Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
360
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6317d98d630c8563b22364d1/pro-kontra-razia-rambut-di-sekolah-ini-yang-harus-dilakukan-jika-masih-diterapkan
Alih-alih aturan razia rambut tetap dilakukan untuk kedisiplinan dan ketertiban, ini yang harus diperhatikan jika masih akan diterapkan Pro kontra razia rambut di sekolah, aturan ini sebenarnya telah ditentang oleh banyak orang sejak zaman dulu sampai dengan sekarang. Sebagaimana Agan dan Sista ketahui bahwasannya di sekolah Indonesia terdapat sebuah aturan yang sudah menjadi kebiasaan yaitu razia
Lapor Hansip
07-09-2022 06:36

Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan

icon-verified-thread
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
Alih-alih aturan razia rambut tetap dilakukan untuk kedisiplinan dan ketertiban, ini yang harus diperhatikan jika masih akan diterapkan


Pro kontra razia rambut di sekolah, aturan ini sebenarnya telah ditentang oleh banyak orang sejak zaman dulu sampai dengan sekarang.

Sebagaimana Agan dan Sista ketahui bahwasannya di sekolah Indonesia terdapat sebuah aturan yang sudah menjadi kebiasaan yaitu razia rambut terkhusus bagi siswa laki-laki dan ini bermula dari Sekolah Dasar, SMP, dan SMA sederajat.

Aturan razia rambut tersebut biasanya akan dilakukan oleh guru setiap beberapa Minggu sekali setelah sebelumnya diberikan peringatan kepada para siswa yang memiliki rambut gondrong atau tidak rapih.

Adapun alasan dari diadakannya razia rambut bagi para siswa di sekolah adalah untuk menertibkan kedisiplinan dan kerapian GanSis, hanya saja memang cara razia rambut yang dilakukan oleh Guru inilah yang seringkali menjadi sorotan dan berujung pro kontra karena dianggap tidak sebagaimana mestinya dilakukan.

Tidak jarang para orang tua atau wali murid merasa tidak terima saat anak-anak mereka dalam keadaan rambut kepalanya dipelonco atau dipotong dengan tidak rapih.


Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan


Sebenarnya dapat dikatakan tidak ada yang salah dari adanya aturan razia rambut di sekolah GanSis, selama memang dilakukan dengan baik dan benar oleh Guru.

Bagaimana aturan razia rambut ini dapat dikatakan baik dan benar?
Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan jika memang razia rambut akan tetap diterapkan atau dilakukan di sekolah.


1. Memberikan Peringatan

Sebelum mengadakan razia rambut di sekolah Guru diharapkan memberikan kurang lebih dua atau tiga kali peringatan kepada siswa-siswa yang memiliki rambut panjang atau gondrong dan tidak rapih GanSis. Peringatan ini berhak dilakukan oleh Guru dan diterima oleh siswa agar ada kesempatan bagi siswa untuk merapikan rambutnya sendiri.

2. Tidak Sembarang Pangkas

Sebagaimana tujuan dari diadakannya razia rambut adalah agar siswa terlihat lebih rapih, disiplin, dan tertib maka para Guru juga tidak boleh atau tidak bisa untuk asal pangkas rambut siswa dengan acak-acakan atau asal-asalan.
Pangkas rambut siswa dengan beraturan agar setelah mereka sampai di rumah dapat dirapikan dan tidak menjadi tindakan perpeloncoan.

3. Menyampaikan Kembali Maksud dan Tujuan Aturan

Sudah sepantasnya sebagai seorang Guru tidak bosan-bosan untuk menyampaikan maksud dan tujuan baik dibuatnya sebuah aturan termasuk dengan aturan razia rambut di sekolah.
Usia anak-anak sampai dengan remaja memang masa yang cukup sulit untuk mengerti dan mengikuti aturan, itulah sebabnya kesabaran Guru diuji berkali-kali oleh murid-muridnya.

4. Mempertimbangkan Perasaan Wali Murid

Bagi seorang Guru, murid di sekolah sudah dianggap sebagai anak sendiri yang wajib dididik dan dinasehati.
Tentu menasehati anak bisa dengan cara baik-baik atau dengan teguran jika memang sudah keterlaluan, tapi untuk hukuman yang "kurang" manusiawi seperti mencukur rambut tidak beraturan juga akan melukai perasaan dari siswa dan wali murid.

