Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • India Resmi Menugaskan Kapal Induk INS Vikrant Buatan Dalam Negeri

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
India Resmi Menugaskan Kapal Induk INS Vikrant Buatan Dalam Negeri
Quote:


Sekitar dua bulan lalu, pada 17 Juni 2022; China meluncurkan kapal induk ketiga bernama Fujian. Dan tak mau kalah dengan tetangganya, India pun juga telah meluncurkan kapal induk baru bernama INS Vikrant pada 2 September 2022. Menurut laporan Naval NewsPerdana Menteri Shri Narendra Modi meresmikan kapal induk buatan lokal pertama negara itu, di Cochin Shipyard Limited (CSL).

Pak Modi mengatakan, kelak personel wanita Angkatan Laut India juga akan ditempatkan di kapal baru; beliau menambahkan bahwa peran wanita sangat penting. Dengan armada laut yang sangat besar, kekuatan wanita yang tak terbatas, itu menjadi identitas baru dari India. Sekarang Angkatan Laut India telah memutuskan untuk membuka semua cabangnya untuk wanita. Pembatasan yang dulu ada untuk wanita, sekarang telah dihilangkan.

Sekilas tentang nama Vikrant, kalimat ini berarti menang dan gagah. Pemotongan baja untuk kapal induk dilakukan pada April 2005, pembuatan kapal ini memakai material baja lokal yang dikembangkan oleh Steel Authority of India Limited (SAIL) bekerja sama dengan Defense Research and Development Laboratory (DRDL) dan Angkatan Laut India. Setelah itu dan lunas kapal diletakkan pada Februari 2009. Tahap pertama pembangunan kapal selesai dengan peluncuran kapal yang sukses pada Agustus 2013.

INS Vikrant terus menjalani berbagai pengujian setelah peluncurannya, kapal pun telah menyelesaikan beberapa fase Sea Trials mulai Agustus 2021 hingga saat ini, di mana kinerja kapal, termasuk respon dari lambung kapal untuk berbagai kondisi operasi, uji coba manuver, penggerak utama, pembangkit Llstrik, dan distribusi (PGD), sistem navigasi dan komunikasi kapal, pengujian ketahanan mesin penggerak, dan sebagainya.

Quote:


INS Vikrant memiliki dek penerbangan dengan panjang 262 meter dan lebar 62,4 meter. Kapal induk ini memliki bobot 42.800 ton serta menelan biaya keseluruhan US$2,5 miliar. Kapal tersebut akan mampu mengoperasikan sayap udara yang terdiri dari 36 pesawat termasuk jet tempur MiG-29K, helikopter multiperan Kamov-31, helikopter MH-60R, serta opsional untuk membawa Advanced Light Helicopters (ALH) dan Light Combat Aircraft yang merupakan produksi dalam negeri.

INS Vikrant menggunakan mode operasi pesawat baru yang dikenal sebagai Short Take-Off But Arrested Recovery (STOBAR), yang dilengkapi dengan ski jump untuk meluncurkan pesawat, dan tiga set 'arrester wires' untuk pemulihan mereka di atas kapal. Vikrant dengan bobot muatan penuh sekitar 43.000 ton, dibekali empat mesin General Electric LM2500 dan memiliki kecepatan maksimum 28 knots dengan daya jelajah 7500 NM. 

Kapal ini memiliki sekitar 2.200 kompartemen, dirancang untuk sekitar 1600 awak yang mencakup kabin khusus untuk menampung perwira dan pelaut wanita. Kapal induk ini dirancang dengan otomatisasi tingkat tinggi untuk operasi mesin, navigasi kapal, dan kemampuan bertahan. Kapa induk ini juga memiliki Kompleks Medis yang lengkap dengan fasilitas peralatan medis terbaru yang mencakup klinik fisioterapi, ICU, laboratorium, CT Scanner, mesin X-Ray, bangsal isolasi, fasilitas telemedicine, dll.

Quote:


Butuh waktu lima hingga enam bulan bagi INS Vikrant untuk beroperasi secara penuh, tes penerbangan untuk helkopter akan dimulai pada November tahun ini, dan diharapkan tes akan selesai pada Mei 2023. Untuk saat ini jet tempur yang diandalkan adalah MiG-29K buatan Rusia.

Meski sebenarnya Angkatan Laut India telah membuat kompetisi untuk jet tempur baru, yakni antara Rafale dan Super Hornet; akan tetapi India belum memberikan pengumuman resmi terkait jet tempur mana yang kelak akan menggantikan MiG-29K. Saat ini India mengoperasikan dua kapal induk, di mana kapal induk pertama adalah INS Vikramanditya, yang merupakan kapal induk Kelas Kiev (Admiral Gorshkov) bekas Soviet yang dibeli dari Rusia pada 2013.

Quote:



Referensi Tulisan: Naval News& eurasiantimes.com
Sumber FotoL sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 04-09-2022 05:09
gepyan
olasaja
jagotorpedo
jagotorpedo dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.1K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.