kuncipengamanAvatar border
TS
kuncipengaman
Eksotisme Gua Pindul Yogyakarta Istimewa
Jogja memang punya beragam destinasi wisata yang sangat menarik perhatian. Dari yang biasa hingga luar biasa, Jogja punya. Makin ke sini begitu banyak objek wisata baru bikin kepo para wisatawan. Mulai dari pantai, area permainan dan edukasi serta beragam wisata menarik unik tak kalah menhebohkan dunia pariwisata.
Salah satu yang tentunya pernah Kamu dengar adalah Wisata Gua Pindul. Pernah ke sana? Baru berangan-angan saja? Atau sedang merencanakan liburan ke Gua Pindul nan menawan hati ini?

Yang suka agak-agak uji nyali gitu ya, pastinya suka banget ke Gua Pindul. Memang dibutuhkan keberanian dan harus mau basah-basah deh kalau ke sana. Penyuka telusur gua pasti suka dengan Gua Pindul yang terkenal dengan cave tubing.

 

Apa itu cave tubing?

Menelusuri gua dengan cara tak biasa memang dilakukan di Gua Pindul. Istilahnya cave tubing. Karena cara menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, Gimana, bikin kepo banget, kan?

Dengan cave tubing dan pemandangan yang tak kalah kecenya. Buat Kamu yang belum pernah sekalipun ke sini, tentunya pingin tahu dong bagaimana, medan menuju ke area wisata juga seperti apa? Eh tapi, sebelum tahu rutenya, ada yang penasaran nggak kenapa dikasih nama Gua Pindul?

 

Kisah dibalik nama Gua Pindul

Setiap nama pasti punya kisah yang melatarbelakanginya. Alkisah tentang  Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan. Keduanya adalah utusan dari Panembahan Senopati. Yang diminta untuk membunuh bayi perempuan dari putri Panembahan Senopati.

Singkat cerita, keduanya memutuskan untuk tidak membunuh bayi tersebut. Perjalanan menuju ke timur akhirnya dilaluinya. Yaitu Gunungkidul. Bayi yang terus menangis membuat keduanya ingin memandikan bayi.

Ki Juru Mertani manaiki sebuah bukit lalu menginjak tanah di puncak bukit. Karena kesaktiannya bukit itu runtuh. Lalu muncullah sebuah lubang besar dengan aliran air di bawahnya. Bayi itu kemudian dimandikan di gua dalam lubang. Tanpa sengaja saat dimandikan tersebut, bayi terbentur kepalanya.

Nah, karena terbentur inilah, yang dalam bahasa Jawa disebut kebendul. Dari asal muasal inilah maka gua tersebut kemudian dinamakan Gua Pindul atau Pipi Kebendul.

 

Dimana Lolasi Gua Pindul?

Tak pakai ribet kok kalau menuju lokasi wisatanya. Terletak di Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Lalu sama Wonosari-nya berapa kilo ya kira-kira? Nah, jaraknya hanya sekitar 7 kilometer saja. Sangat dekat, bukan?

 

Rute ke lokasi Gua Pindul

Dari google map langsung bisa ditemukan Gua Pindul ini. Yang menggunakan jasa wisata, yakin banget semuanya sudah tahu dimana letak Gua Pindul. Tapi tak ada salahnya apabila melalui Yogyakarta, rutenya bisa ambil di bawah ini.

Dari Yogyakarta - Jalan Raya Wonosari - Piyungan - Bukit Patuk - Jalan Raya Wonosari -  Lapangan Gading - Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri - Bundaran Siyono, silakan ambil ke kiri - Perempatan lampu merah lurus - Ada pertigaan dengan gerbang Desa Bejiharjo ke kiri - Ikuti jalan aspal – Gua Pindul.

 

Cave Tubing Gua Pindul

Yang ngetrend di Gua Pindul adalah cave tubing. Dengan kedalaman yang lumayan sekitar 5 hingg 12 meter dan panjang 350 meter. Lebar sekitar 5 meteran. Jarak atap gua dengan permukaan airnya sekitar 4 meter. Dengan persiapan yang tentunya sudah ada di sana cave tubing ini sangat menyenangkan. Waktu yang digunakan untuk melintasinya kurang lebih 45 menit.

Pemandangan Gua Pindul yang sangat menakjuhbkan akan membuatmu kerasan selama dalam telusur gua ini. Mau ambil foto, bisa banget. Silakan selfie ataupun rame-rame sepuasnya.

 

Tips Wisata ke Gua pindul

            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meluncur ke sana. Nggak perlu ribet dan rempong. Hanya saja, cek dulu yang di bawah ini, ya:

1.      Bagi yang belum pernah ke sana, silakan gugling dulu lokasinya dengan jelas. Sehingga nggak ada kisah nyasar ataupun malah bingung saat di jalan. Kalau perlu hubungi kontak resminya untuk reservasi dulu.

2.      Apabila reservasi, saat hari yang telah ditentukan silakan konfirmasi terlebih dahulu. Sehingga tidak terjadi kesalahan, kesalahpahaman ataupun hal-hal yang tak penting karena komunikasi keliru.

3.      Apabila menggunakan kendaraan pribadi, cek dulu kesehatan kendaraannya ya. Tahum kan, perjalanannya memang lumayan dengan medan yang meliuk dan naik turun.

4.      Tak perlu bingung dengan banyaknya keterangan Gua Pindul di kanan dan kiri jalan. Siapa tahu hanya kerjaan calo.

5.      Cek harga tiket terbaru. Jangan sampai salah harga ya guys.

6.      Keperluan pribadi juga perlu diperhatikan lho. Karena wahana air, tentulah harus bawa baju ganti. Seperlunya tergantung masing-masing. Kalaupun tak bawa, nggak masalah sih, karena ada juga yang jual di sana.

7.      Karena kondisi jalan tak tentu apalagi di hari libur. Cek macet atau ramainya lalu lintas jalan jangan lupa, ya.

Begitulah, semoga bermanfaat, ya. Untuk tiketnya? Bisa langsung cek di sini

 

Tiket Gua Pindul


Sumber : Goa pindul
0
597
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.