• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Tak Ada Jembatan Penghubung Jawa dan Bali? Ternyata Ini Alasannya

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Kenapa Tak Ada Jembatan Penghubung Jawa dan Bali? Ternyata Ini Alasannya
Kenapa Tak Ada Jembatan Penghubung Jawa dan Bali? Ternyata Ini Alasannya


Ilustrasi (Foto: Broonet)

KENAPA tak ada jembatan penghubung Jawa ke Bali akan dibahas pada artikel kali ini. Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara.
Sayangnya, untuk menuju ke Pulau Bali hanya ada dua jalur, yaitu jalur udara dan laut. Sementara jalur darat belum dibuat oleh pemerintah.
Kabarnya, rencana pembuatan jalur darat dari Jawa ke Bali mendapat penolakan dari masyarakat asli Bali. Lantas, apa mengapa tidak ada jembatan dari Jawa ke Bali? berikut penjelasannya.
Pemerintah Indonesia sudah sejak tahun 1960-an ingin membangun tol bebas hambatan dari Merak, Banten, hingga Pulau Bali.
Usulan tersebut berasal dari mendiang Profesor Dr Ir Sedyatmo, guru besar ITB, yang terkenal dengan konstruksi cakar ayam.



Usulan tersebut tadinya akan diberi nama Tri Nusa Bima Sakti yang akan menghubungkan tiga pulau, yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Bali. Sayangnya, ide brilian itu kandas lantaran menuai banyak tentangan dari berbagai pihak.
Pada 2012 silam, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengusulkan untuk membangun jembatan Selat Bali dengan panjang 39 km. Tujuannya dibangunnya jembatan ini adalah untuk memperlancar laju ekonomi masyarakat.
Sayangnya, usulan tersebut kembali ditolak oleh masyarakat Bali. Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jembrana turut mendukung penolakan tersebut.


Penolakan dibangunnya jembatan penghubung Jawa-Bali adalah karena keterkaitannya dengan mitologi yang dipercayai masyarakat Bali.

Masyarakat Bali yang sangat menghormati sejarah, tradisi, dan mitologinya mempercayai jika dulunya Sang Dang Hyang Sidhimantra sengaja memisahkan Jawa-Bali agar pulau Bali terhindar dari hal-hal negatif dan kebudayaannya tetap terjaga.
Merujuk pada konstruksi jembatan yang nantinya akan lebih tinggi karena ombak di selat Bali cukup besar dan tinggi, masyarakat Bali meyakini jika bangunan yang dibangun tidak boleh lebih tinggi dari Padmasana, yaitu tempat sembahyang atau menaruh sesaji bagi umat Hindu.

Di luar hal tersebut, Pemerintah Bali juga menyebutkan jika proyek jembatan tersebut berpotensi menaikkan jumlah pendatang ke Pulau Bali.
Bukan tidak mungkin jika nantinya Pulau Bali akan padat penduduk dan kejahatan atau angka kriminal akan meningkat. Jadi itulah hal-hal yang jadi pemicu mengapa pembangunan jembatan penghubung Pulau Jawa dan Bali sulit terwujud.

https://travel.okezone.com/read/2022...ini-alasannya
pakisal212
goal481
bukan.bomat
bukan.bomat dan 12 lainnya memberi reputasi
13
6.6K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.