Jika memang Guru tidak peduli terhadap perasaan siswanya, maka perasaan wali murid harus dijadikan sebagai pertimbangan. Akan sangat lebih baik razia rambut dilakukan dengan cara yang tepat yaitu dengan mencukur atau memangkas rambut sesuai aturan.

Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan


Itulah GanSis beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Guru jika memang aturan razia rambut di sekolah masih akan diterapkan.

Aturan razia rambut ini memang baik untuk memberikan pelajaran kepada para siswa untuk selalu rapih, disiplin, dan juga tertib dengan aturan-aturan yang ada.

Tentunya aturan razia rambut yang dilakukan dengan cara yang manusiawi lah yang boleh dan bisa diterapkan di sekolah, sedangkan untuk razia rambut yang asal-asalan sudah sebaiknya untuk tidak dilakukan karena selain mengundang pro kontra juga memiliki dampak buruk bagi anak dan melukai hati wali murid.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.


Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.4K Anggota • 914.1K Threads
Halaman 2 dari 11
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:38
Dih, masih konservatif razia rambut
Diubah oleh dirawan09
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:39
Udah kaya pendidikan zaman Orde baru aja emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:40
razia rambut memang gak ada urusannya sama akhlak dan kesuksesan seseorang...

karena tujuan razia rambut adalah mengikuti tata aturan di sekolah...kalau gak mau ikut aturan ya solusinya gampang..jgn sekolah atau cari sekolah yg memperbolehkan rambut gondrong...

lalu saya jg gak setuju pihak sekolah asal potong rambut siswa...harusnya kumpulkan di satu ruangan..lalu panggil tukang cukur untuk di potong model cepak...dananya bisa dari uang sekolah atau wali murid...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:43
Jiah kalo SMP/SMA sih langsung gundulin aja, bodo amat. Itu mereka dengan kesadaran sendiri ngelanggar aturan biar bisa dibilang keren.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:43
Menurut ai sebagai orang tua; adalah kewajiban ai memastikan rambut anak ai telah memenuhi standar tata tertib sekolah tempat anak ai belajar.
Kita ga bisa lepas tangan gitu aja, pas guru bikin tindakan tetiba kita pasang kuda-kuda untuk nyerang.
Saat pandemi, anak ai yang cowo kelas 4 SD mengikuti home schooling, rambutnya gondrong.
Tapi ketika anak ai naik kelas 5 dan sudah ai masukkan ke sekolah, ai langsung pangkas rambutnya.
Jadi prinsip ai, ai akan didik anak ai sebelum dididik orang lain
profile-picture
profile-picture
cahlenong dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:45
Ngarep sekolah siapin Kang Cukur gitu? Terus dirazia lalu rambut jd rapih, gratis ga bayar?

Ngimpi sih...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:50
Mnurut sy gak perlu aturan rambut ini kecuali skolah salon baru ngurusin rambut
Nti pasti ada yg membela gak pantaslah ini itu
Percaya lah yg membela bukn org yg pintar wktu di skolah dulu
Klo pintar gak akan mbela hal2 yg bodoh ky gini
profile-picture
profile-picture
devil_bur dan masnukho memberi reputasi
1 1
0
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:51
Quote:Original Posted By pornfest
aturan go blog
dulu ane juga korban aturan go blog ini

padahal potongan rambut ane tidak gondrong, hanya tidak belakang sedikit panjang

tapi dibuat pitak sampai malu berminggu2 disekolah
emoticon-Cape d... nah itu yang gak boleh

Quote:Original Posted By robienrose
makanya pake akal, gmn caranya tetap trendy tapi nggak melanggar aturan sekolah. emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak gimana caranya

Quote:Original Posted By shast777
Ya pendidikan di indo sampe skrg masih ribet sm urusan gaya rambut. Bukan masalah olimpiade / perbaikan kurikulum
emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo nah itu

