beergembira.Avatar border
TS
beergembira.
Mengenal Tipe-tipe Helm untuk Pengendara Motor
Helm adalah salah satu perlengkapan yang digunakan untuk melindungi kepala manusia saat beraktivitas. Ada helm untuk proyek, untuk bersepeda, untuk motor, hingga untuk balap mobil. Nah, yang bakal gue bahas di sini adalah helm untuk untuk pengendara motor.

i.pinimg.com

Secara umum, masyarakat biasanya mengenal dua tipe helm motor; full face dan half face. Tapi, sebenarnya masih ada tipe lain berdasarkan fungsinya. Biar lebih lengkap, nih gue jelaskan di bawah aja ya.

1. Helm Full Face


https://cdn.motor1.com/images/mgl/Mk...--off-bike.jpg

Helm ini dinilai sebagai helm yang paling aman untuk pengendara motor reguler. Dengan perlindungan menyeluruh meliputi kepala, wajah, termasuk bagian dagu. Bagian visor untuk melindungi wajah dan penglihatan tersedia dalam berbagai varian, ada yang gelap dan bening. Ada juga yang photochromic alias bisa otomatis berubah menggelap jika terkena sinar matahari.

2. Helm Open Face


https://www.24helmets.de/media/image...lm-mit-ece.jpg

Sesuai namanya, helm ini menutupi kepala namun terdapat bukaan di bagian wajah. Ada yang dilengkapi visor, ada juga yang tanpa visor. Helm ini tidak memiliki perlindungan di bagian dagu seperti helm full face.

3. Helm Modular


https://womenridersnow.com/wp-conten...G_4916crop.jpg

Mirip dengan helm full face, hanya saja bagian dagunya dapat dilepas atau diflip ke atas sehingga tampilannya seperti helm open face. Makanya ada juga yang menyebutnya helm ‘flip-up’. Mudah disesuaikan, untuk perjalanan jarak jauh, bisa digunakan mode full face. Sedangkan saat menempuh jarak dekat, bisa pilih mode open face. Kekurangannya, helm ini memiliki berat yang lebih dibandingkan jenis helm lain karena fitur buka-tutupnya itu.

4. Helm Half Face


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...Zd7Sg&usqp=CAU

Helm ini hanya melindungi bagian atas dan belakang kepala. Bagian depan (wajah) tidak disertai perlindungan apapun. Gak dilengkapi visor ataupun face shield. Mirip helm proyek atau helm militer, cuma modelnya aja lebih stylish dan disertai cushion (isian busa) agar lebih empuk dan nyaman. Paling kalo mau melindungi mata dari angin dan debu, ya pakai kaca mata atau goggles aja. Jaman dulu, helm ini banyak digunakan oleh para pemotor. Tapi, makin ke sini, pengetahuan dan kesadaran orang-orang seputar keamanan berkendara makin meningkat dan helm seperti ini dianggap tidak memenuhi standar keamanan. Kayaknya buat foto-foto atau gaya-gayaan aja emoticon-Stick Out Tongue

5. Helm Motocross


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...9UvMA&usqp=CAU

Helm ini didesain khusus untuk kegiatan motocross. Desainnya mirip full face, namun dengan tambahan sun peak biar mata gak silau sekaligus melindungi area wajah dari serpihan pepohonan yang mungkin jatuh saat riding di tengah hutan. Helm motocross juga umumnya gak dilengkapi visor untuk meningkatkan sirkulasi udara karena kegiatan motocross umumnya dilakukan di tempat dengan cuaca panas. Kalo mau meningkatkan perlindungan di area wajah, solusinya ya goggles. Namanya juga helm motocross, jadi bukan untuk digunakan di jalan raya biasa. Sun peak-nya yang panjang bisa membuat helm terangkat angin ketika berkendara di jalan raya dengan kecepatan tinggi.

6. Helm Dual Sport


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...iH99A&usqp=CAU

Yang ini adalah helm perpaduan full face dan motocross. Desainnya mirip full face, tapi dengan tambahan sun peak untuk melindungi penglihatan dari sinar matahari biar gak silau. Sun peak helm dual sport lebih pendek dari sun peak untuk helm motocross sehingga masih bisa digunakan di jalan raya biasa. Helm ini juga dilengkapi visor seperti full face pada umumnya.

7. Smart Helmet


https://sc01.alicdn.com/kf/HTB17jVuP...Xq6xXFXXX2.jpg

Di era digital, kayaknya ada banyak benda yang dirancang untuk smart. Bukan hanya handphone, TV, lampu, atau peralatan elektronik aja. Helm pun ada yang versi smart. Bentuknya gak jauh beda dengan helm full face biasa, namun dilengkapi panel bluetooth, bulit-in microphone, built-in speaker, GPS, camera, dan seabrek kecanggihan lainnya untuk mendukung kegiatan riding.

Buat yang belum tahu, sun peak dan visor, ini fotonya ya:
Konten Sensitif
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...j7m4A&usqp=CAU
Jadi sun peak itu semacam 'atap' di helm untuk melindungi mata dan wajah dari debu, dedaunan/ranting kering yang terbang, dan sinar matahari (biar gak silau). Sedangkan visor adalah penghalang berupa kaca/plastik bening yang berfungsi untuk melindung mata dan wajah.

Dalam referensi lain, helm-helm yang gue sebutkan di atas mungkin memiliki nama/istilah lain, tapi sebetulnya bentuknya ya itu-itu aja, gak beda jauh. Lalu, helm mana yang paling bagus? Tentu saja tergantung kebutuhan, kondisi lingkungan, hingga faktor fisik penggunanya sendiri. Karena fisik manusia berbeda-beda. Jadi, helm yang menurut seseorang terasa nyaman dan pas, bisa jadi terasa panas dan sesak buat orang lain. Silakan pelajari dahulu perbedaan serta plus-minusnya setiap jenis/merek helm. Jangan asal gaya-gayaan doang.

Jangan lupa pastikan motor lo pun dalam kondisi oke. Mesin dan parts gak ada yang bermasalah, body gak dekil, pakai BBM yang sesuai jenis motor, dan oli udah diganti rutin. Lo bisa pilih oli ester kalo mau lebih tahan lama dan tarikan mesin lebih ringan. Contohnya kayak oli X-Ten yang ada di bengkel Planet Ban. Mulai dari 40 ribuan udah bisa dapat oli ester plus free biaya ganti di Planet Ban. Mau sekalian service motor pun bisa, biar performa motor tetap mantap.

Kan gak lucu kalo helm-nya udah keren dan sesuai standar safety, tapi ternyata motornya bermasalah emoticon-Hammer, wkwkwk.

Lo sendiri punya helm yang mana aja, gan? Apakah lo senang mengkoleksi helm berbagai jenis atau cukup untuk dipakai sehari-hari aja?
emoticon-Shakehand2

Sumber:
1. https://www.motorcyclelegalfoundatio...cycle-helmets/
2. https://www.fodsports.com/blog/diffe...cycle-helmets/
3. https://begin-motorcycling.co.uk/typ...cycle-helmets/
4. https://fortnine.ca/en/types-of-motorcycle-helmets


Diubah oleh beergembira. 29-09-2022 07:54
nite.hime
variolikes
panjiam06
panjiam06 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.4K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.