Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus.infoforumAvatar border
TS
kaskus.infoforum
NFT, Dari Sekedar Hobi Sampai Berujung Cuan


Awal tahun 2022 ini, istilah NFT di Indonesia terdengar cukup ‘nyaring’ di telinga penggiat industri kreatif dan teknologi. Bermacam pengetahuan soal NFT makin banyak diulas oleh berbagai media. Secara umum
NFT atau Non-Fungible Token memiliki pengertian aset digital dengan metadata unik yang dilampirkan pada token. Transaksinya akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT. 

NFT juga sering dianggap sebagai milik pribadi yang tidak berwujud, karena berbentuk aset digital. Biasanya NFT melekat dengan karya seni atau game, namun sebenarnya sebuah dokumen bisa menjadi sebuah NFT. Tapi perlu Agan Sista ketahui, NFT sendiri tidak bisa eksis di luar ekosistem blockchain, artinya mata uang yang digunakan harus kripto. 

Penggiat seni di Indonesia mulai tampak berbondong-bondong menciptakan NFT mereka. Beberapa yang booming bahkan hingga ke luar Indonesia diantaranya yaitu Karafuru. Karafuru NFT merupakan garapan dari Museum of Toys, Urban Sneaker Society Dyang Menjaka yang berkolaborasi dengan seniman lokal Indonesia bernama Willy WD. Menurut laporan Finfolk Money, transaksinya mencapai Rp 1 triliun dan telah mendunia.

Contoh lain dari NFT yang berhasil dari seniman Indonesia adalah kolektif ilustrator komik Tahilalats yang meluncurkan project NFT global bernama Mindblowon Universe. Tahilalats berhasil menjual jutaan NFT hanya dalam waktu yang singkat, gokil sih. Nggak cuma itu, Mindblowon Universe sendiri telah diprediksi akan menjadi bisnis NFT terbesar se-Asia.

Dibalik kesuksesan NFT project diatas, terdapat Arktivak sebagai partner Web3 dan IP developer mereka. Arktivak sendiri di gagas oleh anak muda bertalenta seperti Nick Yudha selaku co-founder & CEO,  Brandon salim co-founder & CMO dan lainnya. Keberhasilan sebuah NFT tentunya tak terlepas dari komunitas serta ekosistem NFT sendiri. 

Di bulan Oktober mendatang, tepatnya tanggal 7 Oktober 2022 jam 13.30 di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Nick Yudha, Brandon Salimdan Dennis Adhiswara, aktor dan juga NFT enthusiast akan diskusi dalam topik ‘A to Z about NFTdi acara konferensi ICON 2022 dari GDP Venture. Sesi ini akan dipandu oleh Ronen Mense, President & Managing Director APAC, AppsFlyer. 

Tak hanya topik tentang NFT, pada konferensi yang akan diadakan selama 2 hari, 6-7 Oktober di Ritz Carlton Pacific Place ini akan membahas bagaimana menjalankan bisnis maupun gaya hidup dengan banyaknya perubahan baru setelah pandemi. Puluhan pembicara akan hadir untuk membahas topik-topik terkini seperti Web 3.0, NFT, Creating IP, Content Entertainment dan lainnya.  Pantau terus informasi terkait konferensi ICON2022, di website https://www.gdpventureicon.com/.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Diubah oleh kaskus.infoforum 21-09-2022 07:53
pard0
pard0 memberi reputasi
1
1.9K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.