• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Truk Odol Sulit Diberantas, Ternyata Ini Biang Keladinya (Buat Sangsi Jera Aja, Pak!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Truk Odol Sulit Diberantas, Ternyata Ini Biang Keladinya (Buat Sangsi Jera Aja, Pak!)


Jika bertemu kendaraan besar macam truk bagi kendaraan lebih kecil sebaiknya memang menjauh atau tetap menjaga jarak diluar blindspottruk, selain itu truk yang sedang muat penuh barang juga rawan rem blong.

Odol atau Over Dimension Overload seringkali ditemukan pada truk mengangkut barang yang melebihi kapasitas angkut dari semestinya karena sering tidak sesuai dengan desain pabrikan dan tidak sesuai dengan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB). Agar truk bisa beroperasi dan memiliki STNK maka setiap truk salah satunya sudah harus lulus seleksi design bak yang diatur dalam SKRB tadi.



Secara konsep design pada lebar dan tinggi bak sebetulnya sudah diatur, sangat diperhitungkan oleh pabrikan karena berhubungan tentang faktor keselamatan, kekuatan sasis dan berkaitan dengan kerja rem dan kopling. Tapi menurut sumber yang saya baca ternyata ada perusahaan karoseri sebagai pembuat bak truk seringkali membuat bak dan rangka tidak sesuai dengan konsep pabrik diawal.



Sebagai pemegang keputusan dan pemerhati kelayakan moda truk, pemerintah khususnya Dinas Perhubungan Darat seperti 'dikibulin' karena rancangan desain bak yang pihak karoseri ajukan seringkali hasil jadinya beda, cenderung melebihi batas.

Bak yang karoseri buat biasanya berdasarkan tuntutan pesanan pemilik truk dengan alasan bak yang lebih tinggi dan panjang akan mengangkut barang lebih banyak. Sebuah dilema bagi perusahaan karoseri karena jika menolak akan kehilangan pelanggan, akhirnya masih ada beberapa truk ditemukan menggunakan ukuran bak tidak sesuai peruntukkannya.



Wah, berarti tindakan dan hukuman bagi truk odol belum bisa memberantas sampai keakarnya karena pasti ada pihak atau oknum yang bermain sehingga karoseri tetap bisa memproduksi dan lolos uji kelayakan truk angkutan yang tidak semestinya.

Menurut hemat saya tentu penindakan tegas dan sangsi jera harus diterapkan juga ke perusahaan karoseri yang nakal, bukan hanya pemilik truk yang selama ini berjalan. Persulit perpanjang izin usahanya dan kalau perlu tutup perusahaannya karena dampaknya merugikan banyak korban manusia dan merusak fasilitas umum jalan raya. Setuju?




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 19-09-2022 11:39
siloh
septcember
thecrawler
thecrawler dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.6K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.