Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Iran Ingin Beli Jet Tempur Su-35SE Pesanan Mesir yang Batal Dikirim

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Iran Ingin Beli Jet Tempur Su-35SE Pesanan Mesir yang Batal Dikirim
Quote:


Iran dan Rusia sedang menjalin hubungan mesra, pasalnya Iran setuju untuk memasok ratusan drone kamikaze ke Rusia untuk meredam perlawanan Ukraina. Dan baru-baru ini menurut artikel media Iran tehrantimes.com, Brigadir Jenderal Hamid Vahedi mengumumkan bahwa pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia menjadi agenda Angkatan Udara Iran.

Dia mengatakan pembelian Sukhoi Su-35 saat ini sedang dibahas, dan menegaskan bukan Sukhoi Su-30 yang akan dibeli. “Isu ini menjadi agenda dan kami berharap bisa mendapatkan pejuang generasi 4++ ini di masa depan.”Komandan angkatan udara juga menekankan bahwa keputusan akhir pembelian Sukhoi Su-35 dari Rusia berada di tangan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran.

Banyak media menyebut jika Su-35 yang akan dibeli Iran adalah 24 unit varian Su-35SE, yang merupakan pesanan Mesir yang batal dikirim akibat tekanan Amerika. Untuk kebutuhan modernisasi, Angkatan Udara Iran menginginkan setidaknya 24 unit Su-35. Sebagai pengingat, Mesir memesan 24 unit Su-35 dari Rusia, dan kabarnya beberapa unit telah tiba di Mesir. Tapi, pada akhirnya Mesir membatalkan pesanan Su-35 karena ancaman sanksi CAATSA dari AS.

Quote:


Sebagai pengingat, Angkatan Udara Republik Islam Iran saat ini memiliki serangkaian jet tempur yang sebagian besar dapat dianggap usang dan ketinggalan zaman. Sebagian besar pejuang udara Iram terdiri dari jet tempur McDonnel Douglas F-4, Northrop F-5 dan Grumman F-14 yang diwarisi dari Angkatan Udara Kekaisaran Iran, yang membelinya dari AS pada 1960-an dan 70-an. Pada tahun-tahun berikutnya, Iran telah berhasil melengkapi Angkatan Udaranya dengan sejumlah kecil MiG-29, Mirage F1, Chengdu J-7 serta beberapa F-5 yang direkayasa ulang.

Sukhoi Su-35 adalah jet tempur generasi 4,5 yang dikembangkan dari Su-27 yang sukses. Pesawat telah diadopsi oleh Angkatan Udara Rusia dan dibeli oleh China. Sejumlah kecil juga telah dikirim ke Mesir. Su-35 memiliki peningkatan signifikan pada sistem avionik dan senjatanya. Pesawat ini juga merupakan salah satu dari sedikit pesawat yang diproduksi secara massal dengan fitur thrust-vectored engine nozzles, sebuah sistem yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan manuver dan pengendalian pada kecepatan rendah. Jika dibeli oleh Iran, Su-35 merupakan peningkatan yang signifikan terhadap inventaris angkatan udara negara itu.

Meski Su-35 merupakan pesawat generasi 4 yang canggih, Amerika melalui undang-undang bernama CAATSA telah berhasil menjegal penjualan pesawat tempur tersebut ke beberapa negara. Indonesia melalui TNI AU pada Desember 2021 telah mengkonfirmasi pembatalan pembelian 11 unit Su-35. Selain Indonesia, Algeria juga membatalkan pembelian Su-35. Mesir pun ikut membatalkan pesanan Su-35, padahal beberapa pesawat telah tiba di Mesir. Nasib ketiga negara ini sama, mereka sama-sama tidak berdaya melawan undang-undang CAATSA. Sehingga membatalkan kesepakatan pembelian Su-35.


-------------



Referensi Tulisan: aerotime.aero& tehrantimes.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 06-09-2022 01:13
jlamp
black.robo
mynameisant
mynameisant dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.4K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.