Quote:Original Posted By direktur.muda
Kalo saya mah dulu mending ambil aman aja.
Matuhin aturan selama ga berat2 banget. Sekola tenang, uang jajan lancar, perempuan napsu, guru pun senang emoticon-Smilie
emoticon-Ngakak buset
profile-picture
s.c.a. memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:52
Ah elahh.. jaman skarang emang dikit² viral & gak terimaemoticon-DP

Zaman ane sekolah dulu malah ane yg disukurin ortu karena ane bandel gak mau cukur rambut, akhirnya dicukurin deh ama satpam sekolah satu kelasemoticon-Wakaka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:53
Quote:Original Posted By parto.klepat
razia seragam juga, yang ketat2 langsung digunting
emoticon-Matabelo itu sih ane setuju

Quote:Original Posted By dannsatriow
dari sekolah sudah ada aturan rambut harus begini begini, kalau di jaman ane kalau memang melanggar ya sudah memang kita yang salah, wali murid juga terima anaknya digituin karena memang salah, kalau anak dan wali murid tidak setuju, silahkan cari sekolah lain.
emoticon-Ngakak ngeri amat tuh sekolah

Quote:Original Posted By zaka_rudin
Apakah murid2 yang kenak razia rambut jadi lebih pintar setelah rambutnya dipangkas? Pemenang olimpiade aja rambutnya agak gondrong itu emoticon-Ngakak
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
Nih yang lebih jelas. Yang cowok, rambutnya melebihi kerah baju emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak nah kan, gak berpengaruh rambut mah

Quote:Original Posted By newkris
Kalau razia rambut...pertama sih harusnya diingatkan dulu ....kalau mau memotong ya panggil saja tukang cukur ke sekolah......biar dipotong sesuai dengan peraturan sekolah.
emoticon-Matabelo betul gan
0 0
0
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:54
" Tidak Sembarang Pangkas" , mana ada sanksi yang enak breeeemoticon-Wakaka , klo dipangkasnya rapi, yang ada bocah-bocah demi mengakumulasi uang cukur menjadi uang jajan mereka akan membiarkan rambut mereka panjang dengan harapan dicukur rapi oleh sekolah.

udah bener gitu, yang penting guru / sekolah sebelumnya sudah menyampaikan aturannya secara baik dan tegas.

udah gak usah sok-sok an memberontak kalo melawan perbuatan pemerintah yang semena-mena aja gak berani.

klo punya hasrat melawan yang menggebu, noh gabung WALHI, gabung LBH, gabung Kontras, dan sebagainya emoticon-Cool melawan kok cuman ama peraturan sekolah, T*AI emoticon-Wakaka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:54
Menurut ane fine2 aja sih aturan itu CUMA motongnya ga se absurd pict anjir. Ane sekolah di sekolah kantolik yg memang aturanya ketat, tiap ada yg gondrong pasti lgs dipanggil ke BP bwt dipotong (serapih yg guru BP bisa) plus dpt nilai skorsing 5.
Max skorsing 100 ampe kena DO
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:54
Peringatan dari Guru itu cukup jelas namun.... gondrong itu keren. Anak muda yang merasa ingin memiliki kebebasan berekspresi dengan berbagai cara, bisa kerah diturunin, leher dipanjang2in supaya tidak terlihat rambutnya panjang. Pas kumpul bersama teman2, gondrongan di mulai.

Banyak taktik untuk tidak terkena razia. Kabur ke keluar kelas atau lompat pagar sekolah wkwk... Jika buru sergap terjebak dalam kelas ya pasrah.

Jahat juga sih ketemu Guru yang motong rambutnya brutal ga jelas. Kapok? Ya ga. Dirapiin (maksudnya dipotong botak) pas pulang sekolah dan esok lagi digondrongin lagi wkwk... Di buat happy aja. Apalagi senengnya ketemu sama Guru, Ce, masih muda, single lagi mau cukurin rapi. Perasaan jadi ganteng wkwk... Da esok lagi banyak gondrong lagi wkwk...

