perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Menkominfo: PSE Wajib Pastikan Keamanan Data di Sistem Masing-masing
Menkominfo: PSE Wajib Pastikan Keamanan Data di Sistem Masing-masing



Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut terjadi serangan siber terhadap keamanan data penyelenggara sistem elektronik (PSE). Karena itu, Johnny meminta PSE melindungi data yang dimiliki.

"Saat ini saya juga menyampaikan bahwa serangan-serangan siber juga dilakukan terhadap sistem elektronik privat. Karenanya, kepada penyelenggara sistem elektronik privat, diminta agar betul-betul memastikan keamanan-keamanan data di sistemnya masing-masing," kata Plate di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022).

Plate mengatakan memastikan keamanan data merupakan kewajiban para penyelenggara PSE. Dia meminta agar teknologi PSE terus diperbaiki dengan melibatkan tenaga ahli.


"Karena itu adalah kewajibannya, memastikan teknologinya terus di-update, ditingkatkan, memastikan tata kelola dan sistem manajemennya terus diperbaiki dengan melibatkan tenaga-tenaga yang ahli, memastikan sumber daya manusia teknologi digital dan enkripsi itu betul-betul kuat dan memadai," jelas dia.

Dia juga menyarankan kepada PSE privat untuk berkomunikasi dengan pemerintah apabila ada dugaan upaya pembocoran data untuk mendapat masukan terkait perlindungan data pribadi masyarakat.


"Berkomunikasi dengan pemerintah untuk membantu apabila ada dugaan-dugaan, berkomunikasi dengan pemerintah untuk mendapat masukan dan input sehingga bisa menjaga sistem elektronik dengan baik dan dapat melaksanakan kewajibannya untuk memberikan perlindungan terhadap data pribadi masyarakat yang ada pada data sistem elektronik nya masing-masing," kata dia.


link

PSE Wajib Pastikan Keamanan Data di Sistem Masing-masing gan
Diubah oleh perojolan13 16-09-2022 05:46
Verial
Verial memberi reputasi
1
1.3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.