Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • B-2 'Spirit of Georgia' Kembali ke Tempat Kelahirannya Untuk Melakukan Perbaikan

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
B-2 'Spirit of Georgia' Kembali ke Tempat Kelahirannya Untuk Melakukan Perbaikan
Quote:


Pesawat pembom futuristik B-2 Spirit telah tiba di Plant 42 di Palmdale pada 22 September 2022, pesawat tersebut kembali ke tempat di mana dia dilahirkan guna melakukan perbaikan. Setahun yang lalu, pada 14 September 2021; B-2 dengan nomor seri 89-0129 dilaporkan mengalami kecelakaan di Whiteman Air Force Base.

Menurut laporan kecelakaan resmi yang dipublikasikan USAF pada Maret 2022, sepasang pegas di roda pendarat utama sebelah kiri tidak berfungsi sebagaimana mestinya ketika B-2 dengan nomor seri 89-0129 mendarat di Whiteman pada 14 September tahun lalu. Hal itu ditambah dengan kegagalan sistem hidrolik utama, yang telah mendorong awak pesawat pengebom untuk menyatakan darurat dalam penerbangan, roda pendarat utama kiri kemudian tidak berfungsi ketika pesawat mendarat.

Hal tersebut lantas menyebabkan sisi kiri pesawat menabrak landasan pacu dan membuatnya meluncur ke luar menuju rerumputan di dekatnya. Dua pilot yang berada di pesawat pada saat itu untungnya tidak mengalami cidera akibat kecelakaan itu.

Kecelakaan tersebut menyebabkan pintu roda sebelah kiri terlepas serta ditemukan potensi kerusakan struktural sayap kiri internal, yang memerlukan penilaian teknik lebih lanjut. Setelah mendapat perbaikan sementara oleh teknisi USAF, B-2 lalu terbang untuk melakukan perjalanan ke Palmdale menuju fasilitas Northrop Grumman untuk perbaikan lebih lanjut.

Quote:


Sebagai pengingat agan, struktur fisik B-2 mencakup sejumlah material komposit dan bagian luarnya dilapisi lapisan yang sama, komposisinya sangat terklasifikasi dan bisa sangat beracun. Lapisan luar sangat sensitif terhadap faktor lingkungan, apalagi saat pesawat diseret di tanah dalam kecelakaan setahun lalu. Penilaian awal kerusakan mematok tagihan perbaikan sekitar US$10,1 juta.

Secara keseluruhan, meskipun pesawat yang terlibat dalam jenis kecelakaan tertentu biasanya menerima perbaikan awal di lokasi kecelakaan dan kemudian melakukan penerbangan ferry khusus ke lokasi lain untuk pekerjaan pemeliharaan yang lebih signifikan, keseluruhan prosesnya bisa lebih kompleks untuk B-2 yang mendapat julukan Spirit of Georgia tersebut. Masih perlu waktu sebelum pembom kembali ke layanan aktif karena pembuatnya (Northrop Grumman) memberikan perbaikan penting yang dibutuhkan.

B-2 lainnya, nomor seri 88-0332, dijuluki Spirit of Washington, menghabiskan sekitar 18 bulan di Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam. Pesawat tersebut menjalani perbaikan awal setelah mengalami kerusakan parah dalam kebakaran di darat pada Februari 2010, sebelum melakukan penerbangan ferry ke Plant 42 di Palmdale. Pesawat itu baru mulai beroperasi kembali pada Desember 2013, dan butuh waktu 3 tahun dan 9 bulan untuk mengembalikan pesawat ke layanan aktif.

Quote:


Tidak diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan Spirit of Georgia kembali ke jalur penerbangan di Whiteman. Tetapi fakta bahwa pembom setidaknya dapat melakukan penerbangan ke Plant 42 dalam waktu sekitar satu tahun dari kecelakaan awal, setidaknya merupakan tanda positif. Ini juga berfungsi sebagai bukti daya tahan badan pesawat B-2 yang benar-benar canggih saat diproduksi dan dedikasi semua orang yang memungkinkan penerbangan ini.

USAF saat ini hanya memiliki 20 B-2 secara total, tetapi armada kecil adalah komponen kunci dari triad nuklir Amerika dan pesawat pembom juga secara unik mampu melakukan operasi serangan konvensional jarak jauh di lingkungan yang berpotensi berisiko tinggi. Sementara itu, USAF juga sudah menyiapkan pengganti B-2 Spirit; yang dikenal sebagai B-21 Raider dan akan memulai debut publik pertama pada Desember tahun ini.



--------------



Referensi Tulisan: TheDrive.com
Sumber Foto: Tom Jordan & USAF
jlamp
69banditos
mynameisant
mynameisant dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.7K
49
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.