Mestinya, gondrong rambut boleh namun otaknya juga gondrong (pinter maksudnya). Ga malu2in. Kalau otaknya ga gondrong ya sesuaikan rambutnya dengan isi otaknya. Potong pendek, rapi aja supaya terlihat pintar. emoticon-2 Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:58
Ya, nggak sembarangan kayak di gambar itu juga kali yah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 07:58
Quote:Original Posted By jw.89
murid mau punya rambut gondronk atau botak, itu sdh hak asasi nya yg seharusnya kaga boleh dilanggar, atau dipaksakan hrs punya rambut botak...
razia2 rambut ini sdh selayaknya ditinggalkan, kaga mutu banged, apa sih manfaat pendidikannya selain maksain gaya rambut tertentu...
emoticon-Matabelo cuma harus rapih gan bukan botak

Quote:Original Posted By tante.ernie
Setau tante peraturan sekolah meminta murid berpenampilan rapi. Seharusnya tidak masalah kalo murid memiliki rambut panjang asalkan rapi seperti curtain haircut kecuali mullet dan rambutnya diwarnai.
emoticon-2 Jempol setuju

Quote:Original Posted By dirawan09
Dih, masih konservatif razia rambut
emoticon-Matabelo iya

Quote:Original Posted By agusn6778
Udah kaya pendidikan zaman Orde baru aja emoticon-Big Grin
emoticon-Cape d... aneh kan
profile-picture
tante.ernie memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 08:00
Quote:Original Posted By logic2022
razia rambut memang gak ada urusannya sama akhlak dan kesuksesan seseorang...

karena tujuan razia rambut adalah mengikuti tata aturan di sekolah...kalau gak mau ikut aturan ya solusinya gampang..jgn sekolah atau cari sekolah yg memperbolehkan rambut gondrong...

lalu saya jg gak setuju pihak sekolah asal potong rambut siswa...harusnya kumpulkan di satu ruangan..lalu panggil tukang cukur untuk di potong model cepak...dananya bisa dari uang sekolah atau wali murid...
emoticon-Matabelo betul banget sih itu gan

Quote:Original Posted By autumnfairy
Jiah kalo SMP/SMA sih langsung gundulin aja, bodo amat. Itu mereka dengan kesadaran sendiri ngelanggar aturan biar bisa dibilang keren.
emoticon-Matabelo ya gak gitu dong

Quote:Original Posted By hatiyanghancur
Menurut ai sebagai orang tua; adalah kewajiban ai memastikan rambut anak ai telah memenuhi standar tata tertib sekolah tempat anak ai belajar.
Kita ga bisa lepas tangan gitu aja, pas guru bikin tindakan tetiba kita pasang kuda-kuda untuk nyerang.
Saat pandemi, anak ai yang cowo kelas 4 SD mengikuti home schooling, rambutnya gondrong.
Tapi ketika anak ai naik kelas 5 dan sudah ai masukkan ke sekolah, ai langsung pangkas rambutnya.
Jadi prinsip ai, ai akan didik anak ai sebelum dididik orang lain
emoticon-2 Jempol nah keren nih

Quote:Original Posted By gasmal
Ngarep sekolah siapin Kang Cukur gitu? Terus dirazia lalu rambut jd rapih, gratis ga bayar?

Ngimpi sih...
emoticon-Ngakak gak gitu juga

Quote:Original Posted By wongzoo
Mnurut sy gak perlu aturan rambut ini kecuali skolah salon baru ngurusin rambut
Nti pasti ada yg membela gak pantaslah ini itu
Percaya lah yg membela bukn org yg pintar wktu di skolah dulu
Klo pintar gak akan mbela hal2 yg bodoh ky gini
emoticon-Matabelo gitu ya gan
profile-picture
hatiyanghancur memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 08:02
Quote:Original Posted By rubah007
Ah elahh.. jaman skarang emang dikit² viral & gak terimaemoticon-DP

Zaman ane sekolah dulu malah ane yg disukurin ortu karena ane bandel gak mau cukur rambut, akhirnya dicukurin deh ama satpam sekolah satu kelasemoticon-Wakaka
emoticon-Matabelo iya juga sih ga

Quote:Original Posted By desktopz210
" Tidak Sembarang Pangkas" , mana ada sanksi yang enak breeeemoticon-Wakaka , klo dipangkasnya rapi, yang ada bocah-bocah demi mengakumulasi uang cukur menjadi uang jajan mereka akan membiarkan rambut mereka panjang dengan harapan dicukur rapi oleh sekolah.

