Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vaklentineAvatar border
TS
vaklentine
Imbas Kenaikan Harga BBM, Tarif Angkot di Bogor Naik 42%


Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berlaku sejak kemarin berimbas pada kenaikan tarif angkot di Kota Bogor. Kenaikan mencapai 42 persen dari tarif awal.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, penyesuaian tarif angkutan kota (angkot) di Kota Bogor akan disesuaikan dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kami juga melakukan penyesuaian tarif angkotan kota, jadi malam ini saya akan tandatangan, draft-nya sudah ada, untuk kemudian disosialisasikan melalui Organda, kepada seluruh warga Kota Bogor," kata Bima usai meninjau pohon tumbang di Jalan Cidangiang Kota Bogor, Minggu (4/9/2022).

Baca juga:
Kenaikan Tarif Angkot di Kota Malang Usai Harga BBM Naik Tunggu Koordinasi

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Eko Prabowo menyebut, kenaikan tarif angkot di Kota Bogor beragam. Untuk umum, tarif angkot yang semula Rp 3.500 naik menjadi Rp 5.000. Sedangkan untuk pelajar, yang semula hanya Rp 3.000 kini naik menjadi Rp 4.000.

"Pelajar kurang lebih 33 persenan, dari 3.000 jadi 4.000. Umum naik 42 persen, dari 3.500 jadi 5.000," kata Eko kepada wartawan.

Ketua Organisasi Angkutan Daerah (Organda) Kota Bogor M. Ischak mengatakan, tarif baru untuk angkot di Kota Bogor berlaku sejak dikeluarkannya Keputusan Wali Kota Bogor dikeluarkan pada 3 September 2022.

"(Berlaku) sejak dikeluarkan (Keputusan Wali Kota (tentang tarif baru angkot)," kata Ischak dikonfirmasi melalui telepon.

Tarif baru ini, lanjut Ischak, berlaku untuk semua angkot yang beroperasi di Kota Bogor.

"Berlaku untuk semua angkot Kota Bogor. (Jumlah) ada 3.200 unit dari asalnya berjumlah 3.413 unit," kata Ischak.

Diketahui, Pemerintah resmi menaikkan harga BBM jenis Pertalite, solar, dan Pertamax. Penetapan kenaikan ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, (3/9).
Baca juga:
Sudah Jatuh Dampak BBM Naik, Lapak Pedagang Pasar Dungus Madiun Ludes Terbakar

Subsidi BBM itu, kata Jokowi, akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran.

"Dan sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran. Bantuan langsung tunai (BLT) BBM sebesar Rp 12,4 triliun yang diberikan kepada 20,65 juta keluarga yang kurang mampu sebesar Rp 150 ribu per bulan dan mulai diberikan bulan September selama 4 bulan," kata Jokowi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif merinci harga BBM yang naik. Pertalite dari Rp 7.650 per liter jadi Rp 10.000 ribu per liter, solar subsidi dari Rp 5.150 per liter jadi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax nonsubsidi dari Rp 12.500 per liter jadi Rp 14.500 per liter.

Baca artikel detiknews, "Imbas Kenaikan Harga BBM, Tarif Angkot di Bogor Naik 42%" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6272...bogor-naik-42.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


Naiknya hampir separuh harga emoticon-No Hope
Diubah oleh vaklentine 05-09-2022 07:56
nomorelies
rifaye
rifaye dan nomorelies memberi reputasi
2
1.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.