masnukho
TS
masnukho 
Masalah Ini Sering Muncul Dalam Komunitas, Wajib Diselesaikan dengan Kepala Dingin
Seringkali muncul masalah ini dalam berkomunitas, wajib diselesaikan dengan kepala dingin atau akan bubar jalan


Berkomunitas, meskipun dijalani atas dasar kegemaran, hobi, visi misi yang sama dan disetujui oleh semua orang yang tergabung sebagai anggota komunitas tetapi tidak menutup kemungkinan akan muncul masalah entah itu kecil atau besar.

Tentu saja munculnya masalah di dalam komunitas ini sangat wajar terjadi GanSis, sebab untuk menyatukan banyak orang di dalam satu wadah yang sama itu tidak mudah karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu anggota dengan anggota komunitas yang lainnya.

Semakin banyak anggota member di dalam sebuah komunitas maka kemungkinan terjadinya clash antar anggota juga cukup besar GanSis, hanya saja permasalahan atau perselisihan apapun yang ada di dalam sebuah komunitas akan dapat ditenangkan atau diselesaikan jika antar anggota bisa saling memahami, mengalah, dan tidak saling memprovokasi antara dua orang atau lebih yang sedang bersiteru di dalam komunitas tertentu.

Berpikir dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dituntut untuk dapat dilakukan oleh anggota komunitas karena sebelum bergabung di dalam sebuah komunitas maka Agan dan Sista sudah harus bersikap dewasa menghadapi banyak orang.

Lantas permasalahan apa sih yang sering muncul di dalam sebuah komunitas?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Perbedaan Pendapat

Berbeda pendapat antara satu member anggota dengan anggota lainnya seringkali menjadi masalah yang sering terjadi di dalam sebuah komunitas GanSis.
Meskipun sebenarnya perbedaan pendapat itu seharusnya wajar, tetapi saat ada salah satu anggota komunitas yang ngeyel dengan pendapatnya sendiri maka akan membuat geramnya anggota komunitas yang lain.

Jika perbedaan ini dibiarkan begitu saja maka akan membuat perpecahan di dalam berkomunitas.

2. Kesalahpahaman

Menyampaikan sesuatu kepada banyak orang di dalam sebuah komunitas dengan karakter yang berbeda-beda memiliki peluang besar untuk memantik kesalahpahaman GanSis. Daya tangkap setiap satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda dan orang yang daya tangkapnya rendah maka akan lebih besar kemungkinan untuk mereka salah paham.

3. Adu Domba

Adu domba, meskipun ini cukup jarang terjadi tetapi beberapa kali menurut pengalaman TS ada anggota komunitas tertentu yang hobi untuk mengadu domba antar anggota yang lain.

Entah tujuannya hanya untuk membenturkan satu orang dengan orang yang lain atau memang sengaja untuk merusak komunitas orang-orang yang seperti ini sangat perlu untuk diwaspadai.

Bagi leader komunitas harus tegas untuk memberikan peringatan, mengarahkan, atau bahkan juga mengeluarkan jika ada anggota yang keterlaluan dan mengancam keberlangsungan komunitas.



Itulah GanSis beberapa masalah yang sering muncul di dalam berkomunitas dan membuat sebuah perkumpulan hancur berantakan karena antara yang bermusuhan tidak bisa mencari solusi dan jalan keluar terbaik dengan kepala dingin.

Saat Agan dan Sista merasa ada kejanggalan di dalam berkomunitas entah itu hadirnya anggota yang toxic maka kalian bisa mengalah dan tetap berada di dalam komunitas atau keluar untuk mengindari perselisihan atau keributan yang nantinya mengancam keberlangsungan komunitas yang sudah ada.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
satyagilangvoodoo78provocator.3301
provocator.3301 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
7.2K
73
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.