udah bener gitu, yang penting guru / sekolah sebelumnya sudah menyampaikan aturannya secara baik dan tegas.

udah gak usah sok-sok an memberontak kalo melawan perbuatan pemerintah yang semena-mena aja gak berani.

klo punya hasrat melawan yang menggebu, noh gabung WALHI, gabung LBH, gabung Kontras, dan sebagainya emoticon-Cool melawan kok cuman ama peraturan sekolah, T*AI emoticon-Wakaka
emoticon-Matabelo ya harusnya memang tidak sembarang pangkas, kalau sampai pitak gimana mau ngerapihin

Quote:Original Posted By robojin911
Menurut ane fine2 aja sih aturan itu CUMA motongnya ga se absurd pict anjir. Ane sekolah di sekolah kantolik yg memang aturanya ketat, tiap ada yg gondrong pasti lgs dipanggil ke BP bwt dipotong (serapih yg guru BP bisa) plus dpt nilai skorsing 5.
Max skorsing 100 ampe kena DO
emoticon-Matabelo nah gitu

Quote:Original Posted By Swararuri
Peringatan dari Guru itu cukup jelas namun.... gondrong itu keren. Anak muda yang merasa ingin memiliki kebebasan berekspresi dengan berbagai cara, bisa kerah diturunin, leher dipanjang2in supaya tidak terlihat rambutnya panjang. Pas kumpul bersama teman2, gondrongan di mulai.

Banyak taktik untuk tidak terkena razia. Kabur ke keluar kelas atau lompat pagar sekolah wkwk... Jika buru sergap terjebak dalam kelas ya pasrah.

Jahat juga sih ketemu Guru yang motong rambutnya brutal ga jelas. Kapok? Ya ga. Dirapiin (maksudnya dipotong botak) pas pulang sekolah dan esok lagi digondrongin lagi wkwk... Di buat happy aja. Apalagi senengnya ketemu sama Guru, Ce, masih muda, single lagi mau cukurin rapi. Perasaan jadi ganteng wkwk... Da esok lagi banyak gondrong lagi wkwk...

Mestinya, gondrong rambut boleh namun otaknya juga gondrong (pinter maksudnya). Ga malu2in. Kalau otaknya ga gondrong ya sesuaikan rambutnya dengan isi otaknya. Potong pendek, rapi aja supaya terlihat pintar. emoticon-2 Jempol
emoticon-Ngakak emang kelakuan remaja ya

Quote:Original Posted By kily89
Ya, nggak sembarangan kayak di gambar itu juga kali yah
emoticon-Ngakak iya gan
profile-picture
Swararuri memberi reputasi
1 0
1
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 08:03
Dulu pernah tp malah dijadiin lucu2an. karena yg pertama dicukur sama guru terus motong rambut org selanjutnya...
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By masnukho


[CENTER]Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan

Yg melas kek gini biasanya krn temen2nya gx asik, atau anak pinter yg jarang atau gx pernah ngelakuin pelanggaran.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 08:07
Quote:Original Posted By masnukho
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
Alih-alih aturan razia rambut tetap dilakukan untuk kedisiplinan dan ketertiban, ini yang harus diperhatikan jika masih akan diterapkan


Pro kontra razia rambut di sekolah, aturan ini sebenarnya telah ditentang oleh banyak orang sejak zaman dulu sampai dengan sekarang.

Sebagaimana Agan dan Sista ketahui bahwasannya di sekolah Indonesia terdapat sebuah aturan yang sudah menjadi kebiasaan yaitu razia rambut terkhusus bagi siswa laki-laki dan ini bermula dari Sekolah Dasar, SMP, dan SMA sederajat.

Aturan razia rambut tersebut biasanya akan dilakukan oleh guru setiap beberapa Minggu sekali setelah sebelumnya diberikan peringatan kepada para siswa yang memiliki rambut gondrong atau tidak rapih.

Adapun alasan dari diadakannya razia rambut bagi para siswa di sekolah adalah untuk menertibkan kedisiplinan dan kerapian GanSis, hanya saja memang cara razia rambut yang dilakukan oleh Guru inilah yang seringkali menjadi sorotan dan berujung pro kontra karena dianggap tidak sebagaimana mestinya dilakukan.

