• Beranda
  • ...
  • Medan
  • Sensasi Pisang, Coklat dan Kopi dalam Satu Cangkir

medtopAvatar border
TS
medtop
Sensasi Pisang, Coklat dan Kopi dalam Satu Cangkir

Medan Top - Pecinta kopi tentunya mempunyai minuman kopi favoritnya. Tapi pernahkah terbayang kalau minum kopi, coklat dan pisang dalam satu gelas ? Itulah cita rasa khas yang diunggulkan di Kocoba Cafe.

Pandemi COVID-19 berdampak kepada seluruh sektor, tak terkecuali bisnis kuliner. Namun disaat itu pula Danil Tumanggor membuka Kocoba Coffee Shop di Jalan Besar Tembung, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Ada sejak dua bulan terakhir, Kocoba pun menarik hati pelanggan dengan minuman unggulannya.


Kocoba merupakan singkatan dari Kopi Coklat Banana, sesuai namanya Kocoba memang mengakumulasikan ketiga rasa tersebut dalam satu cangkir. Penyajiannya pun terserah dari pengunjung, bisa disajikan panas maupun dengan tambahan es untuk pecinta minuman dingin.

Untuk pemasaran, Danil memanfaatkan media sosial dan ojek online untuk produknya.



“Yang pertama kita sebagai pebisnis harus bisa beradaptasi dengan penggunaan teknologi dan internet dalam memasarkan produk kita. Jadi tidak tergantung dengan konsumen yang datang ke tempat usaha kita,” ujarnya.

Lanjutnya menjelaskan, pelaku usaha harus memanfaatkan platform-platform digital seperti mendaftarkan tempat usahanya ke layanan delivery makanan. Dan juga ke media sosial, seperti Instagram, Facebook. Ini sebagai opsi untuk memasarkan produk dengan mudah dan juga efektif.











Selain itu, untuk awal dimulainya usaha, dia memasarkannya kepada kerabat dan juga keluarga terdekat.


“Di tengah pandemi seperti ini, menurut saya pelaku usaha kuliner harus dan sangat penting memperhatikan kebersihan. Karena ini yang sangat dibutuhkan konsumen di tengah pandemi seperti saat ini,” jelas Danil.



Danil juga mengungkapkan, usahanya bisa tetap jalan lantaran dia menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya. Seperti menjaga kebersihan dapur, dan properti yang ada di cafe. Dia mengaku, di masa Covid-19 saat ini dia bisa mendapatkan keuntungan omset Rp 1,5 juta perhari di hari biasa. Dan bisa meraup Rp 3 jutaan di hari weekend.


“Saya berpesan untuk pengusaha yang baru memulai bisnis seperti saya, agar memahami konsep bisnis yang benar. Agar usahanya tidak mudah gulung tikar, dan harus bermental kuat melihat kondisi saat ini merupakan tantangan, bukan hambatan,” pungkasnya.

0
845
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medan
MedanKASKUS Official
499Thread998Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.