar Bonek Mania. Sehari sebelumnya, mereka juga melakukan Shalat Ghaib untuk mendoakan para korban tragedi yang terjadi pasca pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya ini. (bob)

https://suryamalang.tribunnews.com/a...urabaya?page=2

Luar biasa Bonek, sangat tinggi rasa kemanusiaan dan empatinya, terlepas Bonek dan Aremania adalah rival bebuyutan tetapi tetap menunjukan sikap humanis.

Mirisnya, berbeda dengan beberapa "oknum" "buzzer" yang tak memiliki empati dan patut dipertanyakan sisi kemanusiaannya dalam menghadapi tragedi Kanjuruhan. Memperolok tragedi kemanusiaan yang menyebabkan ratusan nyawa melayang.

Apakah ini kegagalan dari Revolusi Mental?
Diubah oleh LordFaries4.0 03-10-2022 19:24
raptordeltadunn
m.ridho.wirawan
pakisal212
pakisal212 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.