Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fak.yu.Avatar border
TS
fak.yu.
5 Fakta Soal Anies Baswedan yang Akhirnya Siap Maju Capres 2024
5 Fakta Soal Anies Baswedan yang Akhirnya Siap Maju Capres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menghadiri acara Kongres dan Musyawarah Nasional Badan Koordinasi Pendidikan Al-Quran dan Keluarga Sakinah Indonesia (BK Paksi) di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, 16 September 2022. TEMPO/Lani Diana


TEMPO.CO, Singapura -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyatakan siap maju menjadi calon presiden (capres 2024) dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut dia ungkapkan dalam sesi wawancara bersama media berita internasional Reuters di Singapura. “Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya,” katanya, Kamis, 15 September 2022.

Anies menyebut nihilnya kendaraan politik membuatnya memiliki ruang komunikasi dengan semua partai politik. Menurutnya, hasil survei yang kerap memposisikan namanya dalam tiga besar capres 2024 memberikan kredibilitas lebih.

5 Fakta

Berikut lima fakta menarik seputar Anies Baswedan yang menyatakan siap maju capres 2024:

1. Elektabilitas Anies Konsisten di Tiga Besar
Sejumlah hasil survei menunjukkan bahwa elektabilitas Anies konsisten di tiga besar, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. Teranyar, lembaga survei Indo Riset menemukan bahwa elektabilitas Ganjar sebesar 23,2 persen; elektabilitas Prabowo 20,6 persen; dan elektabilitas Anies sebesar 15,6 persen. Menurut Anies, hal ini memberikan kredibilitas lebih baginya.

2. Partai NasDem Siap Mengusung Anies
Menanggapi kesiapan Anies maju sebagai Capres 2024, Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali menegaskan bahwa Gubernur DKI Jakarta itu memang sudah digandeng NasDem. Selain Anies, dua nama lainnya adalah Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. Ketiganya diumumkan langsung oleh ketua umum, Surya Paloh, dalam forum rapat kerja nasional (rakernas) pada medio Juni lalu.

3. Satu-satunya Figur Non Partai yang Potensial Maju Pilpres 2024
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai Anies Baswedan satu-satunya figur non partai yang potensial maju Pilpres 2024. Menurutnya, partai yang ingin melawan PDI Perjuangan akan tertarik mengusung Anies sebagai capres. “Tak heran kalau PKS dan Demokrat gerak cepat merapat ke NasDem,” katanya, Senin, 27 Juni 2022.

4. Aura Kebintangan Memudar ketika Tidak Lagi Menjabat Gubernur
Adi Prayitno juga membeberkan sejumlah tantangan Anies Baswedan jika ingin maju di Pilpres 2024. Salah satunya dia melihat tantangan besar yang harus dihadapi Anies saat tidak lagi menjabat Gubernur DKI Jakarta. “Ada kecenderungan orang yang tak lagi menjabat, aura kebintangannya memudar. Di sinilah letak perjudian anies yang sesungguhnya,” ujarnya.

5. Kepada Wartawan Indonesia, Anies Tidak Berani Menyatakan Siap Nyapres
Sebagaimana diketahui sebelumnya, pernyataan Anies siap maju sebagai Capres 2024 diungkapkan kepada Reuters yang notabene merupakan portal berita yang berbasis di London, UK. Sementara kepada wartawan Indonesia, Anies Baswedan hanya mengacungkan jempol tangannya sembari tersenyum saat ditanya kesiapannya sebagai capres 2024. 


https://nasional.tempo.co/read/16352...ju-capres-2024



bengukrawe
galuhsuda
Exorcizm
Exorcizm dan 7 lainnya memberi reputasi
-4
1.4K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.