Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zamisyakobyAvatar border
TS
zamisyakoby
Trend Sosial Media di Indonesia Tahun 2022

Dilansir DataReportal, menunjukkan orang-orang di Indonesia menggunakan perangkat dan layanan yang terhubung pada tahun 2022.
Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2022 adalah 277,7 juta pada Januari 2022. Data menunjukkan bahwa populasi Indonesia meningkat sebesar 2,8 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022. 49,7 persen penduduk Indonesia adalah perempuan, sedangkan 50,3 persen penduduk adalah laki-laki. Pada awal tahun 2022, 57,9 persen penduduk Indonesia tinggal di pusat kota, sementara 42,1 persen tinggal di daerah pedesaan. Penduduk Indonesia menurut umur, usia rata-rata penduduk di Indonesia adalah 30,3. Penggunaan internet di Indonesia pada tahun 2022 ada 204,7 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022.
Gambaran awal, angka pengguna ini mengungkapkan bahwa 73,05 juta orang di Indonesia tidak menggunakan internet pada awal tahun 2022. Dari data tersebut 26,3 persen penduduk tetap offline di awal tahun. Namun, masalah yang berkaitan dengan COVID-19 terus memengaruhi penelitian tentang adopsi internet. Dampaknya angka pengguna internet sebenarnya mungkin lebih tinggi daripada angka yang dipublikasikan ini.
Kecepatan Koneksi Internet di Indonesia tahun 2022

Sumber : Canva


Data yang diterbitkan oleh Ookla menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia terkait kecepatan koneksi internet pada awal tahun 2022:
Median kecepatan koneksi internet seluler melalui jaringan seluler: 15,82 Mbps. Median kecepatan koneksi internet tetap: 20,13 Mbps. Hasil data median kecepatan koneksi internet seluler di Indonesia meningkat sebesar 3,40 Mbps (+27,4 persen) dari tahun 2021 sampai 2022. Sementara itu, data Ookla menunjukkan kecepatan koneksi internet tetap di Indonesia meningkat 4,04 Mbps (+25,1 persen) pada periode yang sama. Tentunya, statistik media sosial untuk Indonesia pada tahun 2022terdapat 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2022. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 68,9 persen dari total populasi. Perlu dicatat bahwa pengguna media sosial mungkin tidak mewakili individu yang unik.
Pengguna Facebook di Indonesia pada 2022
Data yang dipublikasikan di sumber periklanan Meta menunjukkan bahwa Facebook memiliki 129,9 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Meta membuat perubahan pada cara sumber daya iklannya melaporkan data jangkauan audiens pada akhir tahun 2021. Revisi angka audiens perusahaan berarti bahwa jangkauan iklan Facebook di Indonesia setara dengan 46,8 persen dari total populasi pada awal tahun 2022. Facebook membatasi penggunaan platformnya untuk orang berusia 13 tahun ke atas, jadi perlu juga disoroti bahwa 60,0 persen audiens yang “memenuhi syarat” di Indonesia menggunakan Facebook pada tahun 2022. Tambahan untuk jangkauan iklan Facebook di Indonesia setara dengan 63,4 persen dari basis pengguna internet lokal (berapa pun usia) pada Januari 2022. Pada awal tahun 2022, 44 persen audiens iklan Facebook di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 56 persen adalah laki-laki.
Pengguna YouTube di Indonesia pada 2022
Pembaruan pada sumber daya periklanan Google menunjukkan bahwa YouTube memiliki 139,0 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini berarti bahwa jangkauan iklan YouTube tahun 2022 setara dengan 50,0 persen dari total penduduk Indonesia di awal tahun. Sebagai gambaran, iklan YouTube mencapai 67,9 persen dari total basis pengguna internet Indonesia pada Januari 2022. Saat itu, 46,9 persen penonton iklan YouTube di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 53,1 persen adalah laki-laki.
Pengguna Instagram di Indonesia pada 2022
Angka yang dipublikasikan di alat periklanan Meta menunjukkan bahwa Instagram memiliki 99,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia setara dengan 35,7 persen dari total populasi di awal tahun. Batas umur pengguna Instagram adalah berusia 13 tahun ke atas, jadi ada baiknya mengetahui bahwa 45,8 persen audiens yang “memenuhi syarat” di Indonesia menggunakan Instagram pada tahun 2022. Perlu diketahui juga bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 48,4 persen basis pengguna internet lokal (tanpa memandang usia). Pada awal tahun 2022, 52,3 persen audiens iklan Instagram di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 47,7 persen adalah laki-laki.
Pengguna TikTok di Indonesia pada 2022

