valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Anies Turunkan Lagi Target Rumah DP Rp 0 Jadi 9.081 Hingga 2026


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menurunkan lagi target pembangunan hunian rumah DP Rp 0 menjadi 9.081 unit. Ini merupakan kali kedua Anies menurunkan target pembangunan hunian rumah DP Rp 0 dari target semula yang berjumlah 232.214 unit.

Target baru pembangunan hunian rumah DP Rp 0 itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 yang diteken Anies Baswedan pada 10 Juni 2022 lalu.

Dokumen itu awalnya menjelaskan, pemerintah memberikan fasilitas pembiayaan pemilikan rumah melalui program DP Nol rupiah. Perusahaan BUMD, swasta hingga BUMN dibidik sebagai penyedia hunian tersebut.

"Pemerintah mendorong para pelaku pembangunan untuk menyediakan hunian terjangkau dari segi harga jual bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan potensi penyediaan hunian sebanyak 9.081 unit yang dibangun oleh BUMD dan Swasta/BUMN," demikian isi dokumen RPD yang dilihat, Minggu (25/9/2022).

Selanjutnya, dokumen itu menjelaskan, masyarakat yang memenuhi persyaratan mengikuti program DP Rp 0 dapat melakukan kredit/pembiayaan pemilikan rumah di perbankan tanpa uang muka dengan tenor dan bunga kredit/pembiayaan yang terjangkau. RPD itu juga membeberkan penyediaan rumah DP nol yang terkendala penyediaan lahan oleh pelaku pembangunan.

"Namun demikian dalam penyiapan lahan oleh pelaku pembangunan sehingga tahapan proses pembangunan berpotensi mundur. Dengan menimbang status lahan yang sudah clean and clear, diharapkan terjadi akad kredit sebanyak 2 ribu unit," demikian penjelasan dalam RPD 2022-2026.

Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan skema pengadaan lahan melalui sejumlah cara. Di antaranya ialah melalui kewajiban pihak ketiga, kerjasama business to business, BUMN, BUMD, Swasta.

Kemudian penganggaran dana fasilitas pembiayaan pemilikan rumah, kebijakan batasan harga jual rumah untuk masyarakat yang mengakses fasilitas pembiayaan pemilikan rumah, kerjasama dengan bank pelaksana penyaluran kredit/fasilitas pembiayaan pemilikan rumah serta pembentukan BLUD yang bertugas mengelola dana perumahan program DP Nol Rupiah.

Alasan Target Diturunkan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai penurunan target rumah DP Nol menjadi 9.081 unit. Riza menuturkan, target yang tertuang dalam RPD 2022-2026 itu turut mempertimbangkan masa jabatan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies.

"Itu kan harus disesuaikan dengan masa waktu Pj Gubernur. Pj Gubernur itu kan kurang lebih dua tahun kan beda waktu Anies sandi dan Anies sama saya," terang Riza saat ditemui di Perpusnas, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (25/9/2022).

Dua Kali Target Diturunkan
Ini merupakan kali kedua target pembangunan rumah DP Rp 0 diturunkan. Sebelumnya, Pemprov DKI juga merevisi target pembangunan dari 232.214 unit menjadi 10 ribu unit dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI 2017-2022.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko mengatakan usulan revisi target rumah DP Rp 0 itu masih berproses.

"Ini kan masih dalam proses. Kita belum ada keputusan final terkait target RPJMD. Kita usulan di dalam RPJMD untuk penyediaan DP Rp 0 kurang lebih 10 ribu sekian," kata Sarjoko saat ditemui di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

Sarjoko menuturkan pihaknya mempertimbangkan sejumlah faktor mengajukan revisi target pembangunan Rumah DP Rp 0 dalam RPJMD. Salah satunya pandemi COVID-19 membuat realisasi pembangunan hunian itu terkendala.

Di sisi lain, Sarjoko memastikan pembangunan hunian rumah DP Rp 0 terus bergulir. Saat ini, terdapat 2.322 unit hunian DP Rp 0 yang telah terbangun.

Rinciannya ialah 780 unit di Menara Samawa Pondok Kelapa, 38 unit di Bandar Kemayoran, dan 166 unit di Sentraland Cengkareng. Kemudian, 480 unit di Menara Nuansa Pondok Kelapa dan 868 unit di Menara Kanaya Nuansa Cilangkap. Dia berharap ke depan pasar swasta dapat berperan ikut membangun rumah DP Rp 0.

https://news.detik.com/berita/d-6311...81-hingga-2026

Pak anies memang luar biasa.. Satu lagi janji kampanyenya yg terlunasi.. emoticon-Malu (S)





Coba bandingkan ma yg ini.. emoticon-Malu (S)





emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 25-09-2022 07:39
galuhsuda
mahfudz.umri
bukan.bomat
bukan.bomat dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.2K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.