Tidak jarang para orang tua atau wali murid merasa tidak terima saat anak-anak mereka dalam keadaan rambut kepalanya dipelonco atau dipotong dengan tidak rapih.


Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan


Sebenarnya dapat dikatakan tidak ada yang salah dari adanya aturan razia rambut di sekolah GanSis, selama memang dilakukan dengan baik dan benar oleh Guru.

Bagaimana aturan razia rambut ini dapat dikatakan baik dan benar?
Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan jika memang razia rambut akan tetap diterapkan atau dilakukan di sekolah.


1. Memberikan Peringatan

Sebelum mengadakan razia rambut di sekolah Guru diharapkan memberikan kurang lebih dua atau tiga kali peringatan kepada siswa-siswa yang memiliki rambut panjang atau gondrong dan tidak rapih GanSis. Peringatan ini berhak dilakukan oleh Guru dan diterima oleh siswa agar ada kesempatan bagi siswa untuk merapikan rambutnya sendiri.

2. Tidak Sembarang Pangkas

Sebagaimana tujuan dari diadakannya razia rambut adalah agar siswa terlihat lebih rapih, disiplin, dan tertib maka para Guru juga tidak boleh atau tidak bisa untuk asal pangkas rambut siswa dengan acak-acakan atau asal-asalan.
Pangkas rambut siswa dengan beraturan agar setelah mereka sampai di rumah dapat dirapikan dan tidak menjadi tindakan perpeloncoan.

3. Menyampaikan Kembali Maksud dan Tujuan Aturan

Sudah sepantasnya sebagai seorang Guru tidak bosan-bosan untuk menyampaikan maksud dan tujuan baik dibuatnya sebuah aturan termasuk dengan aturan razia rambut di sekolah.
Usia anak-anak sampai dengan remaja memang masa yang cukup sulit untuk mengerti dan mengikuti aturan, itulah sebabnya kesabaran Guru diuji berkali-kali oleh murid-muridnya.

4. Mempertimbangkan Perasaan Wali Murid

Bagi seorang Guru, murid di sekolah sudah dianggap sebagai anak sendiri yang wajib dididik dan dinasehati.
Tentu menasehati anak bisa dengan cara baik-baik atau dengan teguran jika memang sudah keterlaluan, tapi untuk hukuman yang "kurang" manusiawi seperti mencukur rambut tidak beraturan juga akan melukai perasaan dari siswa dan wali murid.

Jika memang Guru tidak peduli terhadap perasaan siswanya, maka perasaan wali murid harus dijadikan sebagai pertimbangan. Akan sangat lebih baik razia rambut dilakukan dengan cara yang tepat yaitu dengan mencukur atau memangkas rambut sesuai aturan.

Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan


Itulah GanSis beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Guru jika memang aturan razia rambut di sekolah masih akan diterapkan.

Aturan razia rambut ini memang baik untuk memberikan pelajaran kepada para siswa untuk selalu rapih, disiplin, dan juga tertib dengan aturan-aturan yang ada.

Tentunya aturan razia rambut yang dilakukan dengan cara yang manusiawi lah yang boleh dan bisa diterapkan di sekolah, sedangkan untuk razia rambut yang asal-asalan sudah sebaiknya untuk tidak dilakukan karena selain mengundang pro kontra juga memiliki dampak buruk bagi anak dan melukai hati wali murid.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.


Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4


padahal dulu zaman para guru2 itu sekolah, rambut pada gondrong-gondrong, pakaian pada jangkis-jangkis

giliran mereka menjabat, malah sok iye

meanwhile di negara-negara maju dan berpendidikan maju, yang jadi concern bukan lagi urusan rambut, meskipun di beberapa negara tetap wajib menggunakan seragam

coba perhatiin pelem2 bule, high school udah kaya kuliah
kenapa ketika kuliah kita bisa bebas merdeka asal masih tergolong "sopan", giliran sekolah mesti dipaksa aturan-aturan yang gak relevan macam rambut?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
07-09-2022 08:12
ane dulu pernah kena razia dan di pangkas acak ,,, sampe seminggu itu rambut ane biarin, ga di rapihin ke tukang cukur emoticon-Embarrassment
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia