Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Bupati Mimika Ditangkap KPK, Dewan Gereja Papua: Upaya Kriminalisasi!

Bupati Mimika Ditangkap KPK, Dewan Gereja Papua: Upaya Kriminalisasi!
Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Mimika, Eltinus Omaleng terkait pembangunan gereja Kingmi Mile 32. Penangkapan tersebut telah memantik kemarahan dan kekecewaan sejumlah elemen gereja di Papua.

Para tokoh dan elemen gereja membuat pernyataan sikap agar jangan ada kriminalisasi terhadap Eltinus Omaleng yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam pembangunan gereja Mile 32.

Mereka mendesak KPK untuk menghentikan kriminalisasi terhadap Bupati Eltinus Omaleng terkait pembangunan gereja tersebut.

"Demi menjunjung martabat, harga diri, kebenaran, keadilan, hukum dan hak asasi manusia serta keberlanjutan pembangunan dan stabilitas Kabupaten Mimika, maka Komisi Pemberantasan Korupsi harus menghentikan semua upaya kriminalisasi melalui proses hukum terhadap Bupati Eltinus Omaleng. Sebab Bupati Eltinus Omaleng hanya mengambil kebijakan berdasarkan pengalaman panjang mewujudkan pembangunan Gereja KINGMI di Mile 32 Kabupaten Mimika,” ujar Pdt Deserius Adii selaku Ketua Departemen Keadilan dan Perdamaian Koordinator Puncak Selatan Gereja Kingmi Mile 32.

Pernyataan sikap yang disampaikan di pelataran gereja Kingmi Mile 32 pada akhir Agustus lalu itu juga turut dihadiri oleh sejumlah tokoh antara lain, Moderator Dewan Gereja Papua yang juga mantan Ketua Sinode Kingmi se-Papua, Benny Giay, Presiden GIDI, Dorman Wandikmo, Presiden Gereja Baptis se-Papua, Yoman Socratez dan Ketua Sinode Gereja Kemah Injil Kingmi Papua dan Papua Barat, Silas Mom.

Seruan penghentian kriminalisasi terhadap Bupati Mimika Eltinus Omaleng juga disuarakan Dewan Gereja Papua diantaranya Gereja KINGMI, Gereja GIDI, Gereja Baptis, GKII dan Persekutuan Gereja-Gereja di Mimika.

Ketua Dewan Gereja Papua, Pdt Benny Giay didampingi para ketua sinode gereja di Papua dan Papua Barat kepada media, Minggu (4/9/2022) mengatakan gereja memberi dukungan kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga pemilik hak ulayat gunung Tembagapura yang sudah setengah abad lebih dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Tuduhan korupsi yang diarahkan kepada Bupati Omaleng menurutnya merupakan kepentingan para elit Indonesia dibayang-bayangi pandangan rasis terhadap Papua dan Papua fobia. Dimana ada tokoh nasional yang gelisah melihat Papua yang hitam kulitnya sehingga merancang program genetika.

Apalagi Gereja KINGMI selama ini kata Pdt Benny yang merupakan mantan Ketua Sinode KINGMI dicap sebagai gereja separatis oleh negara. Sehingga ia menduga, niat Bupati Eltinus Omaleng membangun gedung gereja KINGMI dianggap salah oleh negara sehingga dikriminalisasi dengan tuduhan korupsi.

Padahal ditegaskannya, berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia tidak ditemukan adanya kerugian negara. 

Karena Gereja KINGMI ini dicap sebagai gereja separatis. Kebetulan Omaleng adalah warga Gereja KINGMI, bangun gereja sehingga dianggap berdosa sementara yang lain tidak,” terangnya.

Sebelumnya, Penyidik KPK pada Rabu (7/9/2022) menangkap Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan langsung diamankan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Rabu menegaskan bahwa ada penangkapan terhadap Bupati Mimika saat berada di salah satu hotel yang berada di kawasan ruko, Jayapura, Papua itu dilakukan oleh penyidik KPK.

Penangkapan dilakukan sekitar jam 12.00 WIT dan langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Jayapura. 

"Saat ini yang bersangkutan ada di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, " jelas Kombes Ahmad Kamal. 

Sementara itu Jubir KPK Ali Fikri yang dihubungi dari Jayapura membenarkan adanya penangkapan terhadap tersangka KPK yang menjabat Bupati Mimika di Jayapura, terkait kasus dugaan korupsi pembangunan gereja Kingmi di Mile 32 di Timika. 

 Sebelumnya majelis hakim PN Jakarta Selatan menolak pra peradilan yang dilakukan pemohon Bupati Mimika Eltinus Omaleng tertanggal 25 Agustus lalu.  Dugaan kasus korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mile 32, Mimika, Papua, tahun anggaran 2015, hingga kini masih dalam penyelidikan KPK.  

Pembangunan Gereja Kingmi yang berlokasi di Mile 32 Timika menelan anggaran sekitar Rp160 miliar dan lebih dari 30 orang saat ini telah dimintai keterangannya oleh penyidik KPK. (dts/ant/ebs) Berita Terkait

 https://www.tvonenews.com/daerah/65950-bupati-mimika-ditangkap-kpk-dewan-gereja-papua-upaya-kriminalisasi?page=3


Polisi di Mimika Siaga Usai Bupati Eltinus Omaleng Ditangkap KPK
Bupati Mimika Ditangkap KPK, Dewan Gereja Papua: Upaya Kriminalisasi!

VIVA Nasional – Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra menegaskan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Mimika kondusif pasca penangkapan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng oleh KPK di Jayapura.

"Situasi Kabupaten Mimika hingga saat ini kondusif," kata AKBP I Gede Putra, Rabu, 7 September 2022.
Bupati Mimika Ditangkap KPK, Dewan Gereja Papua: Upaya Kriminalisasi!
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng Photo : VIVA.co.id/Fikri Halim

Polisi, lanjut Gede, saat ini telah mengambil langkah-langkah antisipasi dengan melakukan apel kesiapsiagaan.

"Kemudian kita lakukan patroli, dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait," ujarnya.

Gede menambahkan polisi akan terus berkoordinasi untuk memastikan keamanan di wilayah Mimika tetap kondusif.  Sementara untuk jumlah personil yang diterjukan untuk pengamanan wilayah akan menyesuaikan situasi.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng ditangkap KPK di sebuah hotel di Jayapura, saat akan menghadiri RUPS Bank Papua, Rabu siang. Kabar penangkapan itu dibenarkan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

"Benar, kami melakukan pemanggilan paksa dan penangkapan. Selanjutnya, yang bersangkutan telah diamankan di Mapolda Papua untuk dibawa ke Jakarta," ungkap Ghufron saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 7 September 2022.

  Bupati Mimika Eltinus Omaleng diamankan KPK terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Gereja King Mile 32 Mimika, Papua, tahap satu tahun anggaran 2015 masuk dalam tahap penyelidikan penyidik KPK. Proyek gereja ini diperkirakan memakan biaya hingga Rp160 miliar. 

Dalam kasus dugaan korupsi pembangunan gereja  ini, KPK telah menetapkan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng sebagai tersangka.

Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasion...kap-kpk?page=2
Oleh : Dedy Priatmojo,Aman Hasibuan (Papua)


Semoga cepat dibawa ke Jakarta biar kemungkinan terjadi rusuh  demi menggagalkan penangkapan  Bupati Mimika ..
sorken
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan sorken memberi reputasi
2
1.2K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.