.Boyo.
TS
.Boyo.
Sejarah Privateer, Sistem Shichibukai Di Dunia Nyata!




Oke kali ini gw mau coba buat thread tentang sejarah, siapa tahu lo pada suka. Bagi penggemar one piece, pastinya lo semua akan paham betul dengan yang namanya Shichibukai.

Buat yang belum tahu intinya begini, bahwa ada bajak laut yang bekerja sama dengan Marinir dan Pemerintah Dunia. Sedangkan dalam anime One Piece ini Shichibukai merupakan salah satu musuh perompak Topi Jerami.





Nah Shichibukai ini inspirasinya dari Privateer, apa sih itu Privateer?

Jadi begini bro, privateer ini beda dengan bajak laut. Kalau bajak laut mereka nyerang, ngerampok, mau kapal, mau sebuah wilayah, yah itu suka-suka mereka. Bahkan nyerang suatu desa lalu dijadikan base camp juga ada. Dan status bajak laut udah pasti kriminal.

Nah, kalau privateer ini kelakuannya sama kayak bajak laut. Tetapi mereka terikat kontrak dengan kerajaan tertentu, jadi mereka ini sengaja diciptakan untuk merampok kapal kerajaan lawan. Jadi kalau mereka menyerang sebuah kapal itu sudah mendapatkan izin dari tempat kerajaan mereka mengabdi.



Bisa dibilang ini kalau zaman sekarang jadi ormas-ormas yang berada dibalik pemerintah, untuk menyerang lawan politik. Intinya yang mengendalikan adalah pihak yang berkuasa dan privateer ini bisa juga dibilang adalah anjing dari pemerintah.

Nah ketika Privateer ingin merampok atau menyerang kapal atau suatu wilayah akan ada surat izin yang bernama letter of marque, yang diterbitkan oleh kerajaan dengan stempel dari laksamana laut kerajaan.



Jadi nanti hasil rampasan akan disita dan dijual oleh kerajaan, lah privaterrnya dapat apa donk?

Nanti privateernya akan kebagian jatah dari perjanjian yang berlaku, jadi tenang saja privateer tetep dapet kok. Kasian juga kan dag nyerang cape-cape, malah amsyong.

Nah negara-negara yang mempunyai privateer di abad 16-18 biasanya kerajaan kuat di daratan eropa, seperti Inggris, Spanyol, Prancis, hingga ottoman.



Dulu antara negara tersebut memang selalu tidak akur, akan ada saja yang namanya perang. Makanya banyak anak dulu itu banyak rezeki, kalau sekarang ya bunuh diri. Biayanya bikin pusing kepala cuy.

Tapi jadi privateer itu jatuhnya outsource bukan PNS, jadi gak ada jaminan uang pensiun. Karena statusnya bukan bagian dari angkatan laut kerajaan.



Nah, Privateer yang terkenal itu beberapa diantaranya Sir Francis Drake dari Inggris. Kalau karakter di one piece menjadi X-Drake.

Lalu ada Miguel Enrique dari Puerto Rico, lalu ada Khairuddin Barbarrosa dari Turki atau Ottoman nah di One Piece ini adalah karakter Hajrudin. Bahkan dikenal sebagai bajak laut muslim sepanjang sejarah.



Apakah perlu kita bahas sejarah Khairuddin Barbarrosa secara mendalam?

Mungkin nanti ya kalau ndak sibuk, oke segitu saja dahulu cerita singkat sejarah privateer semoga dapat berguna buat lo yang suka dengan bajak laut tapi aliansi kerajaan.

Referensi 1, 2
Sumber gambar google


Diubah oleh .Boyo. 27-09-2022 11:57
Kuerangibenche87ichad14
ichad14 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
7.1K
45
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.