ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Syarat Pekerjaan Jaman Sekarang Semakin Aneh Saja


Siapa di sini yang tengah sibuk mencari kerja? Oke, turunkan tangannya. Siapa pun di luar sana yang tengah berjuang mengajukan lamaran, saya doakan yang terbaik untuk kalian semua.

Ngomong-ngomong soal melamar kerja, apa Anda pernah melihat syarat kerja yang tidak masuk akal? Contohnya, usia maksimal 21 tapi pengalaman kerja minimal 5 tahun? Jika seseorang memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun di umur 21 maka dia harus sudah bekerja di umur 16 yang mana merupakan usia anak Sma. Masuk akal? Bisa saja, tapi terlalu dipaksa.

Mungkin Anda pernah menemui penawaran kerja dengan kualifikasi yang terlalu tinggi. Contohnya pekerjaan yang membutuhkan programmer tapi juga harus bisa desain grafis dan good looking. Tiga kualifikasi itu jelas tak berhubungan satu sama lain tetapi ada perusahaan yang ingin mendapat ketiganya hanya dengan menggaji satu pegawai.



Ini memang trik yang cukup sering digunakan oleh perusahaan yakni mempekerjakan pegawai mereka semaksimal mungkin tanpa perlu pengeluaran ekstra. Bila atasan Anda melihat Anda punya skill edit gambar atau video maka siap-siap saja dimintai terus setiap kali ada acara ini itu. Sumber: pengalaman pribadi.

Intinya, perusahaan pasti menginginkan pegawai terbaik yang bisa disuruh ini itu, tetapi tak banyak perusahaan yang bersedia memberikan gaji yang pantas, terutama perusahaan-perusahaan yang baru merintis. Saya pernah membaca postingan seperti ini dulu dan baru-baru ini mendapatkan postingan serupa. Intinya, perusahaan-perusahaan yang baru merintis ini ingin mendapatkan pekerja yang bisa segalanya tanpa meminta bayaran, alias harus puas dengan iming-iming posisi tertentu saat startup sudah menjadi unicorn.

Quote:


Hal ini tak bisa disebut sebagai penipuan, apalagi jika kedua belah pihak tidak menandatangani kontrak sah. Beberapa orang yang benar-benar putus asa mungkin saja akan jatuh dan akhirnya bekerja begitu lama dan akhirnya dipecat begitu saja. Kasihan? Tentu saja, tapi itulah akibat karena tak membaca kontrak kerja dengan teliti.

Hmm…. Inilah yang akan terjadi bila angka pengangguran sudah terlalu tinggi. Orang-orang akan putus asa mencari kerja apa saja dan orang-orang yang ingin memanfaatkan hal ini pun akan muncul. Perusahaan-perusahaan muda ini akan merekrut banyak orang tanpa digaji dengan iming-iming gaji besar saat perusahaan sudah berkembang, tetapi tak banyak yang benar-benar bisa sukses pada akhirnya.



Lama kelamaan negara ini menjadi terlalu besar, terlalu banyak tenaga kerja dan tak cukup lapangan pekerjaan. Akhirnya orang-orang akan dipaksa bekerja melebihi kapasitas dengan gaji murah. Kualifikasi pekerjaan layak pun menjadi semakin tinggi dan kesenjangan ekonomi akan menjadi masalah serius.

Dan sekali lagi kita hanya bisa berharap agar pemerintah menemukan suatu solusi. Tentunya berikanlah bantuan pada pemerintah dengan jangan terlalu banyak punya anak. Namun yang paling penting, jangan pernah mau bekerja secara gratis. Setidaknya Anda harus punya jaminan Anda akan benar-benar dibayar.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 12-09-2022 08:20
fachri15
pemusnahmicin
screamo37
screamo37 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
15.5K
322
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.