• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips Cerdas Menghindari Mata Silau Dari Kendaraan Lawan Arah (Sadar Dong Woy!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Cerdas Menghindari Mata Silau Dari Kendaraan Lawan Arah (Sadar Dong Woy!)


Menurut saya ada tiga sebab kenapa hingga detik ini masih banyak pengendara baik itu motor dan mobil masih saja menghidupkan lampu jauh (bahkan foglampikut menyala juga) dengan posisi menghadap keatas (high beam) secara berlebihan, itu karena kemalasan dan keguoblokkannya, karena setingan pabrikannya belum pas, dan atau menggunakan lampu murahan..

Herannya hingga detik ini belum ada sosialiasi yang tegas mengenai penggunaan lampu jauh terlalu lama apalagi dijalan padat pemukiman hingga perkotaan, untuk apa? Supaya tidak ditabrak kendaraan lain? Supaya pejalan kaki dan kendaraan lawan arah memberikannya jalan karena kesiluan oleh sorot lampu jauhnya? Kalau kurang terang mungkin harus pakai kacamata!

Sebagaimana fungsinya lampu jauh maka jangkauan sinarnya lurus jauh kedepan memang membantu penglihatan tapi bagi yang dari arah berlawanan sangat tidak nyaman, menyilaukan mata dan berbahaya jika ada anak yang sedang menyeberang nyaris tidak terlihat karena kedua kendaraan sama-sama menyalakan lampu jauh.



Ya, mungkin petugas yang berkepentingan tengah sibuk atau lupa dengan tanggung jawabnya menyadarkan masyarakat bahkan kalau perlu dilakukan penilangan bukan hanya sosialisasi lampu hidup siang hari pada motor saja tapi seharusnya penggunaan lampu jauh juga seharusnya disosialisasikan lagi.

Tapi bagi kita sebagai pengemudi yang cerdas, pemilik SIM yang bukan dari hasil nembak, bukan hasil kredit dan selalu tertib hukum berlalulintas pasti tahu waktu yang tepat kapan menggunakan lampu jauh.

Meskipun kita sudah tertib belum tentu bagi pengendara guoblok yang masih menyalakan lampu jauh seenak jidatnya, bahkan ada jargon makin terang dan putih semakin keren! Keren matamu, emangnya situ mau buka jalur ditengah pemukiman?! Salah tempat woy.

Jadi sebelum saya semakin esmosi langsung saja saya beri tips buat kalian agar tidak merasakan silau karena lampu jauh dari kendaraan lawan arah.



Yang pertama adalah, biasanya secara tidak sadar mata kita akan otomatis melihat lampu jauh ketika ada kendaraan akan berpapasan dengan kita. Lampu jauh ini seolah tanpa sadar telah menghipnotis kita, jadi sebagai antisipasi ketika sadar ada lampu menyilaukan langsung buanglah fokus pandangan kita ke arah lurus kedepan jalan pandangan kita.

Dengan tetap menjaga jarak aman membuang fokus pandangan juga bisa dilakukan dengan mengarah ke bahu jalan, karena dudukan setingan lampu versi pabrikan secara default melebar ke arah kiri.

Tips lainnya pandangan mata harus tetap lurus tapi turun sedikit 45⁰ menghadap kebawah seperti fokus pada 3 meter jarak didepan kendaraan kita.



Dan kalau kebetulan kita sedang mengendarai mobil kemudian melihat kendaraan lain terlalu lama menggunakan lampu jauh kita bisa mengingatkan mereka untuk menurunkan lampu jauhnya menjadi low beam dengan cara mengedipkan lampu jauh kita 2-3 kali kearahnya. Kalau dia cerdas maka akan sadar telah melakukan kesalahan.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 06-09-2022 14:51
tiny.url
ran4urlife
nowbitool
nowbitool dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.