Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Pertamina Bantah Warna Keruh Bikin Pertalite Boros
Pertamina Bantah Warna Keruh Bikin Pertalite Boros

PT Pertamina (Persero) buka suara terkait su yang beredar di media sosial soal warna BBM pertalite berubah menjadi lebih keruh. PT Pertamina (Persero) buka suara terkait su yang beredar di media sosial soal warna BBM pertalite berubah menjadi lebih keruh. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) buka suara terkait su yang beredar di media sosial soal warna BBM pertalite berubah menjadi lebih keruh. Perubahan warna dituding sebagai biang kerok kualitas pertalite menurun dan boros.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan tidak ada perubahan spesifikasi BBM, baik kandungan maupun warnanya. Ia mengatakan sampel setiap BBM yang akan disalurkan ke SPBU sudah melewati proses pengujian agar standar dan mutunya sesuai dengan yang diatur oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Sampel yang dilakukan di laboratorium itu masih masuk spesifikasi, baik kandungan dan warnanya," ujarnya di Integrated Terminal Pertamina, Jakarta Utara, Selasa (27/9).

Ia mengatakan warna BBM tidak akan berubah bahkan hingga setahun. Selain itu, warna BBM disebutnya tidak berpengaruh pada kualitas BBM sehingga tidak membuat penggunaan BBM menjadi lebih boros.

"Kami tegaskan bahwa warna tidak berimplikasi terhadap performa atau spesifikasi dari BBM itu sendiri. Warna itu hanya sebagai pembeda supaya masyarakat tahu mana yang disebut pertamax, pertalite, dan lain-lain," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Integrated Terminal Pertamina Jakarta Andi Ramadhan menjelaskan Pertamina selalu melakukan pengecekan sampel BBM setelah diterima dari kilang maupun sebelum disalurkan ke SPBU. Ia mengatakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan diterima oleh Pertamina.

"Jadi sebelum kita terima, di kapal dan kilang diperiksa. Kalau off nggak diterima. Tujuh kali (pemeriksaan) dari kapal sama kilang sampai ke sini," ujarnya.

Sebelumnya, media sosial diramaikan perbincangan mengenai warna BBM Pertalite yang keruh. Mengutip CNBC Indonesia, sejumlah akun Facebook membagikan gambar yang menunjukkan perbedaan warna antara pertalite sebelumnya dengan saat ini.

Perubahan warna disebut semakin membuat penggunaan pertalite semakin boros.

SUMURRR

semuanya bahas warna .. ga ada yang mau uji kualitasnya kah. jangan jangan ronnya diturunin atau apa. skrg pake pertamax aja tarikan jd berat banget. ga kek dulu
s.c.a.
nomorelies
ytbjts
ytbjts dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.2K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.