dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Jokowi Cerita Bertemu Putin: Kalau Diterima Jarak 5 Meter, Saya Pulang
Jokowi Cerita Bertemu Putin: Kalau Diterima Jarak 5 Meter, Saya Pulang

Rabu, 07 Sep 2022 10:47 WIB


Pertemuan antara Jokowi dan Putin beberapa waktu lalu. (AP/Mikhail Klimentyev)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menceritakan pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Jokowi mengaku bakal langsung pulang jika diterima Putin dengan jarak 5 meter.

"Saya berbicara dengan Presiden Zelensky itu 1,5 jam dengan Presiden Putin 2,5 jam, tapi dengan kursi dekat. Tidak diterima, tidak dengan jarak yang 5 meter, kalau saya diterima saat itu dengan jarak 5 meter, saya tinggal pulang, diterima kayak gitu ada yang mau, kalau saya ndak, ndak mau," kata Jokowi dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia 'Normalisasi Kebijakan Menuju Pemulihan Ekonomi Indonesia' seperti dilihat secara virtual, Rabu (7/9/2022).

Dari pertemuan dengan sejumlah pemimpin negara, Jokowi menyimpulkan keadaan tak menentu yang melanda dunia masih akan berlangsung lama. Jokowi mengatakan perang Rusia dan Ukraina juga tak mudah dihentikan.

"Jangan berharap perang itu besok atau bulan depan selesai, sangat tidak mudah," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan upaya membuka ruang dialog bagi kedua negara sulit dilakukan. Akhirnya Jokowi membelokkan isu tersebut ke masalah krisis pangan.

"Dan Presiden Putin menyampaikan karena Presiden Zelensky menyampaikan kebutuhan ekspor stok kira-kira 22 juta ton gandum dan panen baru 55 juta ton gandum, totalnya 77 ton, harus keluar dari Ukraina tapi tidak bisa keluar karena masalah jaminan keamanan dari Rusia, ujar Jokowi.

Jokowi menyebut Putin akhirnya menyetujui untuk menjamin keamanan pasokan gandum dari Ukraina. Tak berlangsung lama setelah itu, kata Jokowi, kapal yang membawa pangan dari Ukraina pun mulai bisa melintas.

"Dan itu yang saya sampaikan ke Presiden Putin dan Presiden Putin waktu sampaikan, saya jamin nggak masalah, boleh saya sampaikan ke Presiden Putin media statement? Oh silakan, saya sampaikan. Dan setelah itu mungkin 2-3 minggu sudah ada satu kapal yang mulai keluar dari Odessa menuju ke Istanbul," beber Jokowi.

https://news.detik.com/berita/d-6277...er-saya-pulang


nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
1.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.