Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diesviAvatar border
TS
diesvi
Harga Minyak Mentah Dunia Turun Drastis, Kenapa Harga BBM Tak Bisa Turun?
Harga minyak mentah dunia saat ini mengalami penurunan yang cukup drastis di level USD80 per barel dari sebelumnya yang sempat menyentuh level USD120 per barel.

Turunnya harga minyak mentah dunia ini apakah juga bisa menurunkan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri?

Menanggapi hal tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ternyata tak mau buru-buru menurunkan harga BBM. Menurut dia, meski harga minyak mentah dunia turun tapi di sisi lain kurs rupiah mengalami pelemahan yang cukup dalam.

"Sekarang kita lihat harga ICP mungkin turun karena brent dan WTI mengalami penurunan. Namun kurs mengalami pelemahan," kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Harga minyak mentah dunia anjlok USD2 per barel pada perdagangan hari Senin, dengan menetap di posisi terendah sembilan bulan.

Dilansir dari CNBC, Selasa (27/9) minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak pengiriman November, patokan internasional, ditutup merosot USD2,09, atau 2,4 persen menjadi USD84,06 per barel, jatuh di bawah level yang dicapai pada 14 Januari.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman November, melorot USD2,06, atau 2,3 persen menjadi USD76,71 per barel, terendah sejak 6 Januari.

Kedua kontrak melesat di awal sesi setelah jatuh sekitar 5 persen pada penutupan Jumat.

Indeks Dolar (Indeks DXY) mencapai level tertinggi dua dekade, menekan permintaan minyak yang dihargai dalam mata uang AS itu. Dampak dolar yang kuat pada harga minyak paling menonjol dalam lebih dari setahun, data Refinitiv Eikon menunjukkan.

"Sulit bagi siapa pun untuk memperkirakan minyak akan pulih setelah greenback semahal ini," kata Bob Yawger, Direktur Mizuho.

https://www.suara.com/bisnis/2022/09...a-turun?page=2
0
888
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.