Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Games
  • 9 hal yang perlu kamu ketahui sebelum bermain TOWER OF FANTASY (100+ HR Player)

AdiosTomodachiAvatar border
TS
AdiosTomodachi
9 hal yang perlu kamu ketahui sebelum bermain TOWER OF FANTASY (100+ HR Player)


Introduction

Saya menulis artikel ini dengan bertujuan untuk membagikan tipswalkthrough untuk kalian yang ingin mencoba game MMO buatan Level Infinite. Tower of Fantasy merupakan title yang baru dirilis global dan bisa diakses di PlayStore sekarang juga. Dengan rilisnya ini secara resmi, pasti banyak yang ingin mencoba dan memainkan game ini, terutama karena aspek besar game ini yang mencoba bersaing dengan salah satu game ternama, Genshin Impact.

Berangkat dari latar belakang ini, saya ingin membagikan beberapa hal penting untuk diketahui sebelum mencoba game Tower of Fantasy.

Disclaimer : Informasi yang ditulis pada thread ini adalah murni dari perspektif dan pengalaman penulis yang sudah memainkan game Tower of Fantasy selama +- 100 jam in-game experience. Btw, ini no sponsored article. Hanya ingin berbagi.





1. Customization Character

Aspek besar yang terdapat pada game Tower of Fantasy adalah kemampuan untuk melakukan custom pada main character yang akan kalian gunakan sebagai protagonist. Fitur yang disediakan untuk melakukan custom juga sangat kompleks , dari ukuran kepala, badan, warna baju, warna rambut, jenis pupil, warna pupil, dll (bisa sangat detail tergantung usaha kalian dalam melakukan custom).   

Lebih dari itu, karakter yang kalian gunakan ini pun akan terlihat DAN dianimasikan pada setiap cutscene atau dialog pada cerita sehingga ini merupakan nilai plus terhadap game ini. 




2. Open World MMORPG

Kalau kalian sudah familiar dengan genre MMO, berarti kalian sudah paham jenis game yang akan kalian mainkan. Tower of Fantasy memiliki server yang cukup banyak (10 hari pertama pasca rilis sampai harus mengantre untuk masuk kedalam server). Kemudian, kalau kalian paham genre ini memiliki nilai plus, yaitu ketika bermain MMORPG bersama player lain untuk menyelesaikan dungeon, raid boss, atau world boss. Disini Tower of Fantasy punya fitur yang cukup bagus untuk melakukan auto-match saat ingin menyelesaikan mode yang kalian pilih (dungeon weapon, matrice, gold, etc) dan waktu tunggu terbilang singkat karena playerbasenya cukup besar untuk saat ini. Jadi tidak perlu cemas untuk jumlah besar playerbase pada game ini.



3. Global Server

Server yang tersedia merupakan jenis server global, dimana pemain dari berbagai negara bisa ada dalam satu server. Hal ini sempat bermasalah pada awal rilis dikarenakan pemain yang cukup banyak ingin memainkan Tower of Fantasy sehingga satu server bisa penuh dalam waktu singkat. Namun, untuk sekarang developer cukup cepat mengatasi masalah tersebut dan sekarang jumlah server yang tersedia berjumlah lebih dari cukup.



image by rwndgame youtube channel 



4. Fitur stamina / resin = Vitality

Jadi, untuk melakukan mode-mode dungeon dalam Tower of Fantasy dibutuhkan resources khusus bernama vitality. Ini adalah bentuk "resin" atau "stamina" pada game Tower of Fantasy. Meskipun resource ini memiliki fitur cap maximum, bukan berarti game ini bergantung pada vitality. Dungeon khusus tersebut antara lain memiliki reward equipment, matrice, exp, atau leveling material.

Namun, kalian tetap bisa mendapatkan progress tanpa menggunakan Vitality, karena game ini memiliki cukup banyak mode, dan kalian tetap bisa berkembang dengan cukup baik (story, training, sidequest, bygone phantasm, raid, etc.)



5. Daily Routine

Seperti yang saya sampaikan pada poin nomer 4, game ini memiliki cukup banyak mode sehingga kalian harus bisa melakukan prioritas terhadap apa yang sedang atau ingin kalian kembangkan, apakah fokus kepada progress story, grinding equipment, farming leveling material, exploration, mendapatkan bahan makanan, dan seterusnya. Saya menyediakan panduan singkat untuk kalian yang baru mulai memainkan Tower of Fantasy. Silahkan kalian tonton ya.












