• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Seks Bebas Kian Marak, Apakah Nikah Muda Solusinya? Berikut Penjelasannya!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Seks Bebas Kian Marak, Apakah Nikah Muda Solusinya? Berikut Penjelasannya!

Sumber Gambar

Seks bebas adalah perilaku seksual yang dilakukan di luar nikah. Seks bebas bisa terjadi pada satu pasangan atau berganti-ganti pasangan. Seks bebas jadi salah satu masalah di masyarakat terutama anak muda. Pergaulan yang tak terkontrol dan kurangnya pengawasan orang tua menjadi salah satu penyebab utama terjadinya hal seperti ini.

Pada prakteknya, seks bebas bisa dilakukan oleh pasangan pra-nikah (pacaran) atau bisa juga cinta satu malam tanpa adanya ikatan emosional. Khusus untuk pasangan pra-nikah atau pacaran, apakah ada solusi untuk mengatasi.

Menikah tentu jadi satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi perilaku seks bebas dan perzinahan. Namun mengingat yang kita bahas ini adalah anak muda, apakah nikah muda jadi solusi yang tepat bagi mereka?

Kalau mengikuti norma-norma sosial yang ada, maka menikah muda jadi solusi untuk mengatasi seks bebas di kalangan anak muda. Dengan adanya hubungan yang resmi, maka mereka pun sudah legal untuk melakukan hubungan seksual.


Sumber Gambar

Tapi apakah semudah itu?emoticon-Bingung (S)

Nanti apabila menikah muda dibenarkan sebagai jalan keluar dari pergaulan bebas, maka semua anak muda akan menikah muda dengan alasan yang sama. Bahkan remaja-remaja bisa jadi mengikuti tren ini. Apakah ini bagus? emoticon-Bingung (S)

Bagus atau tidaknya, TS tak bisa menilai. Tapi ada satu poin yang menurut TS perlu jadi perhatian kita. Yang perlu dikhawatirkan adalah kematangan mental dan pola pikir mereka. Selain itu juga, mereka masih muda, apakah mereka sudah benar-benar menemukan pasangan yang tepat?

Karena kalau kita lihat percintaan anak muda, ada kalanya mereka bosan dengan pasangan, lalu merasa sudah tak cocok lagi, kemudian putus. Nah, kalau dalam pernikahan, jelas tidak akan semudah itu. Perlu adanya komitmen yang matang untuk membangun rumah tangga bersama.


Sumber Gambar

Adakah solusi lain? emoticon-Bingung (S)

Menikah muda, TS rasa hanyalah solusi instan. Daripada menikah muda, cara terbaik untuk mencegah pergaulan dan seks bebas adalah mengedukasi anak-anak dengan ajaran moral yang benar, pantai pergaulan anak dan jaga anak supaya terhindar dari pergaulan semacam itu.

Berikan mereka pengetahuan tentang seks. Tentang bahaya seks bebas, dampak buruknya sampai kemungkinan terserang penyakit tertentu. Hal ini tentu akan lebih efektif bila dilakukan dengan benar dan anak pun jadi tak perlu menikah muda.

Intinya, kalau pola didik dan perhatian orang tua sudah benar, maka anak tidak akan mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Itu pencegahannya, sebelum itu terjadi kita harus mempersiapkan.

Tapi kalau sudah terlanjur dan tak ada jalan lain, menikah muda pun tak ada salahnya.

Menurut kalian gimana gan? Apakah menikah muda jadi solusi dalam mengatasi pergaulan bebas anak muda? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
edilokonga503
bukan.bomat
Underbones
Underbones dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.2K
231
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.