• Beranda
  • ...
  • Movies
  • Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?

harrywjyy
TS
harrywjyy
Perlukah Film G30S PKI Di-remake Agar Lebih Kekinian?

Sumber Gambar

Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI adalah film sejarah yang dibuat pada tahun 1984 dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Film yang berdurasi sekitar 4 jam lebih ini memakan anggaran hingga 800 juta rupiah pada saat itu.

Film ini juga kabarnya selalu diputar setiap tanggal 30 September di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Di saat ini pun, film ini masih suka diputar di televisi nasional walau tidak semua TV.

Namun, apakah film ini masih cocok dengan zaman sekarang ini? Perlukah di-remake supaya lebih cantik?emoticon-Bingung (S)

Sebenarnya wacana tentang remake film ini sudah pernah dibicarakan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. Sejak pernyataannya itu, banyak masukan dan nasihat dari beberapa tokoh mengenai rencana pembuatan film ini. Ada semacam "titipan" yang meminta supaya beberapa hal dari film lama tidak diubah.

Namun, bagaimana kabar rencana remake itu sekarang? emoticon-Bingung (S)

Ya, belum ada kabar lebih lanjut mengenai rencana ini. Tidak pernah terdengar kabar mengenai PH mana yang akan menggarapnya, siapa pemerannya, siapa sutradaranya. Rencana ini pun seakan hilang begitu saja.


Sumber Gambar

Tapi, apakah masih perlu me-remake film ini? emoticon-Bingung (S)

Kalau kalian tanya TS, maka jawabannya adalah perlu. Tapi di sisi lain TS tidak terlalu berharap, kalau tidak jadi juga tidak apa-apa. Mungkin saja jika diperankan oleh aktor-aktor masa kini, banyak anak yang lebih tertarik untuk menonton. Lalu dari segi pace dan tempo cerira mungkin bisa agak dipercepat agar tidak makan durasi ya. Hehe.

Ngomong-ngomong soal durasi, bisa gak ya kalau durasinya dipersingkat gitu?
Menurut kalian, apakah bisa jika film remake nanti (kalau ada) lebih difokuskan sebagai hiburan. Bukan referensi sejarah. Kalau belajar sejarah kan bisa lewat buku yang lebih lengkap.

Semoga kalau ada remake-nya, film ini lebih mengedepankan sisi entertain dan estetikanya. Alur ceritanya mungkin bisa berdasarkan satu perspektif tokoh tertentu supaya lebih seru dan menantang. Tambahkan soundtrack yang menarik, efek-efek yang kece dan juga pergerakan kamera yang variatif supaya gak bosen nontonnya.


Sumber Gambar

Ya biar bagaimanapun film merupakan bagian dari seni, ada sedikit bagian yang rasanya butuh didramatisir supaya lebih seru dan tidak bikin ngantuk ketika ditonton. Apalagi teknologi di perfilman sekarang sudah berkembang.

Kalau kalian memang lebih suka menonton film yang benar-benar membahas sejarah secara keseluruhan, lebih baik tonton saja film lama yang durasinya sampai 4 jam lebih itu. Atau kalau TS boleh menyarankan, coba deh tonton film dokumenter berjudul Jagal dan Senyap yang menceritakan bagaimana kejadian G30S PKI dari sudut pandang yang berbeda.


Sumber Gambar

Film Jagal dan Senyap ini bisa kalian tonton gratis di YouTube ya gan. Dan dua film ini memiliki sisi emosional yang kuat, jauh lebih menarik ketimbang film yang 4 jam itu. emoticon-Ngacir

FYI, film Jagal dan Senyap sempat diputar di Toronto International Film Festival. Dan mendapatkan penghargaan Film Dokumenter Terbaik lho di British Academy Awards dan Television Arts Awards 2013. Bahkan masuk nominasi Academy Awards ke-86. Tapi di negara asalnya Indonesia, film ini dilarang tayang di bioskop.


Sumber Gambar

Ya kesimpulan, menurut TS akan sangat menarik bila film G30S PKI ini dibuat kembali dengan style yang berbeda dengan jalan cerita lebih mengalir dan bisa dinikmati sebagai sebuah karya seni yang menghibur. Bukan referensi sejarah.

Walaupun TS tahu, akan banyak pro dan kontra. Tapi bisalah diakalin, rencana remake ini kalau mau dibahas lebih lanjut pasti ada jalan keluarnya mengenai pro dan kontra yang mungkin nantinya akan muncul di masyarakat.

Penulis naskah, sutradara hingga produser harus tahu detail bagaimana sejarah ini terjadi. Minimalisir campur tangan pemerintah dan tokoh-tokoh tidak penting. Minta pendapat atau nasihat ketika dibutuhkan saja, selebihnya biarkan mereka berkarya dengan bebas.

emoticon-2 Jempol

Warkop aja udah banyak remake-nya, masa yang ini enggak.

Bagaimana menurut kalian, masih perlukah film ini di-remake? Kalau masih, kalian mau remake yang seperti apa? Silakan berkomentar!

Kalau bisa berkomentarlah sebagai penikmat film ya, bukan ahli sejarah! emoticon-Ngacir

Sumber:
Referensi 1
Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 30-09-2022 00:11
sukhoipakfaedilokonga503shinwjy
shinwjy dan 24 lainnya memberi reputasi
25
10.3K
310
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.8KThread17.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.