6. Unique World and Theme

Tower of Fantasy punya tema dunia cyberpunk / robot / futuristic era yang bisa dibilang berperan besar terhadap berhasilnya game ini. Developer berhasil menciptakan lingkungan yang apik dan menarik sehingga game ini punya identitas yang baik. Desain kota dengan NPC dan aksesoris lain (robot, rumah, arsitektur) menurut saya bekerja sangat baik dan menciptakan tema futuristik yang bisa dipercaya.





Dibawah ini adalah poin yang harus dipertimbangkandalam bermain Tower of Fantasy. Berikut adalah :


7. Pay 2 Win (yep you hear it)

Tl;dr, (saran saya) adalah HINDARI FITUR PVP. 

Tower of Fantasy memiliki fitur summoning / gacha seperti game modern pada umumnya, untuk mendapatkan weapon (beserta SKIN dari pengguna weapon), dan matrice (ini seperti '' artifact '' pada Genshin Impact). Memang, Tower of Fantasy memiliki kelebihan pada system "pity" summoning dibandingkan Hoyoverse, namun hal yang membuat sedih adalah adanya mode Player versus Player / Arena dimana pemain bertarung real time untuk mendapatkan ranking di mode tersebut. Meskipun developer mengatakan bahwa mode PVP memiliki sistem matchmaking yang menyesuaikan combat power antara petarung, pada kenyataannya hal ini sering kali berat sebelah dan selalu mereka yang memiliki senjata yang ''lebih baik'' yang menang dalam arena.




image by rwndgame youtube channel 


8. Overload Content

Entah apakah ini merupakan sebuah nilai positif atau negatif. Namun, poin yang ingin saya sampaikan, Tower of Fantasy punya begitu banyak fitur mode yang bisa dikerjakan atau diselesaikan. SANGAT BANYAK. Dari story mode, ruins, training, world boss, raid boss, equipment dungeon, leveling material dungeon, bla bla bla.

Apalagi sekarang sudah memasuki tahap Tower of Fantasy 1.5 version, dimana ada fitur "home'' yaitu Artificial Island, dan ada tambahan fitur ''weekly raid boss''. Tergantung perspektif kalian memang, tetapi in my opinion, player akan "burn out'' dengan cepat apabila ini terjadi dari awal rilis. Lalu, player butuh konsentrasi dan prioritas kepada mode konten yang ingin / belum dikerjakan tiap minggunya.



9. Strong Enemy / Boss / Mob

Jangan terkejut apabila kalian baru mulai game Tower of Fantasy. Awal-awalnya memang musuh bisa dibilang mudah untuk dikalahkan. Nanti, ketika kalian sudah melalui level 50+ , dan kalian sudah bisa unlock berbagai mode, kalian akan paham dengan apa yang saya sampaikan disini. Bukan hanya AI (artificial intelligent) dari musuh yang cukup "sadis", tetapi musuh didalam game ini terbilang "hardcore" dari segi health, atau segi damage. Ini pun bukan hanya pada mode dungeon, tetapi juga terdapat pada mode story, atau sekedar saat melakukan world exploration. Semoga mindset kalian siap dan akan tertawa dibandingkan dengan musuh pada Genshin Impact (hanya untuk perbandingan, bukannya benci Genshin Impact). 

Kalau penasaran silahkan tonton video dibawah (SPOILER ALERT) untuk melihat pertarungan saya melawan final boss story versi 1.0 Tower of Fantasy.








Rekap penulis, bahwa Tower of Fantasy punya daya tarik cukup besar , seperti menyentuh playerbase genre MMORPG global (sampai dimainkan oleh dewa MMORPG Asmongold), proses perkembangan yang cukup cepat (saat artikel ini ditulis, Tower of Fantasy sudah masuk versi 1.5), banyak fitur gameplay yang tersedia, dan dapat kustomisasi karakter kalian secara gratis. Mengingat pula game ini free to play, semoga playerbase akan tetap bertahan dalam waktu yang lama. Catatan penulis, bahwa elemen Pay to Win digame ini akan cukup berdampak keras apabila pengembang game tidak memberikan solusi lain mengenai hal ini .
( FYI Saya tetap main Tower of Fantasy karena rate gacha yang lebih baik dan luck saya lebih baik disini dibandingkan buatan hoyoverse emoticon-Ngakak (S))





NO PLAGIARISM | NO COPY PASTE | NO REPOST





RATE 5* sangat diapresiasi 





Share / Tweet juga ke saudara atau teman-teman kalian ya jika berkenan.




---------------------------




**Please respect each other. No spamming / kejar posting / SARA / Bully / NO RACISM





Be Nice Person Please



emoticon-Nyepi

sumber : 
1. YouTube
2. 
Pengalaman Pribadi

penulis : Adios

areszzjay
gencoloco
jayay
jayay dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.7K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.