Sumber : Canva


Angka yang dipublikasikan di sumber periklanan ByteDance menunjukkan bahwa TikTok memiliki 92,07 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal 2022. Perlu diperhatikan ByteDance memungkinkan pemasar untuk menargetkan iklan TikTok kepada pengguna berusia 13 tahun ke atas melalui alat periklanannya, tetapi alat ini hanya menampilkan data audiens untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas. Konteksnya berupa angka ByteDance menunjukkan bahwa iklan TikTok mencapai 47,6 persen dari semua orang dewasa berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal tahun 2022. Sementara itu, jangkauan iklan TikTok di Indonesia setara dengan 45,0 persen basis pengguna internet lokal di awal tahun, tanpa memandang usia. Pada awal 2022, 66,0 persen audiens iklan TikTok di Indonesia adalah perempuan, sementara 34,0 persen adalah laki-laki.
Pengguna Facebook Messenger di Indonesia pada 2022
Data yang dipublikasikan di sumber periklanan Meta menunjukkan bahwa iklan di Facebook Messenger mencapai 28,40 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Meta melakukan perubahan penting pada sumber iklannya melaporkan data jangkauan audiens pada akhir tahun 2021 termasuk membuat revisi signifikan pada data audiens dasarnya untuk Facebook Messenger. Jumlah target audiens yang direvisi perusahaan menunjukkan bahwa jangkauan iklan Facebook Messenger di Indonesia setara dengan 10,2 persen dari total populasi di awal tahun. Facebook Messenger membatasi penggunaan platformnya untuk orang-orang berusia 13 tahun ke atas, perlu diingat bahwa iklan mencapai 13,1 persen dari audiens Facebook Messenger yang “memenuhi syarat” di Indonesia pada tahun 2022. Data awal tahun 2022, 45,0 persen audiens iklan Facebook Messenger di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 55,0 persen adalah laki-laki.
Pengguna LinkedIn di Indonesia pada tahun 2022
Angka yang dipublikasikan di sumber periklanan LinkedIn menunjukkan bahwa LinkedIn memiliki 20,00 juta “anggota” di Indonesia pada awal 2022. Perlu diperhatikan bahwa alat periklanan LinkedIn menerbitkan data jangkauan audiens berdasarkan total anggota terdaftar, bukan pengguna aktif bulanan yang membentuk dasar angka jangkauan iklan yang diterbitkan oleh sebagian besar platform media sosial lainnya. dampaknya, angka-angka LinkedIn ini tidak dapat dibandingkan secara langsung dengan angka-angka untuk platform media sosial lain yang dipublikasikan di halaman ini, atau dalam laporan Digital 2022 kami. Angka jangkauan iklan perusahaan menunjukkan bahwa audiens LinkedIn di Indonesia setara dengan 7,2 persen dari total populasi pada awal tahun 2022. LinkedIn membatasi penggunaan platformnya untuk orang berusia 18 tahun ke atas, jadi penting juga untuk mengetahui bahwa 10,3 persen audiens yang “memenuhi syarat” di Indonesia menggunakan LinkedIn pada tahun 2022. Data awal tahun 2022, 44,6 persen audiens iklan LinkedIn di Indonesia adalah perempuan, sementara 55,4 persen adalah laki-laki.
Pengguna Snapchat di Indonesia pada 2022
Data yang dipublikasikan di sumber periklanan Snap menunjukkan bahwa Snapchat memiliki 3,30 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Jangkauan iklan Snapchat di Indonesia setara dengan 1,2 persen dari total populasi di awal tahun. Tentunya, Snapchat membatasi penggunaan platformnya untuk orang berusia 13 tahun ke atas, jadi perlu juga dicatat bahwa 1,5 persen dari audiens yang “memenuhi syarat” di Indonesia menggunakan Snapchat pada tahun 2022. Tambahan, jangkauan iklan Snapchat di Indonesia setara dengan 1,6 persen basis pengguna internet lokal (berapa pun usia) di awal tahun. Pada awal tahun 2022, 77,6 persen audiens iklan Snapchat di Indonesia adalah perempuan, sementara 19,7 persen adalah laki-laki. Sumber daya iklan Snap hanya memublikasikan data gender audiens untuk pengguna “wanita” dan “pria”, tetapi angka yang dipublikasikan untuk demografi ini tidak selalu sama dengan total angka pengguna, jadi persentase yang ditampilkan di sini mungkin tidak berjumlah 100 persen.
Pengguna Twitter di Indonesia pada 2022

Sumber : Canva


Angka yang dipublikasikan di sumber periklanan Twitter menunjukkan bahwa Twitter memiliki 18,45 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini berarti jangkauan iklan Twitter di Indonesia setara dengan 6,6 persen dari total populasi saat itu. Twitter membatasi penggunaan platformnya untuk orang-orang berusia 13 tahun ke atas, jadi mungkin bermanfaat untuk mengetahui bahwa 8,5 persen audiens yang “memenuhi syarat” di Indonesia menggunakan Twitter pada tahun 2022. Jangkauan iklan tambahan Twitter di Indonesia setara dengan 9,0 persen basis pengguna internet lokal (berapa pun usia) di awal tahun.
Koneksi seluler di Indonesia pada tahun 2022
Data GSMA Intelligence menunjukkan ada 370,1 juta koneksi seluler di Indonesia pada awal 2022. Perlu diperhatikan banyak orang di seluruh dunia menggunakan lebih dari satu koneksi seluler. Contohnya,  mungkin memiliki satu koneksi untuk penggunaan pribadi, dan satu lagi untuk bekerja. Jadi, bukan hal yang aneh jika angka koneksi seluler secara signifikan melebihi angka total. populasi. Angka GSMA Intelligence menunjukkan bahwa koneksi seluler di Indonesia setara dengan 133,3 persen dari total populasi pada Januari 2022. Jumlah koneksi seluler di Indonesia meningkat 13 juta (+3,6 persen) antara tahun 2021 dan 2022.

Trend Sosial Media di Indonesia Tahun 2022
0
379
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.