• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masalah Macet Di Kota Besar, Jalan Kurang Lebar Atau Kendaraan Terlalu Padat?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Masalah Macet Di Kota Besar, Jalan Kurang Lebar Atau Kendaraan Terlalu Padat?

Sumber Gambar

Kemacetan seringkali menjadi masalah di kota-kota besar. Ada banyak faktor penyebab terjadinya kemacetan mulai dari kecelakaan, perbaikan jalan dan masih banyak lagi yang bisa terjadi di jalan.

Tapi pernahkah kamu terjebak macet, tapi ketika sampai di ujung ternyata tidak ada apa-apa?emoticon-Bingung (S)

TS pernah beberapa kali. Kendaraan bergerak begitu lambat di satu titik tertentu, hingga akhirnya di ujung kemacetan kendaraan baru bisa berjalan dengan lancar. Tapi setelah TS lihat sekitar, tidak ada apa-apa di sana. Lantas apa yang membuat macet? emoticon-Bingung (S)

Setelah TS pikir-pikir, kemungkinan karena adanya pertigaan di daerah tersebut. Baik dari jalan yang TS lalu dan jalan di pertigaan tersebut sama-sama memiliki volume kendaraan yang begitu padat.

Kendaraan dari arah pertigaan dan kendaraan dari arah TS harus jalan bergantian dengan diatur beberapa anak muda yang berdiri di tengah jalan. Alhasil, kendaraan pun semakin menumpuk apalagi di jam pulang kerja.

Kemacetan diperparah oleh beberapa pedagang yang membuka lapak di pinggir jalan. Membuat jalan menjadi lebih sempit dan terkadang beberapa pengendara terlihat kesulitan.

Hal ini bukan hanya terjadi di tempat TS melainkan di tempat-tempat lain. Sebenarnya, apa yang jadi masalah utama. Apakah jalanan kita kurang lebar? Atau pengguna kendaraan pribadi yang sudah terlalu banyak? emoticon-Bingung (S)


Sumber Gambar

Menurut TS keduanya bisa jadi penyebab. Jalanan kita tidak terlalu lebar sedangkan volume kendaraan yang lewat begitu tinggi. Sehingga kemacetan pun tidak terhindarkan.

Karena masyarakat sendiri memang lebih suka menggunakan kendaraan pribadi ketimbang naik angkutan umum. Apakah angkutan umum jarang? Mungkin di daerah-daerah terpencil iya. Tapi di perkotaan tidak juga, masih banyak opsi seperti angkot, kereta dan bis kota.

Namun, memang masyarakat lebih memilih naik kendaraan pribadi yang lebih praktis. Apalagi angkutan umum seperti bus dan angkot seringkali membuat jengkel dengan ngetem dalam waktu yang lama. emoticon-Cape d... (S)


Sumber Gambar

Khusus di daerah persimpangan atau pertigaan seperti TS perlu dibuat semacam flyover atau underpass yang memungkinkan kendaraan dari setiap arah memiliki jalurnya masing-masing.

Ya, tapi itu hanya opini pribadi sih. TS hanya mau berbagi pengalaman.

Kalau kalian, seberapa parah macet di tempat kalian? Apa jangan-jangan gak pernah macet? Bagus kalau begitu. emoticon-Blue Guy Smile (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
arsenalkufc
shinwjy
a.w.a.w.a.w
a.w.a.w.a.w dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.4K
259
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.